Media Interaktif Augmented Reality untuk Peningkatan Kemampuan Financial Literacy Anak Usia Dini

Author


Khairi Murdy(1Mail), Nopa Wilyanita(2),
Pendidikan Ekonomi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 649KB]  Language: id
Published : 2023-01-11
Copyright (c) 2023 Khairi Murdy

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 72 times PDF Downloaded: 25 times

Abstract


Financial Literacy merupakan literasi yang penting untuk diperkenalkan dan ditanamkan kepada anak sejak dini. Penelitian ini dilakukan untuk melihat dan meningkatkan kemampuan Financial Literacy anak usia dini dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR). Untuk mengembangkan media pembelajaran ini penelitian ini menggunakan penelitian Research & Development (R&D) dari Sivasailam Thiagarajan yang disebut 4-D yaitu Define, Design, Develop dan Dissemination. Subjek penelitian siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Pekanbaru. Hasil penelitian adalah tersusunnya media pembelajaran berbasis AR. Media AR ini dapat digunakan dengan mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar bagi guru untuk membuatnya. Adanya penggunaan QR juga memudahkan guru dan siswa dalam memanfaatkan media AR dalam pengenalan Financial Literacy. Penggunaan media juga berpengaruh terhadap peningkatan Financial Literacy anak usia dini, hal ini terlihat dari hasil eksperimen One Group Pretest-Posttest dari hasil uji Uji Wilcoxon yang menunjukkan nilai Asymp. Sig 0.000 < 0.05 artinya terdapat peningkatan kemampuan literasi finansial siswa dengan menggunakan media AR.


Keywords


Financial Literacy merupakan literasi yang penting untuk diperkenalkan dan ditanamkan kepada anak sejak dini. Penelitian ini dilakukan untuk melihat dan meningkatkan kemampuan Financial Literacy anak usia dini dengan menggunakan media pembelajaran berbasi

References


Anggarani, F. K., Setyowati, R., Satwika, P. A., & Andayani, T. R. (2022). Pengaruh Pendidikan Literasi Keuangan dengan Pendekatan Bermain Peran pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3836–3845. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1920

Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175–190. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2018.pp175-190

Atmajaya, D. (2017). Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(2), 227–232. https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOM/article/view/143

Billinghurst, M., Clark, A., & Lee, G. (2015). A Survey of Augmented Reality. 8(2), 73–272. https://doi.org/10.1561/1100000049

Blue, L., Grootenboer, P., & Brimble, M. (2014). Financial literacy education in the curriculum: Making the grade or missing the mark? International Review of Economics Education, 16(PA), 51–62. https://doi.org/10.1016/j.iree.2014.07.005

Bower, M., Howe, C., Mccredie, N., & Robinson, A. (2014). Augmented Reality in education – cases, places and potentials. September 2014, 37–41. https://doi.org/10.1109/CICEM.2013.6820176

Cabero-almenara, J., Barroso-osuna, J., Llorente-cejudo, C., & Fern, M. (2019). Educational Uses of Augmented Reality ( AR ): Experiences in Educational Science. 1–18. https://doi.org/10.3390/su11184990

Dunleavy, M., & Dede, C. (2014). Augmented Reality Teaching and Learning. 735–745. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5_59

Fauziah, P., & Candra, R. (2019). The Development of a Financial Literacy Questionnaire for Early Childhood. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 7(7), 305–315. https://www.ijicc.net/images/vol7iss7/7722_Fauziah_2019_E_R.pdf

Febriningrum, D. P., & Purwaningsih, S. M. (2022). Pengaruh Aplikasi Assemblr Edu Berbasis Teknologi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas Xi Ips Sman 8 Surabaya. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 13(1), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/50083

Gezmen, B., & Eken, ihsan. (2021). Acquisition of Financial Literacy as a Life Skill. Research Anthology on Personal Finance and Improving Financial Literacy, February, 482–503. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-8049-3.ch026

Grohmann, A., Kouwenberg, R., & Menkhoff, L. (2015). Childhood Roots of Financial Literacy.

Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6

Hartanti, D., & Kurniawan, M. (2022). Buku Literasi Augmented Reality sebagai Media Pendukung Pembelajaran Aspek Keaksaraan AUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3100–3110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2042

Haryani, Prita, et al. (2017). Augmented Reality (Ar) Sebagai Teknologi Interaktif Dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya Kepada Masyarakat. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(2), 807–812. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1614

Hikmah, Y. (2020). Literasi Keuangan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 103. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i2.16780

Jafari, E. (2022). The Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats of Augmented Reality Technology for Higher Education Curriculum. 13(25), 295–318. http://www.icsajournal.ir/article_154424.html?lang=en

Johnson, E., Yuen, S. C., & Johnson, E. (2011). Augmented Reality : An Overview and Five Directions for AR in Education Augmented Reality : An Overview and Five Directions for AR in Education. 4(1). https://doi.org/10.18785/jetde.0401.10

Kafabih, A. (2020). Literasi Finansial Pada Tingkat Sekolah Dasar Sebagai Strategi Pengembangan Financial Inclusion di Indonesia. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v2i1.3607

Krevelen, R. Van, & Ronald, P. (2010). A Survey of Augmented Reality Technologies, Applications and Limitations. International Journal of Virtual Reality, 9(2), 10–20. https://doi.org/10.20870/IJVR.2010.9.2.2767

Kuang, Y., & Bai, X. (2019). The feasibility study of augmented reality technology in early childhood education. 14th International Conference on Computer Science and Education, ICCSE 2019, Iccse, 172–175. https://doi.org/10.1109/ICCSE.2019.8845339

Langgi, N. R., & Susilaningsih, S. (2022). Analisis Implementasi Pendidikan Keuangan pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2429–2438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1625

Macariu, C., Iftene, A., & Gîfu, D. (2020). Learn chemistry with augmented reality. Procedia Computer Science, 176, 2133–2142. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.250

Mihalčová, B., Csikósová, A., & Antošová, M. (2014). Financial Literacy – The Urgent Need Today. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 109, 317–321. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.464

Mukti, F. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) di Kelas V MI Wahid Hasyim. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(2), 299. https://doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6351

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK), 13(2), 174–183. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/8525

Nainggolan, E. R., Asymar, H. H., Nalendra, A. R. A., Anton, Sulaeman, F., Sidik, Radiyah, U., & Susafarati. (2019). The Implementation of Augmented Reality as Learning Media in Introducing Animals for Early Childhood Education. 2018 6th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2018, Citsm. https://doi.org/10.1109/CITSM.2018.8674350

Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.111

Novieningtyas, A. (2018). Pentingnya Edukasi Literasi Keuangan Sejak Dini. Manners, 1(2), 133–137. https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/257

Nurliana Nasution, Yuvi Darmayunata, S. W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(6), 1689–1699. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3408

OECD. (2014). Financial Education for Youth. https://www.oecd.org/finance/financial-education-and-youth.htm

OJK. (2020). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-SNLKI-2021---2025.aspx

Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Menumbuhkan Kecakapan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini. Otoritas Jasa Keuangan, 1, 1–42. https://ojk.go.id

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2613

Rusnandi, E., Sujadi, H., & Fauzyah, E. (2015). Implementasi Augmented Reality (AR) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar. Infotech Journal, 1(2), https://jurnal.unma.ac.id/index.php/infotech/article/view/40

Sadri, M. (2019). Pemberdayaan Siswa Melalui Edukasi Keuangan Sejak Dini Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 290–295. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3630

Saputra, J., & Susanti, D. (2021). A Study of Several Financial Literacy Teaching Methods for Children. International Journal of Ethno-Sciences and Education Research, 1(2), 7–10. https://doi.org/10.46336/ijeer.v1i2.120

Srinahyanti, S., Simatupang, D., & Damanik, S. (2021). Development of Interactive Media to Improve Early Childhood Financial Literacy. https://doi.org/10.4108/eai.31-8-2021.2313809

Sugiarto, A. (2022). Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peredaran Darah. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(2), 1–13. https://jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/248

Sujud, F. A., & Setiaji, K. (2020). Determinan Tingkat Literasi Keuangan Siswa Sekolah Menengah (Studi Komparatif Indonesia dan Vietnam). Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(1), 1. https://doi.org/10.26858/je3s.v1i1.13903

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330

Yuwono, W. (2020). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1419–1429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663

Zhu, E., Hadadgar, A., Masiello, I., & Zary, N. (2014). Augmented reality in healthcare education: An integrative review. PeerJ, 2014(1), 1–17. https://doi.org/10.7287/peerj.preprints.335v1

Zhu, Y., Yang, X., & Jia Wang, S. (2017). Augmented Reality Meets Tangibility: A New Approach for Early Childhood Education. EAI Endorsed Transactions on Creative Technologies, 4(11), 153059. https://doi.org/10.4108/eai.5-9-2017.153059

Zulhaida Masmuzidin, M., & Abdul Aziz, N. A. (2018). the Current Trends of Augmented Reality in Early Childhood Education. The International Journal of Multimedia & Its Applications, 10(06), 47–58. https://doi.org/10.5121/ijma.2018.10605


Refbacks

  • There are currently no refbacks.