- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Eksistensi Storytelling Berbasis Cerita Rakyat sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Kepedulian Sosial Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3660Keywords:
cerita rakyat, karakter anak, kepedulian sosial, storytellingAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perubahan sikap anak berusia 5-6 tahun sebelum dan sesudah dilakukan storytelling. Jenis penelitian berupa penelitian kualitatif yang mengaplikasikan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dengan mengaplikasikan: tehnik observasi, wawancara beserta dokumentasi. Observasi terhadap aktivitas anak yang berjumlah 11 anak. Dari hasil penelitian terlihat anak cenderung antusias serta mendalami hal yang dikisahkan, rasa ingin tahu anak mengalami peningkatan, serta anak dapat menyesuaikan diri dengan temannya. Beberapa cerita rakyat yang disampaikan kepada anak sudah disederhanakan oleh guru agar isi cerita lebih ringkas dan mudah dipahami anak. Perubahan perilaku yang terlihat anak yang awalnya masih acuh dengan temannya setelah diberikan treatment storytelling anak mulai menunjukkan sikap tolong menolong, saling memberi, serta berkerja sama dengan teman. Nilai karakter kepedulian sosial dapat diperoleh dari kegiatan pembiasaan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari anak usia 5-6 tahun seperti bersedekah, berbagi dengan teman, mengajak anak bertanggung jawab, kerjasama dengan anak, bermain bersama teman. Karakter kasih sayang, tanggung jawab dan tolong menolong juga bisa dipupuk dari rumah.
Downloads
References
Aditia, H. R., Hamiyati, H., & Rusilanti, R. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepedulian Sosial Remaja. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 3(2), 89–93. https://doi.org/10.21009/JKKP.032.08
Amelia, D. (2021). Upaya Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Storytelling Slide and Sound. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(1), 22. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i1.948
Asyari, A., & Abidin, R. (2019). Gardening Sebagai Media Edukasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1715
Budiarti, E., Lesmana, D. E., Annisa, N., & ... (2022). Meningkatkan Kemampuan Sikap Empati Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Cerita Sejarah Islam. Journal Analytica Islamica, 11(2), 365–380. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/view/13914
Chalidaziah, W. (2018). Kondisi Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak X. Aá¹fÄlunÄ: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 24–28. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.771
Dhiu, K. D., & Fono, Y. M. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1328
Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062
Haerudin, D. A., & Cahyati, N. (2018). Penerapan Metode Storytelling Berbasis Cerita Rakyat dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 1–9. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/420
Hasanah, S. U., Hidayat, S., & Pranana, A. M. (2022). Analisis Penanaman Nilai Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Literasi Membaca Cerita Rakyat di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 282–288. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1628
Hendarwati, E., Wahono, & Setiawan, A. (2019). Implementasi Nilai Kejujuran Pada Anak Usia Dini Melalui Media Ular Tangga. Motoric: Media Of Teaching Oriented And Children, 3(1), 26–39. https://doi.org/10.31090/m.v3i1.884
Hidaya, N., & Aisna, Y. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa : Literature Review. Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 2(1), 11. https://doi.org/10.29300/hawapsga.v2i1.2793
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Jumini, Ali, M., & Miranda, D. (2015). Peningkatan Karakter Kepedulian Sosial Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(4). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9650
Kartini, Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Metode mendongeng kisah nabi dalam penanaman moral anak usia dini. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 13–28. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/5045
Kisyanto, E. (2022). Storytelling: Satu Paket Pengenalan Cerita Rakyat Nusantara dan Penanaman Pendidikan Karakter pada Siswa. Jurnal Seumubeuet, 1(3), 3–11. https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/yayasanmadinahjsmbt/article/view/467
Mulyaningtyas, R., & Etikasari, D. (2022). Muatan Nilai Karakter Dalam Cerita Rakyat Kiai Pacet Dan Rara Kembang Sore. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 6(1), 60. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2022.006.01.5
Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 44–53. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288
Rahayu, A. P., & Pangestika, M. P. (2022). MENDONGENG Organisasi untuk Kerja Sama dipublikasikan Badan Pusat Statistik. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/viewFile/12355/4711
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rusiyono, R., & Apriani, A.-N. (2020). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Pada Siswa SD. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 11. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).11-19
Salsabila, A. T., Astuti, D. Y., Hafidah, R., Nurjanah, N. E., & Jumiatmoko, J. (2021). Pengaruh Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 164–171. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.41747
Samiyah, S. S., & Anggraeni, C. A. (2021). Peningkatan Sikap Toleransi Melalui Kombinasi Model Direct Instruction, Metode Bercerita Dengan Cerita Rakyat Di Tk B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 52. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i2.4300
Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal Of Nursing Practice, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.16
Siregar, M. D., Yunitasari, D., & Partha, I. D. P. (2021). Model Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Jurnal Golden Age, 5(02), 139–146. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3385
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tarini, N. M. W. S., Putra, I. K. A., & Tirtayani, L. A. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Cerita Rakyat terhadap Perilaku Empati Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15044
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
Wahono, Asy’ari, & Abidin, R. (2018). Botani Sebagai Media Edukasi Upaya Mengembangkan Pengetahuan Lingkungan Sejak Dini Pada Siswa Tk Aisyiyah 52 Surabaya. Seminar Nasional Dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas, 2655–6189, 270–278. https://eprints.uad.ac.id/13552
Yolanda, C. (2020). Partisipasi orangtua dalam menumbuhkan minat anak belajar membaca taman kanak-kanak. Wahana Inovasi, 9(2), 107–112. #d=gs_qabs&u=%23p%3DRP1GZkqm2JoJhttps://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=partisipasi+orang+tua+dalam+menumbuhkan+minat+anak+belajar+membaca+taman+kanak-kanak&btnG=
Yolanda, W., & dkk. (2022). Efektivitas Metode Belajar Storytelling Untuk Meningkatkan Sosio-Emosional Anak Di Masa Pandemi Covid-19: Literature Review. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21–32. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/9547
Yuliastri Nur Adiyah, S. S. D. R. S., & Siti, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108
Yusra, Yunisari, D., & Qadri, M. (2020). Mengembangkan Nilai Kemandirian Anak Melalui Metode Bercerita Pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Buah Hati, 7(2), 211–223. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1147