Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Tari Dongklak

Author


Aulia Arsila Wigaringtyas(1Mail), Sri Katoningsih(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 606KB]  Language: id
Published : 2023-01-16
Copyright (c) 2023 Aulia Arsila Wigaringtyas, Sri Katoningsih

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 83 times PDF Downloaded: 20 times

Abstract


Salah satu kegiatan kesenian yang dapat membantu meningkatkan perkembangan motorik anak adalah menari. Hubungan gerak tari dengan gerak anak adalah gerak tari sangat erat kaitannya dengan gerak anak. Hubungan gerak tari dan motorik kasar anak yaitu gerak tari sangat berkaitan dengan motorik kasar anak, oleh karena itu apabila anak bisa bergerak sesuai tarian akan menciptakan motorik anak menjadi lebih kreatif dan berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fungsi perkembangan motorik pada anak usia dini melalui tari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan menggambarkan isi lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Kajian ini menunjukkan bahwa kegiatan perkembangan motorik direncanakan berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang dapat ditinjau dengan indikator perkembangan motorik sesuai tahapan perkembangan anak, Berdasarkan hasil kajian dapat ditarik kesimpulan bahwasanya kegiatan motorik kasar melalui kegiatan tari tradisional sangat efektif untuk anak.


Keywords


anak usia dini; motorik kasar; tari tradisional

References


Afni, U., & Khasanah, N. (2021). Implementasi Seni Tari Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. ASGHAR : Journal of Children Studies, 1(2), 164–172. https://doi.org/10.28918/asghar.v1i2.4756

Astini, N. K. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Seni Tari Berbantuan Media Audio Cassette Tape Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kiasar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/997

Astiti, M. L., Marijono, M., & Indrianti, D. T. (2016). Pengaruh Pembelajaran Seni Tari Gandrung Terhadap Perkembangan Motorik Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Kartini Banyuwangi Tahun 2015/2016. Jurnal Edukasi, 3(1), 24. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i1.4316

Daryanti, F., & Jazuli, M. (2019). Teaching Tradition Dance in Children Building Indonesian characters. 255(Icade 2018), 210–213. https://doi.org/10.2991/icade-18.2019.48

Delia, A. S., & Yeni, I. (2020). Rancangan Tari Kreasi terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1071–1079. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/570

Desfiarni, & Astuti, F. (2021). Transformation of Traditional Indang Dance to Entertainment Dance. Proceedings of the Ninth International Conference on Language and Arts (ICLA 2020), 539(Icla 2020), 323–329. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210325.058

Dyani, P. L. (2020). Creating Dance with Children Based on Traditional Games. 419(Icade 2019), 251–253. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200321.058

Fitri, M., Sultoni, K., Jajat, J., & Lasrina, O. (2018). Effect of Locomotor Creative Dance on Student Motor Skills Development. April 2020, 760–763. https://doi.org/10.5220/0007069807600763

Geršak, V. (2015). Dance in the Slovenian kindergarten curriculum. Journal for Pedagogical Theory and Practice, 64(3), 399–410. https://hrcak.srce.hr/151355

Hafida, A. R. (2013). Peran Pembelajaran Tari Melalui Rangsang Auditif Dalam Mengembangkan Keterampilan Fisik Motorik Kasar Anak Kelompok a Di Tk Laboratorium Pg- Paud Fip Unesa Surabaya. PAUD Teratai, 2(1), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/1171

Hartono, Cahyono, A., & Kusumastuti, E. (2021). Warok dance: A medium of child aesthetic fulfillment. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(2), 242–249. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090212

Ilmi, G. S. F., Wulandari, R. S., & Novitasari, L. (2022). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun melalui tari semut. 1–10. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/172

Irani, I., Adhani, D. N., & Yuniar, D. P. (2021). Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 tahun yang Mengikuti Ekstrakurikuler Tari Melalui Tari Karapan Sapi. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 34–45. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.11558

Kapodistria, L., & Chatzopoulos, D. (2022). A Greek traditional dance program for improving balance of young children. Research in Dance Education, 23(3), 360–372. https://doi.org/10.1080/14647893.2021.1980525

Kasmahidayat, Y., Munsan, S. D., Budiman, A., & Rohayani, H. (2022). The Implementation of the Sundanese Traditional Dance Training Model for Students at the Kusuma Art Studio Bekasi. Proceedings of the 4th International Conference on Arts and Design Education (ICADE 2021), 665(Icade 2021), 336–339. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220601.071

Lestariani, L. P., Mahadewi, L. P. P., & Antara, P. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran tari kreatif terhadap kemampuan motorik kasar kelompok b gugus i kecamatan banjar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 239. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.19010

Liya, A., & Katoningsih, S. (2022). The Development of Learning the Arts of Dance to the Ability of Early Childhood Gross Motor Development. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 4(2), 1–8. https://doi.org/10.23917/ecrj.v4i2.12107

Munawaroh, N., Huda, H., & Fadlan, A. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Pada Kelompok B Melalui Tari Kreasi Di Raudhatul Athfal. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 39. https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i2.69

Ningrum, D. P. (2021). Implementation of Extracurricular Activities of Dolanan Dance As a Strengthening Implementation of Character Education. Warta Pendidikan| E-Journal, 5(7), 33–37. https://jurnal.warta-pendidikan.com/ojs/index.php/wp/article/view/25

Nurmaya, I., Mering, A., & Ali, M. (2020). Perkembangan Keterampilan Motorik Melalui Kegiatan Menari Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam Harapan Indah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/43689

Rizka, A. D. M. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Tari Badui Pada Anak Kelompok B Di Tk Aba Ngabean 2 Tempel. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(9), 107–108. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4042

Rohman, A. M., & Astini, S. M. (2013). Peran Kegiatan Tari Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B Di Tk Muslimat Mazraatul Ulum Ii Paciran Lamongan. PAUD Teratai, 2(1), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/939

Rosdiana, E. (2018). Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui tari kreasi tradisional mandahiling melayu di taman kanak-kanak al-muhsinin Pasaman barat. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 96. https://doi.org/10.29210/3003277000

Safitri, N., & Agustinus. (2017). Stimulation Dance Creations Art On Gross Motor Development Children Aged 5-6 Years in Islamic Al-Huda TK Semarang. Indonesian Journal Of Early Childhood Education Studies, 6(1), 39–42. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces/article/view/15785

Sari, A. T. R. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Pembelajaran Seni Tari Pada Anak Kelompok Bermain PAUD LAB School Universitas Nusantara PGRI Kediri. Seling, 4(1), 1–12. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/151

Sunanto, Mariati, P., & Suryanti, Y. A. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Gerak Tari Pitik Cilik untuk Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Mekar Sari Kecamatan Wonocolo Surabaya. Sentra Cendekia, 1(1), 22–28. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/1190

Sutini, A. (2018a). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10333

Sutini, A. (2018b). Penggunaan Media Alam Sekitar Dengan Metode Kreatif Untuk Merangsang Motorik Anak Usia Dini Melalui Gerak Dan Lagu. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.17509/cd.v4i1.10370

Tsompanaki, E. (2019). The Effect of Creative Movement-Dance on the Development of Basic Motor Skills of Pre-School Children. Review of European Studies, 11(2), 29. https://doi.org/10.5539/res.v11n2p29

Wati, E. R. (2018). Tari Merak Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik kasar Anal Tunagrahita Ringan Di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 2(1), 1–16. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/23354

Widiyanti, D. (2018). Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Tari Lenggang Raflesia pada Kelompok B TK Yasporbi Kota Bengkulu. Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 229–241. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518

Wirsa, O., & Mayar, F. (2020). Pembelajaran Seni Tari terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Ensiklopedia of Journal, 21(2), 20–27. https://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/ensiklopedia/article/view/386

Wulandari, R. T. (2017). Pembelajaran Olah Gerak Dan Tari Sebagai Sarana Ekspresi Dan Apresiasi Seni Bagi Anak Usia Dini. JUrnal Pendidikan, 1–18. http://lib.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/08/pembelajaran-olah-gerak-dan-tari-untuk-anak-usia-dini.pdf

Zhang, L. (2015). Research on Embedded Teaching Model of Preschool Dance. Icemit, 253–256. https://doi.org/10.2991/icemit-15.2015.54


Refbacks

  • There are currently no refbacks.