Pengembangan Media Video Animasi 2D Materi Regulasi Diri untuk Masa Transisi ke SD

Author


Hasmalena Hasmalena(1Mail), Syafdaningsih Syafdaningsih(2), Laihat Laihat(3), Nina Kurniah(4), Dara Zulaiha(5), Rina Rahayu Siregar(6), Lia Dwi Ayu Pagarwati(7), Tri Noviyanti(8),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sriwijaya, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bengkulu, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(6)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(7)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(8)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 555KB]

Published : 2023-02-06

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 816 times PDF Downloaded: 420 times

Abstract


Peralihan ke Sekolah Dasar (SD) adalah proses penyesuaian lingkungan untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan dasar yang akan diterimanya setelah Taman Kanak-Kanak (TK). Karena lingkungan di Sekolah Dasar (SD) berbeda dengan lingkungan di TK, anak usia dini harus memiliki regulasi diri yang kuat agar siap memasuki TK. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan cara baru dalam mengajar dan menggunakan video animasi 2D untuk membantu orang tua mengetahui apakah anak mereka siap untuk pindah dari PAUD ke SD. Penelitian dan pengembangan (R&D) adalah pendekatan yang lebih disukai saat menggunakan pendekatan model ADDIE. Tahapan penelitian ini adalah sebagai berikut: analisis kebutuhan; menyusun rencana; produksi barang; evaluasi; dan implementasinya. Kuesioner Validator dan metode pengumpulan data mengungkapkan bahwa hasil validasi media video animasi memiliki persentase sebesar 3,91%, sedangkan hasil validasi konten video animasi memiliki persentase sebesar 3,81%. untuk menghitung rata-rata hasil validasi materi dan video animasi, serta mengujinya pada anak-anak dari segi visual, bahasa, audio, pemrograman, tampilan, dan isi/materi.


Keywords


masa transisi ke sd; regulasi diri; video animasi

References


Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 50–58. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72

Ali, M., & Asrori, M. (2019). Metodologi dan aplikasi riset pendidikan (2nd ed.). PT Bumi Aksara.

Anggraini, F. (2016). Pengembangan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia Berbasis Barang Bekas Pada Siswa SMP N 1 Bandar Lampung. Jurnal Bandar Lampung FKIP Biologi Lampung, 1(1), 20–21. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/14637

Antika, H., Priyanto, W., & Purnamasari, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Sandisko Dengan Model Somatic Auditory Visualization Intellectually Terhadap Hasil Belajar Tema Kebersamaan Kelas 2. Mimbar Ilmu, 24(2), 247. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21288

Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319

Ayu, N. K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498

Cassoni, C., Marturano, E. M., Fontaine, A. M., & Leme, V. B. R. (2020). School context in the transition from the early years to the final years of elementary education. Estudos de Psicologia (Campinas), 37. https://doi.org/10.1590/1982-0275202037e190049

Chandra, A., & Sairah, S. (2022). Implementasi Tiger Parenting dan Regulasi Emosi Orang Tua terhadap Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4538–4546. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2483

Deliviana, E. (2017). Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah Dasar. Jdp, 10(2), 119–133.

Destrinelli, D. (2017). Pengaruh Pemberian Hadiah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 124–139. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6822

Dey Putri, L. A., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 715. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438

Faridah, I., Rachmawaty, M., Maryati, S., Adiarti, W., & Zukhairina. (2021). Bahan Ajar Program Transisi Paud-Sd.

Fuadia, N. N. (2020). Parenting Strategy for Enhancing Children’s Self-Regulated Learning. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(1), 109–124. https://doi.org/10.21009/141.08

Jafarov, J. (2015). Factors Affecting Parental Involvement in Education: The Analysis of Literature. Khazar Journal of Humanities and Social Sciences, 18(4), 35–44. https://doi.org/10.5782/2223-2621.2015.18.4.35

Jindal-Snape, D., Symonds, J. E., Hannah, E. F. S., & Barlow, W. (2021). Conceptualising Primary-Secondary School Transitions: A Systematic Mapping Review of Worldviews, Theories and Frameworks. In Frontiers in Education (Vol. 6, Issue March, pp. 1–15). https://doi.org/10.3389/feduc.2021.540027

Kocayörük, E. (2016). Parental Involvement and School Achievement. International Journal of Human and Behavioral Science, 2(2). https://doi.org/10.19148/ijhbs.65987

Magwa, S., & Mugari, S. (2017). Factors Affecting Parental Involvement in the Schooling of Children. International Journal of Research and Reflection, 5(1), 74–81. www.idpublications.org

McDowell, K., Jack, A., & Compton, M. (2018). Parent Involvement in Pre-Kindergarten and the Effects on Student Achievement. The Advocate, 23(6). https://doi.org/10.4148/2637-4552.1004

Nugraheni, A., Rahmawati, A., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Kesiapan Sekolah Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(3), 162. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.51491

Pratiwi, W. (2018). Kesiapan Anak Usia Dini Memasuki Sekolah Dasar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 1–13. http://www.m.kompasiana.com/eva_sadrina/kematangan-

Rahmawati, A., Tairas, M. M. W., & Nawangsari, N. A. F. (2018). Profil Kesiapan Sekolah Anak Memasuki Sekolah Dasar. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 201–210. https://doi.org/10.21009/jpud.122.01

Sa’ida, N. (2018). Perkembangan Regulasi Diri Anak Usia Dini: Peranan Kemampuan Berbahasa dan Regulasi Diri pada Pembelajaran. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 110–115. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4884

Yu, Y. H., Hu, Y. N., & Zhang, J. S. (2013). A research on reading model of interactive children picture book application based on the theory of “zone of proximal development.” Applied Mechanics and Materials, 411414(4), 2952–2956. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.411-414.2952

Yuliani, D., Antara, P. A., & Magta, M. (2017). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 96–105. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/11309/12956

Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 329–339. https://doi.org/10.1037/0022-0663.81.3.329


Refbacks

  • There are currently no refbacks.