- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Strategi Orang Tua dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3700Keywords:
strategi orang tua, perkembangan sosial, dampak penggunaan gadget, anak usia diniAbstract
Penggunaan gadget berlebihan membuat anak banyak menghabiskan waktunya hanya dengan bermain gadget dan menyebabkan lupa untuk berinteraksi maupun berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi orang tua dalam mengatasi dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak yang berusia 4 sampai 6 tahun. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak gadget terhadap perkembangan sosial anak dapat menghilangkan rasa ketertarikan anak terhadap aktivitas lain, tidak mendegarkan saat bermain gadget, memengaruhi interaksi sosial anak, dan strategi orang tua dalam mengatasi dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial yaitu dengan mendampingi, membatasi, mengawasi, serta memberikan kesempatan pada anak untuk bermain dengan teman sebayanya supaya anak dapat berinteraksi serta menjadikan perkembangan sosial di usia anak tumbuh dengan baik.
Downloads
References
Amalia, R., & Latifah, M. (2018). Peran Dukungan Orang Tua, Emosi Akademik, dan Strategi Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa PPKU IPB. IPB University Scientific Repository. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94882
Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Pada Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal, 6(2), 64–68. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i2.68
Ardiva, A., & Wirdanengsih, W. (2022). Kontrol Sosial Orang Tua Terhadap Perilaku Anak-Anak Pengguna Gadget (Studi Kasus: Nagari Suliki Kecamatan Suliki Kabupaten 50 Kota). Jurnal Perspektif, 5(2), 257–266. https://doi.org/10.24036/perspektif.v5i2.622
Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170
Chusna, P. A., (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 318. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/dinamika/article/view/842
Dau, Y. L. D. (2020). Relasi Afektif Orang Tua Sebagai Usaha Pencegahan Syndrome Gadget pada Anak. Jurnal Selidik, 1(2), 23–39. https://ejurnal.org/index.php/selidik/article/view/11
Dewi, A. R. T, Mayasarokh, M., & Eva Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233
Hijriyani, S. Y., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 015. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636
Imron, R. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 13(2), 148. https://doi.org/10.26630/jkep.v13i2.922
Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645
Itsna, N. M., & Rofi’ah, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget pada Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 16(1), 60–70. https://doi.org/10.55352/uq.v16i1.254
Istiqomah, I. (2019). Peran Orang Tua dalam Menanggulangi Kecanduan Gadget pada Anak di Kelurahan Gotong Royong Tanjung Karang Bandar Lampung. Skripsi, 1–95. http://repository.radenintan.ac.id/8609/1/SKRIPSI_FULL.pdf
Izza, H. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 951. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483
Laily, I. N., & Chandra, R. D. A. (2021). Kajian Wacana Dampak Penggunaan Gadget (Gawai) Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 35–44. https://doi.org/10.24903/jw.v6i1.679
Maola, P. S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Education, 3(15), 219–225. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1403
Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77
Pebriana, P. H., (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Rais, M. G. A., & Aprianti, A. (2021). Peran Orangtua Dalam Menanggulangi Kecanduan Bermain Gadget Pada Anak Usia Prasekolah (studi Kasus Kelurahan Babakan Sari Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung). eProceedings of Management, 8(1), 675–690. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/14402
Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/428
Salaudin, O. (2021). Teknologi, Meningkatkan atau Memenjarakan Kreativitas Anak. Alineaku Publishing.
Sari, M., & Miranda, M. (2019). Dampak Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini (Studi Kasus Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Desa Panggoi Muara Dua Kota Lhokseumawe). Jurnal Saree, 1(Tahun), 100–116. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/saree/article/view/503
Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orang tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485
Suri, O. I., Anggraini, D., & Fitriani, W. (2021). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Pra Sekolah. Jurnal Kesehatan, 14(1), 6–12. http://ejournal.poltekkesternate.ac.id/ojs/index.php/juke/article/view/276
Syahyudin, D. (2020). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa. Gunahumas, 2(1), 272–282. https://doi.org/10.17509/ghm.v2i1.23048
Warisyah, Y. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pentingnya “Pendampingan Dialogis†Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Proseding Seminar Nasional Pendidikan, 2016(November 2015), 130–138. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/semnasdik2015/article/view/212
Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 29–34. https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/888
Witarsa, R., Hadi, R. S. M., Nurhananik, & Haerani, N. R. (2018). Pengaruh Peggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik, 1(1), 9–20. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/432