Abstract


Pada riset awal ada beberapa hal yang peneliti temui yang melatar belakangi adanya penelitian ini. Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan, Peneliti melihat penggunaan Bahan Ajar Motorik Halus Berbasis Pendekatan Tematik masih rendah dikalangan PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar motorik halus berbasis pendekatan tematik. Melalui penelitian dengan metode R & D (Research and Development) model ADDIE, yakni dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation peneliti perlu memecahkan masalah yang terjadi pada pengembangan motorik halus yang Subjek penelitian ini yaitu anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Tanjung Baru. Dengan menggunakan angket sebagai pengumpulan datanya. Pengembangan bahan ajar ini mempunyai hasil validasi media dan materi dengan kriteria sangat valid. Validasi praktikalitas dengan kriteria sangat praktis. Pengembangan bahan ajar motorik halus berbasis pendekatan tematik dinyatakan efektif sebagai media pembelajaran. Dengan demikian pengembangan bahan ajar motorik halus berbasis pendekatan tematik yang dilaksanakan di TK dinyatakan valid, praktis, dan efektif.


Keywords


bahan ajar; motorik halus; pendekatan tematik; paud; anak usia dini