Pengenalan Konsep Perkalian Menggunakan Media Rak Telur Rainbow pada Anak Usia Dini

Ihsan Maulana Maulana(1Mail), Yaswinda Yaswinda(2), Nurhamidah Nasution(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Ihsan Maulana Maulana

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.370

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-12-12
Published : 2020-01-07

Abstract


Matematika selama ini dianggap materi pembelajaran paling menyeramkan, sehingga banyak anak-anak kurang tertarik untuk mempelajarinya, salah satunya yaitu materi tentang perkalian.Oleh sebab itu pada pembelajaran di SD kelas rendah guru harus memberikan kondisi pembelajaran yang nyata.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak dalam pengenalan konsep bilangan pada anak usia 6-7 tahun di SD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan diuraikan dalam bentuk diskriptif. Berdasarkan Hasil penelitan menunjukkan bahwa pengenalan konsep perkalian menggunakan rak telur rainbow membuat siswa tidak takut lagi belajar matematika dan pembelajaran matematika jadi menyenangkan dan perkembangan kognitif siswa menjadi berkembang karena media rak telur rainbow ini memberikan bentuk konkrit dari konsep perkalian, yang salah satu konsepnya yaitu penjumlahan yang berulang.


Keywords


konsep perkalian; rak telur; rainbow

Article Metrics

 Abstract Views : 190 times
 PDF Downloaded : 30 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.