Media Hydro Tubewulan Sebagai Penyalur Limbah Air Rumah Tangga dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis pada Anak

Author


Heny Wulandari(1Mail), Haris Budiman(2),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 839KB]  Language: id
Published : 2023-01-24
Copyright (c) 2023 Heny Wulandari, Haris Budiman

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 14 times PDF Downloaded: 2 times

Abstract


Pengembangan media Hydro tubewulan diharapkan menjadi solusi dalam pemanfaattan air limbah rumah tangga yang dapat diolah kembali menjadi air bersih dan dimanfaatkan untuk bercocok tanam, hal ini juga dapat dikenalkan pada anak usia dini dalam upaya mengembangkan kesadaran anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan Media Hydro Tubewulan Sebagai Penyalur Limbah Air Rumah Tangga dalam mengembangkan kecerdasan naturalis sebagai upaya pelestarian lingkungan pada anak melalui kegiatan bercocok tanam. Penelitain ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D), adalah proses pengembangan dan validasi produk pendidikan. Desain Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE, yang merupakan salah satu model pengembangan dari Research and Development Implementation valuation. Hasil validasi ahli media dan ahli materi dapat dikatakan media pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini ini memenuhi unsur aspek pendidkan, aspek tampilan, baik dan layak. Validasi ahli media mendapatkan nilai A dengan skor rata-rata 3,8 dengan kriteria sangat baik


Keywords


hydro tubewulan; kecerdasan naturalistik; limbah air

References


Agus, S., & Meida, P. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Metode Karyawisata. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 35–42. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3342

Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898

Aprilianti, R., Septiani, S., Sebelas April, U., & PGRI Mekar Wangi, T. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pendekatan Saintifik. Universitas Hamzanwadi, 5(02), 393–407. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3962

Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65

Dewi, E. A. S., & Yazid, S. (2017). Tata Kelola Remitansi Buruh Migran Indonesia oleh Pemangku Kepentingan di Tingkat Nasional dan Akar Rumput: Praktik Baik, Peluang dan Tantangan. Jurnal Hubungan Internasional, 6(2). https://doi.org/10.18196/hi.62116

Fadli, A. (2021). Tahun 2030 Bakal Terjadi Krisis Air, Teknologi Smart Water Diperlukan. Kompas.Com. https://properti.kompas.com/read/2021/03/16/200017521/tahun-2030-bakal-terjadi-krisis-air-teknologi-smart-water-diperlukan

Fajri, Z., Toba, R., Muali, C., Ulfah, M., & Zahro, F. (2022). The Implications of Naturalist Illustration Image Media on Early Childhood Learning Concentration and Motivation. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3278–3290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2092

Firman, W., & Anhusadar, L. O. (2022). Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. KIDDO : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 28–37. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/article/view/6721

Herwati, Y. (2019). Pengaruh Permainan Ludo Bergambar Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak di Taman Kanak-kanak Tunas Bangsa Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 428. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.358

Isyanto, H., Ibrahim, W., & Rizky, A. (2021). Rancang Pengolah Air Limbah Rumah Tangga Menggunakan Sistem Elektrokoagulasi. RESISTOR (Elektronika Kendali Telekomunikasi Tenaga Listrik Komputer), 4(1), 43. https://doi.org/10.24853/resistor.4.1.43-46

Jumriatin, J., & Anhusadar, L. (2022). Finger Painting Dalam Menstimulus Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak USia Dini, 4(1), 1–23. https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/view/815

Lailatul Mufridah, G., & Mufarochah, S. (2021). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keenam Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Memakai Media Balok Di Ra Lukman Al Hakim Lidah Wetan Lakarsantri Surabaya. Al-Abyadh, 4(2), 110–115. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.366

Latifah, C. N., & Prasetyo, I. (2019). Effectiveness of Educational Game for the Intelligence of Early Childhood Naturalist. Proceedings of the International Conference on Special and Inclusive Education (ICSIE 2018), 296(Icsie 2018), 310–314. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.56

Lestari, F., Susanto, T., & Kastamto, K. (2021). Pemanenan air hujan sebagai penyediaan air bersih pada era new normal di kelurahan susunan baru. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 427. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4447

Ma’ruf, F. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Flash Sebagai Sarana Belajar Siswa PAUD. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 143–147. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.68

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.22-31

Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217

Rahmawati Suharsono, Murrinie, E. D., & Widjanarko, M. (2022). The Effect of The Ecoprint Learning Approach Based on Natural Materials on the Improvement of Naturalist Intelligence of Kindergarten Students. Uniglobal of Journal Social Sciences and Humanities, 1(1), 6–14. https://ujssh.com/index.php/ujssh/article/view/2

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2), 122. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130

Sadiku, M. N. O., & Musa, S. M. (2021). Naturalistic Intelligence. In A Primer on Multiple Intelligences (pp. 31–42). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-77584-1_3

Saleh, R. (2022). Kerja Sama Orang Tua dan Pendidik dalam Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.70

Saripudin, A. (2017). Strategi pengembangan kecerdasan naturalis pada anak usia dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394

Shafira, D., Armanila, A., & Siregar, I. K. (2022). Hubungan Interior Ruang Belajar dan Bermain Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood and Character Education, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.21580/joecce.v2i1.10261

Shaleh, M., Batmang, B., & Anhusadar, L. (2022). Kolaborasi Orang Tua dan Pendidik dalam Menstimulus Perkembangan Keaksaraan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4726–4734. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2742

Sudiyono. (2012). Pengelolaan sumberdaya air di Kabupaten Lombok Barat: sebuah potret implementasi kebijakan ekonomi hijau. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 14(10), 571–598. https://jmb.lipi.go.id/jmb/article/view/106

Taroreh, B. S. (2017). Development Model Approach Through Exercise Kinesthetic Game Circuit For Children Ages 4-6 Years. Jipes - Journal Of Indonesian Physical Education And Sport, 3(1), 41. https://doi.org/10.21009/JIPES.031.06

Utama, A. (2019). Jawa “Kehabisan Air” Tahun 2040: Ratusan Juta Orang Terancam Bencana yang “Tak Pernah Terbayangkan.” Bbc.Com.

Utami, F. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 551. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.314

Wulandari, H., Komariah, K., & Nabilla, W. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 78–89. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.91

Zahriani Jf, N., & Sukiman, S. (2020). Pengembangan Media Flipchart Bertemakan Kelestarian Alam Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalis Anak Di Tkit Zia Salsabila Medan. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 88. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i1.5880


Refbacks

  • There are currently no refbacks.