- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3723Keywords:
implementasi, pembelajaran berbasis proyek, kemandirianAbstract
Berbagai sikap yang harus dimiliki anak yaitu salah satunya kemandirian. Anak usia dini memerlukan  sikap mandiri sebagai dasar bagi anak untuk dapat mengendalikan dirinya. Kemandirian pada anak usia dini dapat distimulus dengan berbagai metode pembelajaran. Metode pembelajaran berbasis proyek mampu menyampaikan pengetahuan yang menggembirakan bagi anak, metode proyek menciptakan anak untuk menjadi pribadi yang ingin tahu dan dapat bekerja sendiri maupun berkelompok. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan implementasi dari pembelajaran berbasis metode proyek untuk meningkatkan kemandirian pada anak usia dini. Memakai pendekatan kualitatif deskriptif sebagai metode penelitian. Observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data dengan melibatkan guru orang dan kepala sekolah TK Great Rastera School Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan data direduksi, disajikan, dan diambil kesimpulan. Hasil dari penelitian menjunjukkan bahwa penggunaan metode berbasis proyek dapat meningkatkan kemandirian anak usia dini secara signifikan, dan memberikan manfaat untuk anak agar dapat bekerja secara mandiri maupun berkelompok.
Downloads
References
Aghniarrahmah, C., Fridani, L., & Supena, A. (2021). Perkembangan kemandirian dan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun dalam pengasuhan dual career family. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 389–400. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1319
Al-omari, A. A. (2020). The impact of disciplinarity on cognitive leadership frames of academic deans in jordanian universities. International Journal of Education and Learning, 2(2), 58–66.
Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.18707
Cahyani, A. N. (2004). Identifikasi kemampuan guru dalam menerapkan metode proyek di TK al-i’dad an-nuur sleman yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 325–333.
Damayanti, E. (2020). Meningkatkan kemandirian anak melalui pembelajaran metode montessori. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 463–470. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.333
Danim, S., & Khairil. (2014). Psikologi Pendidikan. Alfabeta.
Fadlillah, M., Wahab, R., & Ayriza, Y. (2020). Understanding the experience of early childhood education teachers in teaching and training student independence at school. Qualitative Report, 25(6), 1461–1472. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2020.4163
Feez, S. (2010). Montessori and Early Childhood: A Guide for Students. SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781446269343
Foster, P. N. (1995). Industrial arts/technology education as a social study: the original intent? Journal of Technology Education, 6(2), 4–18. https://doi.org/10.21061/jte.v6i2.a.1
Frankel, K. A., Harrison, J., & Njoroge, W. F. M. (2019). Clinical Guide to Psychiatric Assessment of Infants and Young Children. In Clinical Guide to Psychiatric Assessment of Infants and Young Children. https://doi.org/10.1007/978-3-030-10635-5
Gilley, J. M. (1980). Early Childhood Development and Education. Delmar Publishers.
Haslip, M. J., & Gullo, D. F. (2018). The Changing Landscape of Early Childhood Education: Implications for Policy and Practice. Early Childhood Education Journal, 46(3), 249–264. https://doi.org/10.1007/s10643-017-0865-7
Hedefalk, M., Almqvist, J., & Östman, L. (2015). Education for sustainable development in early childhood education: a review of the research literature. Environmental Education Research, 21(7), 975–990. https://doi.org/10.1080/13504622.2014.971716
Helm, J. ., & S, B. (2003). The Power of Projects. Teaxhers College Press.
Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh metode proyek terhadap kemampuan kognitif anak di kelompok b2 TK aisyiyah maccini tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 35. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5430
Jazilurrahman, J., Widat, F., Tohet, M., Murniati, M., & Nafi’ah, T. (2022). Implementasi metode bercerita dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3291–3299. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095
Juhriati, I., & Rahmi, A. (2021). Implementasi nilai agama dan moral melalui metode esensi pembinaan perilaku pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1070–1076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1147
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344
Masitoh. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. DEPDIKNAS.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.). SAGE Publications.
Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak Kanak. PT Asdi Mahasatya.
Mujahidin, E., Mufarohah, L., & Alim, A. (2019). Penggunaan metode proyek untuk meningkatkan kedisiplinan pada anak usia dini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 171. https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.395
Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT. Remaja Rosdakarya.
Seefeldt, C., Catle, S., & C.Falconer, R. (2014). Social Studies for the Preschool Primary Child (9th ed.). Pearson Education.
Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini (2nd ed.). Macanan Jaya Cemerlang.
Setiasih, O., & Mariyana, R. (2012). Pengaruh metode proyek terhadap kemandirian anak. FIP: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya.
Sunarty, K. (2015). Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak (A. Mahmud (ed.)). Edukasi Mitra Grafika.
Suryana, D. (2016). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Kencana (p. 365).
Sutarna, N., Cahyati, N., Heriyana, T., Anggraeni, D., & Lestari, I. A. (2022). Implementasi nilai-nilai karakter dan keteladanan k.h ahmad dahlan pada siswa usia 6-8 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2506–2518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2167