Penggunaan TIK Berbasis Video Animasi dengan Metode Show And Tell pada Perkembangan Bahasa Anak

Author


Nurul Afifah(1Mail), Aristiana Prihatining Rahayu(2), Nina Veronica(3), Ratno Abidin(4),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia(3)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 823KB]

Published : 2023-08-12

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 476 times PDF Downloaded: 233 times

Abstract


Proses pemerolehan bahasa pada anak usia dini merupakan hal yang sangat penting dan menakjubkan dalam bidang linguistik, namun melalui observasi ditemukan metode yang diberikan untuk menstimulasi kemampuan bahasa pada lembaga pendidikan anak usia dini masih kurang beragam sehingga berpengaruh pada sebagian anak. Tulisan ini bertujuan menerapkan dan mengetahui pengaruh penggunaan TIK berbasis video animasi dengan metode show and tell terhadap kemampuan bahasa anak kelompok B. Menggunakan metode penelitian kuantitatif, pemilihan sampel dengan teknik sampling jenuh dengan jumlah populasi sama dengan dengan jumlah sampel yakni 12 anak kelompok B. Data didapatkan melalui hasil pre-test dan post-test. Pada penelitian ini dapat dibuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan TIK berbasis video animasi dengan metode show and tell terhadap kemampuan bahasa anak dalam kelompok kontrol yang ditunjukan dari hasil pre-test dan post-test, pada hasil post-test menunjukkan tidak ada lagi anak yang berada pada tahapan Belum Berkembang.


Keywords


anak usia dini; perkembangan bahasa; metode show and tell; video animasi

References


Abidin, R., & Kurniawati. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial pada Anak Usia Dini melalui Permainan Puzzle Cross Road Map. Pedagogi:Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 83–98. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/7703

Adam, M. J. (1999). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dengan Metode Bercerita. https://osf.io/kr5fw/download

Ambarwati, P. (2021). Pengaruh Film Animasi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak pada Usia 5-6 Tahun di Desa Kedung Boto Kecamatan Taman Sidoarjo. Angewandte Chemie International Edition, 1(11), 951–952. Ambarwati_D98216078.pdfhttp://digilib.uinsby.ac.id/45663/2/Putri

Arifin, A. W., & Pauweni, A. J. (2019). Peran Guru terhadap Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 1(2), 37–45. https://doi.org/10.37411/jecej.v1i2.57

Arum, R. P., Zarkasih Putro, K., Jatmiko, A., & Na’imah. (2022). Strategies to Improve Oral Communication Ability through Early Children’s Show and Tell Method. JOYCED: Journal of Early Childhood Education, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.14421/joyced.2022.21-01

Asy’ari. (2018). Botani Sebagai Media Edukasi Upaya Mengembangkan Pengetahuan Lingkungan Sejak Dini Pada Siswa Tk Aisyiyah 52 Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Pgpaud Fkip Uad, 23–36. https://repository.um-surabaya.ac.id/5246

Chaer, A., & Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Rineka Cipta.

Clark, E. V. (2023). Language development in the early years. In International Encyclopedia of Education(Fourth Edition): Vol. Fourth Edi (pp. 1–13). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818630-5.07040-8

Dananjaya, U. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Nuansa Cendekia.

Ita, E., Wewe, M., & Go.o, E. (2020). Analisis Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 174–186. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7317

Järnström, R. (2021). Supporting Language Development of Children with an Immigrant Background in Early Childhood Education. https://www.theseus.fi/handle/10024/509642

Kurniati, M., & Nuryani, N. (2020). Pengaruh Sosial Media Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun (Studi Pada Anak Speech Delay). Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(1), 29. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2494

Laela, I., Muliasari, D. N., & Silawati, E. (2019). Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Dalam Menceritakan Kembali Dengan Metode Show and Tell. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 76–82. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17441

Lestari, T., Yasbiati, Y., & Mustika, B. N. (2017). Penggunaan Metode Show and Tell untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 129–136. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7169

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Prenadamedia Groub.

Musfiroh, T. (2011). Show And Tell Edukatif Untuk Pengembangan Empati , Tadkiroatun Musfiroh Educative Show And Tell For Developing Empathy , Conflict Resolution Affiliation , And Positive Habits Of. Jurnal Kependidikan, 41(2), 129–143. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/2219

Nazla, T., & Fitria, N. (2021). Pengembangan Kepercayaan Diri Melalui Metode Show and Tell Pada Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 31. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.590

Rahayu, A. P., Pangestika, M. P., Paud, P. G., Universitas, F., & Surabaya, M. (2022). Mendongeng: Organisasi untuk Kerja Sama dipublikasikan Badan Pusat Statistik. 22(1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/viewFile/12355/4711

Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 47. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423

Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol 6(no 4), 429–439. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23606

Restiyani. (2013). Hubungan Pola Asuh Dengan Perkembangan Bicara Anak Usia 4-5 Tahun Tk Al-Falah mempawah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(2). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1144

Romadhini, N. E., & Julianto, J. U. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Show and Tell Diiringi Musik terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai, 05(02), 39–43. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/18884

Sa’ida, N. (2018). Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 16. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1937

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidika. Prenada Media Group.

Sembiante, S. F., Bengochea, A., & Gort, M. (2020). “Want me to show you?”: Emergent bilingual preschoolers’ multimodal resourcing in show-and-tell activity. Linguistics and Education, 55. https://doi.org/10.1016/j.linged.2019.100794

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588

Suryana, D. D. M. P. (2007). Dasar-Dasar Pendidikan TK. In Hakikat Anak Usia Dini (Vol. 1, pp. 1–65).

Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Veronica, N., & Gupita, N. (2020). Electronic media and language development of early childhood. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012106

Wahidah, F. A. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. Jurnal Pendidikan, 4(1), 44–62. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/japra/article/view/10940/pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.