Ekstrakurikuler Tari Kreasi Baru untuk Menumbuhkan Kecerdasan Kinestetik dan Kecerdasan Interpersonal

Author


Sri Nurhayati(1Mail), Sa’dun Akbar(2), Dedi Kuswandi(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 289KB]

Published : 2023-12-27

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 117 times PDF Downloaded: 62 times

Abstract


Permasalahan yang ditangkap ialah kebanyakan orang tua hanya mengedepankan kognitif anak dijadikan sebagai acuan dalam proses belajar mengajar sehingga psikomotorik seperti pengembangan kecerdasan kinestetik, dan afektif seperti aspek rasa percaya diri,  anak terlihat sangat kurang. Tujuan penelitian ini ialah untuk menghasilkan karya tari kreasi baru dalam menumbuhkan kecerdasan kinestetik dan kecerdasan interpersonal di TK ABA 2 Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Dari sumber primer seperti kepala sekolah dan guru ekstrakurikuler dan sumber data sekunder berupa dokumen serta arsip sekolah dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan miles, hubarman dan saldana. Hasil penelitian yang ditemukan Guru menggunakan model pembelajaran langsung disertai motivasi, dukungan, pujian dari usaha siswa, dan membgun hubungan kedekatan. Kecerdasan kinestetik yang memunculkan beberapa indikatornya seperti: koordinasi tubuh, kelincahan, kekuatan, keseimbangan dan koordinasi mata tangan dan kaki. Kemudian rasa percaya diri anak yang terlihat dari beberapa indikator seperti: percaya dengan kemampuan diri sendiri, mengutamakan usaha sendiri tidak bergantung pada orang lain, berani tampil didepan umum, dan tanggung jawab dengan tugas dari proses pelaksanaan tari tersebut.


Keywords


pengelolaan kecerdasan kinestetik; kecerdasan interpersonal; anak usia dini

References


Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2021). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1997–2007. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055

Agustini, A., Rengga, D., & Kusumawardani, D. (2022). Pembelajaran Tari Melinting Menggunakan Metode Demonstrasi Dan Drill Pada Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Tari, 2(2), 52–63.

Aliyanti, R., Nirwana, E. S., & Agusmiati, S. (2022). Pengaruh Kegiatan Seni Tari Kreasi terhadap Percaya Diri Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Al-Azhar Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Tematik, 3(2), 55–63.

Azian, N. (2022). Implementasi Penilaian dan Pengawasan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(02), 85–94. https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.527

B Miles, M., A. Huberman, M., & Saldaña, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. In Zeitschrift fur Personalforschung (Vol. 28).

Campbell, L., Campbell, B., & Dickinson, D. (2007). Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Intuisi Press.

Chanda, R. N. S. F. (2020). Manajemen Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Anak. Educreative : Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 5(1), 8–18. https://doi.org/10.37530/edu.v5i1.70

Darwati, A., Muslihin, H. Y., & Giyartini, R. (2020). Kegiatan Tari Kreasi Manuk Dadali Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B Di Tk Artanita Al- Khairiyah Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 3(2), 164–177. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i2.26679

Diana, F. A., Jampel, I. N., & Antara, P. A. (2021). Instrumen Penilaian Kelincahan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 423. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39117

Edinon. (2021). Bentuk Pertunjukan Tari Podang Di Nagari Koto Nan Gadang Kota Payakumbuh. Jurnal Seni Tari, 1(10), 83–94. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst/article/view/46836

Eneng, W. &. (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik di Masa Pandemi Covid-19 Di PAUD Permata Bangsa. Journal of Elementary School (JOES), 5(1), 1–7.

Gege, S. A. (2022). Sistem Pengelolaan Pendidikan Taman Kanak-Kanak Widya Kencana Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah (Managemen System Of Widya Kencana Kindergarten Education In Mekar Kencana Village Toili District Banggai Regency Central Sulawesi Province). Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 13(1), 54–66. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v13i1.469

Imani, F. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menari Animal Chicken Dance. Raudhah, 5(2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/180

Kharisma, D. (2022). Implementasi Fungsi Manajemen Kepala Sekolah RA (Raudhatul Athfal) terhadap Pengelolaan Program Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) di Lembaga Pendidikan Raudhatul Athfal (RA) Kecamatan Ungaran Timur. Pedagogika, 2(1), 56–61.

Lestari, S., & Yusuf Muslihin, H. (2020). Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 337–345.

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana:Jakarta.

Magfiroh, S. (2017). Mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun melalui tari kreasi. Prosiding Seminar Nasional Pg Paud Untirta 2017 Ketahanan Pangan Keluarga Dalam Rangka Pemenuhan Gizi Dan Optimalisasi Perkembangan Otak Anak Usia Dini, 211–217.

Marjuk, Y., Lahati, S. H., & Mursito, H. (2021). Simulasi Rasa Percaya Diri Dengan Kegiatan Tarian Saronde Pada Anak. Jurnal Educatio, 7(3), 1188–1193. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1384

Munastiwi, E. (2019). Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 369–380. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-09

Nasem, D. (2022). Meningkatkan Koordinasi Gerak Tangan Anak Usia 5-6 Tahun pada Tari Sunda melalui Aplikasi TikTok di PAUD Permata Hati. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1919–1927. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.654

Oktavia Indah Permata Sary, & Wahyu Wulandari. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Coaching Model Tirta pada Pelaksanaan Supervisi Guru. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), 96–101. https://doi.org/10.57251/ped.v2i1.373

Permanasari, A. T. (2016). Penerapan Pembelajaran Tari Kreatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Dasar Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(2), 107–124.

Pratiwi, L. W. (2018). Pelaksanaan Pengenalan Budaya Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanank-Kanak Ananda Ceria Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(7), 563–570.

Putri, D. R. E., & Noordiana, N. (2022). Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari Di Smp Negeri 1 Ambulu Jember. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 11(2), 173–188. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/42470%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/download/42470/36527https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/42470%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/download/42470/36527

Rizki, T. R., Elvandari, E., & Firmansyah, D. (2022). Pembelajaran Tari Persembahan Sedulang Setudung Menggunakan Model Direct Instruction pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII di MTs Al-Ikhsan Betung. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 129–138. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.179

Said, M. C. dan A. (2012). Sekolah Anak-Anak Juara. Kaifa.

Sani. (2013). Inovasi Pembelajaran. In Bumi Aksara. Bumi Aksara.

Sari, G., Ilmi, F., Wulandari, R. S., & Novitasari, L. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5 ­ 6 TAHUN MELALUI TARI SEMUT. 1–10.

Sekolah, K. (2022). Wawancara.

Setiawati, K. S., Parwata, I. G. L. A., & Suratmin, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Penjakora, 7(1), 17. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24444

Setyomurti, R. (2022). Analisis Manajemen Pembelajaran Seni Tari Berbasis Seni Pertunjukan dalam Upaya Kreativitas dan Inovasi Siswa SMK. Media Manajemen Pendidikan, 5(1), 116–124. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/12409

Sundari, W. (2018). Teknik penilaian unjuk kerja dan catatan anekdot sebagai upaya pemantauan perkembangan anak di PAUD Aisyiyah Cabang Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah. Jurnal Warna, 2(2 Desember), 15–28.

Suryapermana, N. (2017). Manajemen perencanaan pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788

Suryono, R. S. A. Y. (2018). Hubungan kemampuan manajerial kepala satuan PAUD dan self-efficacy guru dengan kinerja guru di Kecamatan Bukit Kerman kaBupaten Kerinci Propinsi Jambi. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol 6, No 2 (2018): September, 204–214.

Syafi’i, I., & Ilmayanti, A. F. F. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Pada Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Tari Kelompok B di TK Hasyim Asyari Suarabaya. Islamic EduKids, 3(1), 44–51. https://doi.org/10.20414/iek.v3i1.3444

Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166

Ulfah, J. (2020). Seni Tari sebagai Cara Memperbaiki Suasana Hati Anak di KB & TK Indriyasana. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 33–43. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.7222

Utami, W. T., Yeni, I., & Yaswinda, Y. (2019). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Tradisional di Taman Kanak-kanak Sani Ashila Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 87–94. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.87-94

Winda Gunarti, Lilis Suryani, A. M. (2010). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.

Wulandari, R. T. (2017). Pembelajaran Olah Gerak Dan Tari Sebagai Sarana Ekspresi Dan Apresiasi Seni Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 147–162.

Zendrato. (2016). Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p58-73


Refbacks

  • There are currently no refbacks.