- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Kerjasama Orang tua dengan Sekolah dan Pola Asuh Orang tua Berpengaruh terhadap Kemandirian Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3745Keywords:
kemandirian anak, kerja sama orang tua, pola asuh orang tuaAbstract
Kemandirian merupakan faktor penting dalam menentukan masa depan anak. Peran dan pola asuh orang tua serta kerjasama dengan pihak sekolah menjadi faktor pendukung kemandirian anak di rumah maupun di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemandirian anak melalui pengaruh peran orang tua dan pola asuh orang tua melalui kerjasama sekolah dengan orang tua. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling sebanyak 172 orang anak. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil kuesioner tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh peran orang tua dan pola asuh orang tua melalui kerjasama sekolah dengan orang tua terhadap kemandirian anak. Anak dapat melakukan tugasnya sendiri tanpa tergantung dengan orang lain baik di rumah maupun di sekolah.
Downloads
References
Achdiani, Y. (2014). Kegiatan Bermain Sebagai Sarana Penyiapan Kemandirian dan Kreativitas Anak Pra Sekolah. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 1, 1–5. https://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/992
Ade Iis Kurniawati, & Masnipal, M. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Pada Kegiatan Belajar di Rumah di TK X. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.385
Aghniarrahmah, C., Fridani, L., & Supena, A. (2021). Perkembangan Kemandirian dan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun dalam Pengasuhan Dual Career Family. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 389–400. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.385
Andhriana, L. T. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Almufi Jurnal Pendidikan (AJP), 1(3), 133–137. https://almufi.com/index.php/AJP/article/view/58
Harahap, R. D. E., & Yus, A. (2019). Hubungan Kerjasama Orang Tua dan Guru Untuk Mendisiplinkan Anak di TK Se-Kecamatan Medan Timur. Jurnal Tematik, 9(1), 76–86. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/article/view/12866
Hasanah, N., Raharjo, T. J., & Yusuf, A. (2018). Peranan Komunitas Harapan dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Sekolah di Kawasan Pasar Johar Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 108–119. https://doi.org/10.15294/pls.v1i2.16557
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Islamiyati, I. (2018). Hubungan Kerjasama Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 66–76. https://doi.org/10.21009//jpud.121.06
Jannah, A. M., Rachman, A., & Novitawati. (2021). The Influence of the Role of Parents and Parenting Patterns in the Use of Gadgets on the Social Behavior of Children. Journal of K6 Education and Management, 4(4), 401–407. https://doi.org/10.11594/jk6em.04.04.03
Juniaris, A., & Wijayaningsih, L. (2022). Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Mewujudkan Kemandirian. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4860–4874. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2812
Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627
Khotimah, T. H., Syukri, M., & Lukmanulhakim. (2016). Kerjasama antara guru dan orang tua dalam mengembangkan perilaku mandiri anak di tk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5), 1–13. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15427
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Maruddani, R. T. J., & Sugito, S. (2022). Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Full Day School pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3771–3781. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1731
Masnun. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Penanaman Pendidikan Karakter oleh Guru serta Penerapan Disiplin oleh Lembaga dengan kemandirian Anak Usia Dini di PAUD Al-Hidayah Kota Banjarbaru. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. https://repo-mhs.ulm.ac.id/handle/123456789/24137
Masnun, Wahdini, E., & Rachman, A. (2020). Relationship between Parenting and Cultivation of Character Education by Teachers and the Application of Discipline by Institutions with the Independence of Early Childhood in PAUD Al-Hidayah, Banjarbaru City. Journal of K6 Education and Management, 3(3), 371–379. https://doi.org/10.11594/jk6em.03.03.09
Mustika, D. (2021). Peran Orang tua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 361–372. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.105
Natsir, N. F., Aisyah, A., Hasbiyallah, H., & Ihsan, M. N. (2018). Mutu Pendidikan: Kerjasama Guru Dan Orang Tua. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 311. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3315
Purnamasari, N., & Dimyati, D. (2022). Perbedaan Pengasuhan Anak di Sekolah Fullday dan Sekolah Umum Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2813–2824. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2267
R, S. C., Wahdini, E., & Suriansyah, A. (2019). The Effect of Parents of Parents of the Parents and the Position of Children with Family Strengths on Self-Assistance of TK Children in the Group of Bangkari Kelompok B Palangkaraya. Journal of K6, Education, and Management (J-K6EM), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.11594/jk6em.02.01.01
Rakhmawati. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Urutan Kelahiran Anak dengan Perilaku Sosial terhadap Kemandirian Anak di TK Gugus Anggrek Kecamatan Banjarmasin Timur. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Rakhmawati, Effendi, R., & Darmiyati. (2019). The Effect of Parenting Patterns and Birth Order towards the Independent Social Behavior of Kindergarten Children in Gugus Anggrek, East Banjarmasin District. Journal of K6, Education, and Management, 2(2), 139–148. https://doi.org/10.11594/jk6em.02.02.09
Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2019). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(2), 121–129. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805
Robbiyah, R., Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76-84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10
Safitri, M. E., Ahmad, K. I., & Saleh, M. (2018). Development Of Child Independence Through Model Picture and Picture, Examples Non Examples Model and Practical Method Directly Activities of Learning Practical Life In Group B Kasih Ibu Kindergarten, Banjarmasin, Indonesia. European Journal of Education Studies, 5(7), 64–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.1494229
Salasiah, Asniwati, & Effendi, R. (2018). Instilling Character Values In Early Chilhood In The Perspective Of Curriculum And Parenting ( Multi-Site Study In PAUD Islam Sabilal Muhtadi And PAUD Mawaddah , Banjarmasin, Indonesia ). Journal of Education Studies, 5(7), 36–48. https://doi.org/10.5281/zenodo.1494201
Saleh, R. (2022). Kerja Sama Orang Tua dan Pendidik dalam Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.70
Saragih, A. A. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6(2), 2352–2360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1986
Setyawati, N. S., Sulaiman, & Noorhafizah. (2020). The Influence of Parents’ Role and Parenting on Communication and Social Independence of Children in Kindergarten Cempaka Cluster, Central Banjarmasin Subdistrict. Journal of K6 Education and Management, 3(1), 66–73. https://doi.org/10.11594/jk6em.03.01.09
Shofiyah, H., Nadlifah, N., & Purnama, S. (2020). Kemitraan Guru dan Orang Tua dalam Menangani Anak yang Masih Ditunggu pada Jam Belajar. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 18–27. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.10
Sutafti, S., & Rasyid, H. Al. (2022). Pengaruh Perilaku Over Protective Orang Tua Terhadap Kemampuan Penyesuaian Diri Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4128–4138. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2509
Tiyas, N. (2019). Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala PAUD, Kompetensi Guru, dan Pola Asuh Anak, dengan Kemandirian Anak Usia Dini di Kabupaten Banjar. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Utami, T. W. P., Nasirun, M., & Ardina, M. (2019). Studi Deskriptif Kemandirian Anak Kelompok B di PAUD Segugus Lavender. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 151–160. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.151-160
Wahdini, A. (2020). Keterlibatan Orang Tua Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Multi Situs Di TK Sabilal Muhtadin dan TK Kristen Kanaan Kota Banjarmasin). Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Wahyuni, W., & Al Rasyid, H. (2022). Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3034–3049. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2301
Yusnita, N. cynthia, & Muqowim. (2020). Pendekatan Student Centered Learning dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Mandiri Anak di TK Annur II. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 116–126. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/11264