Strategi Orang Tua dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini

Authors

  • Amalia Rabiatul Adwiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Raden Rachmy Diana Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3700

Keywords:

strategi orang tua, perkembangan sosial, dampak penggunaan gadget, anak usia dini

Abstract

Penggunaan gadget berlebihan membuat anak banyak menghabiskan waktunya hanya dengan bermain gadget dan menyebabkan lupa untuk berinteraksi maupun berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi orang tua dalam mengatasi dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak yang berusia 4 sampai 6 tahun. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak gadget terhadap perkembangan sosial anak dapat menghilangkan rasa ketertarikan anak terhadap aktivitas lain, tidak mendegarkan saat bermain gadget, memengaruhi interaksi sosial anak, dan strategi orang tua dalam mengatasi dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial yaitu dengan mendampingi, membatasi, mengawasi, serta memberikan kesempatan pada anak untuk bermain dengan teman sebayanya supaya anak dapat berinteraksi serta menjadikan perkembangan sosial di usia anak tumbuh dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R., & Latifah, M. (2018). Peran Dukungan Orang Tua, Emosi Akademik, dan Strategi Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa PPKU IPB. IPB University Scientific Repository. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94882

Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Pada Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal, 6(2), 64–68. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i2.68

Ardiva, A., & Wirdanengsih, W. (2022). Kontrol Sosial Orang Tua Terhadap Perilaku Anak-Anak Pengguna Gadget (Studi Kasus: Nagari Suliki Kecamatan Suliki Kabupaten 50 Kota). Jurnal Perspektif, 5(2), 257–266. https://doi.org/10.24036/perspektif.v5i2.622

Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170

Chusna, P. A., (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 318. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/dinamika/article/view/842

Dau, Y. L. D. (2020). Relasi Afektif Orang Tua Sebagai Usaha Pencegahan Syndrome Gadget pada Anak. Jurnal Selidik, 1(2), 23–39. https://ejurnal.org/index.php/selidik/article/view/11

Dewi, A. R. T, Mayasarokh, M., & Eva Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Hijriyani, S. Y., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 015. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636

Imron, R. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 13(2), 148. https://doi.org/10.26630/jkep.v13i2.922

Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645

Itsna, N. M., & Rofi’ah, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget pada Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 16(1), 60–70. https://doi.org/10.55352/uq.v16i1.254

Istiqomah, I. (2019). Peran Orang Tua dalam Menanggulangi Kecanduan Gadget pada Anak di Kelurahan Gotong Royong Tanjung Karang Bandar Lampung. Skripsi, 1–95. http://repository.radenintan.ac.id/8609/1/SKRIPSI_FULL.pdf

Izza, H. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 951. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483

Laily, I. N., & Chandra, R. D. A. (2021). Kajian Wacana Dampak Penggunaan Gadget (Gawai) Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 35–44. https://doi.org/10.24903/jw.v6i1.679

Maola, P. S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Education, 3(15), 219–225. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1403

Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77

Pebriana, P. H., (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Rais, M. G. A., & Aprianti, A. (2021). Peran Orangtua Dalam Menanggulangi Kecanduan Bermain Gadget Pada Anak Usia Prasekolah (studi Kasus Kelurahan Babakan Sari Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung). eProceedings of Management, 8(1), 675–690. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/14402

Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/428

Salaudin, O. (2021). Teknologi, Meningkatkan atau Memenjarakan Kreativitas Anak. Alineaku Publishing.

Sari, M., & Miranda, M. (2019). Dampak Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini (Studi Kasus Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Desa Panggoi Muara Dua Kota Lhokseumawe). Jurnal Saree, 1(Tahun), 100–116. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/saree/article/view/503

Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orang tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485

Suri, O. I., Anggraini, D., & Fitriani, W. (2021). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Pra Sekolah. Jurnal Kesehatan, 14(1), 6–12. http://ejournal.poltekkesternate.ac.id/ojs/index.php/juke/article/view/276

Syahyudin, D. (2020). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa. Gunahumas, 2(1), 272–282. https://doi.org/10.17509/ghm.v2i1.23048

Warisyah, Y. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pentingnya “Pendampingan Dialogis†Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Proseding Seminar Nasional Pendidikan, 2016(November 2015), 130–138. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/semnasdik2015/article/view/212

Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 29–34. https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/888

Witarsa, R., Hadi, R. S. M., Nurhananik, & Haerani, N. R. (2018). Pengaruh Peggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik, 1(1), 9–20. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/432

Downloads

Additional Files

Published

10-05-2023

How to Cite

Adwiah, A. R., & Diana, R. R. (2023). Strategi Orang Tua dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2463–2473. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3700

Issue

Section

Articles