
Author
Aulia Arsila Wigaringtyas(1

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)

Article Analytic |
Published : 2023-01-16
Copyright (c) 2023 Aulia Arsila Wigaringtyas, Sri Katoningsih
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 83 times
PDF Downloaded: 20 times
Abstract
Salah satu kegiatan kesenian yang dapat membantu meningkatkan perkembangan motorik anak adalah menari. Hubungan gerak tari dengan gerak anak adalah gerak tari sangat erat kaitannya dengan gerak anak. Hubungan gerak tari dan motorik kasar anak yaitu gerak tari sangat berkaitan dengan motorik kasar anak, oleh karena itu apabila anak bisa bergerak sesuai tarian akan menciptakan motorik anak menjadi lebih kreatif dan berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fungsi perkembangan motorik pada anak usia dini melalui tari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan menggambarkan isi lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Kajian ini menunjukkan bahwa kegiatan perkembangan motorik direncanakan berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang dapat ditinjau dengan indikator perkembangan motorik sesuai tahapan perkembangan anak, Berdasarkan hasil kajian dapat ditarik kesimpulan bahwasanya kegiatan motorik kasar melalui kegiatan tari tradisional sangat efektif untuk anak.
Keywords
References
Afni, U., & Khasanah, N. (2021). Implementasi Seni Tari Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. ASGHAR : Journal of Children Studies, 1(2), 164–172. https://doi.org/10.28918/asghar.v1i2.4756
Astini, N. K. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Seni Tari Berbantuan Media Audio Cassette Tape Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kiasar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/997
Astiti, M. L., Marijono, M., & Indrianti, D. T. (2016). Pengaruh Pembelajaran Seni Tari Gandrung Terhadap Perkembangan Motorik Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Kartini Banyuwangi Tahun 2015/2016. Jurnal Edukasi, 3(1), 24. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i1.4316
Daryanti, F., & Jazuli, M. (2019). Teaching Tradition Dance in Children Building Indonesian characters. 255(Icade 2018), 210–213. https://doi.org/10.2991/icade-18.2019.48
Delia, A. S., & Yeni, I. (2020). Rancangan Tari Kreasi terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1071–1079. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/570
Desfiarni, & Astuti, F. (2021). Transformation of Traditional Indang Dance to Entertainment Dance. Proceedings of the Ninth International Conference on Language and Arts (ICLA 2020), 539(Icla 2020), 323–329. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210325.058
Dyani, P. L. (2020). Creating Dance with Children Based on Traditional Games. 419(Icade 2019), 251–253. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200321.058
Fitri, M., Sultoni, K., Jajat, J., & Lasrina, O. (2018). Effect of Locomotor Creative Dance on Student Motor Skills Development. April 2020, 760–763. https://doi.org/10.5220/0007069807600763
Geršak, V. (2015). Dance in the Slovenian kindergarten curriculum. Journal for Pedagogical Theory and Practice, 64(3), 399–410. https://hrcak.srce.hr/151355
Hafida, A. R. (2013). Peran Pembelajaran Tari Melalui Rangsang Auditif Dalam Mengembangkan Keterampilan Fisik Motorik Kasar Anak Kelompok a Di Tk Laboratorium Pg- Paud Fip Unesa Surabaya. PAUD Teratai, 2(1), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/1171
Hartono, Cahyono, A., & Kusumastuti, E. (2021). Warok dance: A medium of child aesthetic fulfillment. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(2), 242–249. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090212
Ilmi, G. S. F., Wulandari, R. S., & Novitasari, L. (2022). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun melalui tari semut. 1–10. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/172
Irani, I., Adhani, D. N., & Yuniar, D. P. (2021). Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 tahun yang Mengikuti Ekstrakurikuler Tari Melalui Tari Karapan Sapi. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 34–45. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.11558
Kapodistria, L., & Chatzopoulos, D. (2022). A Greek traditional dance program for improving balance of young children. Research in Dance Education, 23(3), 360–372. https://doi.org/10.1080/14647893.2021.1980525
Kasmahidayat, Y., Munsan, S. D., Budiman, A., & Rohayani, H. (2022). The Implementation of the Sundanese Traditional Dance Training Model for Students at the Kusuma Art Studio Bekasi. Proceedings of the 4th International Conference on Arts and Design Education (ICADE 2021), 665(Icade 2021), 336–339. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220601.071
Lestariani, L. P., Mahadewi, L. P. P., & Antara, P. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran tari kreatif terhadap kemampuan motorik kasar kelompok b gugus i kecamatan banjar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 239. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.19010
Liya, A., & Katoningsih, S. (2022). The Development of Learning the Arts of Dance to the Ability of Early Childhood Gross Motor Development. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 4(2), 1–8. https://doi.org/10.23917/ecrj.v4i2.12107
Munawaroh, N., Huda, H., & Fadlan, A. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Pada Kelompok B Melalui Tari Kreasi Di Raudhatul Athfal. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 39. https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i2.69
Ningrum, D. P. (2021). Implementation of Extracurricular Activities of Dolanan Dance As a Strengthening Implementation of Character Education. Warta Pendidikan| E-Journal, 5(7), 33–37. https://jurnal.warta-pendidikan.com/ojs/index.php/wp/article/view/25
Nurmaya, I., Mering, A., & Ali, M. (2020). Perkembangan Keterampilan Motorik Melalui Kegiatan Menari Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam Harapan Indah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/43689
Rizka, A. D. M. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Tari Badui Pada Anak Kelompok B Di Tk Aba Ngabean 2 Tempel. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(9), 107–108. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4042
Rohman, A. M., & Astini, S. M. (2013). Peran Kegiatan Tari Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B Di Tk Muslimat Mazraatul Ulum Ii Paciran Lamongan. PAUD Teratai, 2(1), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/939
Rosdiana, E. (2018). Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui tari kreasi tradisional mandahiling melayu di taman kanak-kanak al-muhsinin Pasaman barat. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 96. https://doi.org/10.29210/3003277000
Safitri, N., & Agustinus. (2017). Stimulation Dance Creations Art On Gross Motor Development Children Aged 5-6 Years in Islamic Al-Huda TK Semarang. Indonesian Journal Of Early Childhood Education Studies, 6(1), 39–42. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces/article/view/15785
Sari, A. T. R. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Pembelajaran Seni Tari Pada Anak Kelompok Bermain PAUD LAB School Universitas Nusantara PGRI Kediri. Seling, 4(1), 1–12. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/151
Sunanto, Mariati, P., & Suryanti, Y. A. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Gerak Tari Pitik Cilik untuk Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Mekar Sari Kecamatan Wonocolo Surabaya. Sentra Cendekia, 1(1), 22–28. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/1190
Sutini, A. (2018a). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10333
Sutini, A. (2018b). Penggunaan Media Alam Sekitar Dengan Metode Kreatif Untuk Merangsang Motorik Anak Usia Dini Melalui Gerak Dan Lagu. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.17509/cd.v4i1.10370
Tsompanaki, E. (2019). The Effect of Creative Movement-Dance on the Development of Basic Motor Skills of Pre-School Children. Review of European Studies, 11(2), 29. https://doi.org/10.5539/res.v11n2p29
Wati, E. R. (2018). Tari Merak Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik kasar Anal Tunagrahita Ringan Di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 2(1), 1–16. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/23354
Widiyanti, D. (2018). Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Tari Lenggang Raflesia pada Kelompok B TK Yasporbi Kota Bengkulu. Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 229–241. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518
Wirsa, O., & Mayar, F. (2020). Pembelajaran Seni Tari terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Ensiklopedia of Journal, 21(2), 20–27. https://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/ensiklopedia/article/view/386
Wulandari, R. T. (2017). Pembelajaran Olah Gerak Dan Tari Sebagai Sarana Ekspresi Dan Apresiasi Seni Bagi Anak Usia Dini. JUrnal Pendidikan, 1–18. http://lib.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/08/pembelajaran-olah-gerak-dan-tari-untuk-anak-usia-dini.pdf
Zhang, L. (2015). Research on Embedded Teaching Model of Preschool Dance. Icemit, 253–256. https://doi.org/10.2991/icemit-15.2015.54
Refbacks
- There are currently no refbacks.