PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila

Author


Mallevi Agustin Ningrum(1Mail), Rachma Hasibuan(2), Mas'udah Mas'udah(3), Ruqoyyah Fitri(4),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 874KB]

Published : 2023-01-25

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 993 times PDF Downloaded: 619 times

Abstract


Pendidikan yang diberikan kepada anak usia dini perlu ditanamkan tentang nilai-nilai Pancasila mengingat kondisi saat ini banyak sekali terjadi perilaku amoral yang ditunjukkan oleh orang dewasa bahkan anak. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan PAUD Holistik Integratif (PAUD HI) berdimensi profil pelajar Pancasila menggunakan riset pengembangan. Pengembangan dalam penelitian ini menggunakan ADDIE meliputi Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate. Pengumpulan data menggunakan angket yang meliputi instrumen lembar validitas dan lembar kepraktisan. Analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dapat dipaparkan bahwa buku panduan PAUD HI dinyatakan layak dari validator dan buku panduan PAUD HI dinyatakan praktis karena dapat digunakan oleh guru dalam menunjang proses pembelajaran di kelas dan pengembangan kegiatan sekolah.


Keywords


holistik integratif; pendidikan anak usia dini; pelajar pancasila

References


Adnyani, N. W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini ”Merdeka Belajar” Di Era Belajar Di Rumah. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 13. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.1876

Amu, S., & Tampi, F. L. (2021). Metode Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Kidspedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 2. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2647

Angkur, M. F. M. (2022). Penerapan Layanan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4287–4296. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2587

Angraini, R., Tiara, M., Waldi, A., & N, N. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Menanamkan Nilai-nilai Pancasila pada Anak Usia Dini. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(1), 52–55. https://doi.org/10.26618/jed.v4i1.2084

Ariani, F. (2019). Orang Tua Sebagai Penanam Nilai Pancasila Untuk Anak Usia Dini Di Era Digital. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 60–68. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.12515

Berk, L. E., & Longman, B. (2007). Exploring lifespan development © 2007.

Branch, R. M., & Kopcha, T. J. (2014). Instructional design models. In Handbook of Research on Educational Communications and Technology: Fourth Edition (pp. 77–87). Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5_7

Cathy, N., & Peter, C. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini, Sejarah, Filosofi, dan Pengalaman. Pustaka Pelajar.

Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1), 1. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.32650

Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking, A. (2020). Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441–1453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.901

Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596

Fadlillah, M. (2019). The development of an integrative holistic program in early childhood care and education: A policy in the Indonesian context. Indian Journal of Public Health Research and Development, 10(12), 1802–1806. https://doi.org/10.37506/v10/i12/2019/ijphrd/192127

Farida, N. farida, & Fuadi, S. I. (2022). Pembelajaran Cinta Lingkungan Berbasis Sistem Merdeka Untuk Membentuk Profil Pancasila Siswa PAUD. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 19–43. https://doi.org/10.52431/murobbi.v6i1.499

Harefa, A., Harefa, J. E., Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2022). Management of Learning Based on Pancasila Values in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3124–3132. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2247

Harlistyarintica, Y., Wahyuni, H., -, W., Yono, N., Sari, I. P., & Cholimah, N. (2017). Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Jari Kreasi Sampah Bocah Cilik Di Kawasan Parangtritis. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 20–30. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15658

Hidayati, U. (2017). Pendidikan Holistik Integratif Di Raudlatul Athfal (ra). Edukasi, 15(2), 294423. https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i2.451

Idris, G. (2020). Penanaman Karakter Religius dalam Pelaksanaan Program Jum’at Bergema di SMA Negeri 2 SU. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 4(2), 70. https://doi.org/10.26418/jpp.v4i2.40486

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Rencana Strategis: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2010-2014. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Laila, L. Z. I. (2013). Penyelenggaraan Program PAUD Holistik Integratif di PAUD Siwi Kencana Kota Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/2802

Leonard, J. A., Lydon-Staley, D. M., Sharp, S. D. S., Liu, H. Z., Park, A. T., Bassett, D. S., Duckworth, A. L., & Mackey, A. P. (2022). Daily fluctuations in young children’s persistence. Child Development, 93(2), e222–e236. https://doi.org/10.1111/cdev.13717

Lestaningrum, A., & Jayanti, R. D. (2019). Penggunaan Media Wayang Godong Dalam Menanamkan Karakter Menghargai Pada Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 15. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.8112

Lestariningrum, A. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Nilai-nilai Pancasila Masa Pandemi Pada Anak Usia Dini. Journal of Modern Early Childhood Education, 1(01), 11–18. http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/344

Majitovna, A. G. (2022). Processes of formation of intellectual abilities of preschool children by means of innovative technologies. World Bulletin of Social Sciences, 7, 73–74. https://geniusjournals.org/index.php/ejhss/article/view/230

Mardiana, L., Suarta, I. N., & Rachmayani, I. (2022). Implementasi PAUD HI (Holistik Integratif) di TK Se-Lombok Timur Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1265–1275. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/732

Marzuqi, Y., & Marzuki, M. (2022). Urgensi Peran Orang Tua dalam Penanaman Nilai Persatuan pada Anak di Daerah Transmigran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2996–3006. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2268

McDevitt, T. M., Ormrod, J. E., Cupit, G., Chandler, M., & Aloa, V. (2012). Child development and education. Pearson Higher Education AU.

Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865

Netriwinda, Yaswinda, & Movitaria, M. A. (2022). Evaluasi Program Pendidikan Paud Holistik Integratif Dengan Model Cipp Di Nagari Pandam Gadang Kecamatan Gunuang Omeh. Jurnal Inovasi Pendidikan (JIP), 2(8), 2343–2352. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1115

Nurjanah, W., Pd, M., Rachman, B., & Pd, S. (2022). Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Journal of Modern Early Childhood Education, 02(01), 15–19.

Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128. http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/509

Oktaviani, D. A., & Dimyati, D. (2021). Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa PandemiCovid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1870–1882. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.995

Perignat, E., & Katz-Buonincontro, J. (2019). STEAM in practice and research: An integrative literature review. Thinking Skills and Creativity, 31, 31–43. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.10.002

Prameswari, T. W. P. (2020). Merdeka Belajar Merdeka Belajar: Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045: Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Seminar Nasional Penalaran dan Penelitian Nusantara (Vol. 1, Issue 1, pp. 76–86). https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn/article/view/362

Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Rayanto, Y. H., ‎Sugianti,. Rokhmawan, T. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Resmana, M. T., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk Merealisasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 473–485. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.134

Rohmani, N. (2020). Analisis Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Seluruh Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.262

S, L. A. (2018). Perlindungan Hukum Bagi Anak dalam Perspektif Pancasila dan Bela Negara. UNIFIKASI : Jurnal Ilmu Hukum, 5(1), 58. https://doi.org/10.25134/unifikasi.v5i1.754

Safira, N., & Wibowo, Y. H. (2021). Angka Partisipasi Kasar dan Angka Partisipasi Murni sebagai Indikator Keberhasilan Pendidikan Indonesia. PAKAR Pendidikan, 19(2), 101–115. https://doi.org/10.24036/pakar.v19i2.212

Sidiq, A. M., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan Kreativitas Anak melalui Konsep Merdeka Belajar di Sanggar Anak Alam. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 146–156. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/630

Srihartini, Y., Wasliman, I., Iriantara, Y., & Sauri, R. S. (2021). Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kabupaten Bogor. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(2), 251–267. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i2.404

Sugian, E., Fahruddin, F., & Witono, A. H. (2021). Implementasi Program Pengembangan PAUD “Holistik Integratif’di PAUD LSM Ampenan Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3). https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2342

Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36–41. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1078

Wulandari, W. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional “Gempuran.” Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(2), 56. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.924

Yasa, I. M. A., & Wiguna, I. B. A. A. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(01), 13–22. https://doi.org/10.53977/sjpkm.v1i01.556


Refbacks

  • There are currently no refbacks.