Author
Desni Yuniarni(1), Andini Linarsih(2), Dian Miranda(3), Halida Halida(4), Sesilia Seli(5),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia(3)
Bimbingan Konseling, Universitas Tanjungpura, Indonesia(4)
Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Tanjungpura, Indonesia(5)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-01-30
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 704 times PDF Downloaded: 435 timesAbstract
Penyelenggaraan pendidikan inklusi bertujuan untuk memfasilitasi pendidikan bagi setiap anak dengan berbagai karakteristik kemampuannya. Guru sebagai pendidik anak usia dini perlu memilikibagaimana pandangan pendidikan inklusif itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru Taman Kanak-Kanak dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kota Pontianak menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan kuesioner. Sampelnya adalah 147 guru Taman Kanak-kanak di Kota Pontianak, dengan uji validitas menggunakan validitas konstruk pendapat ahli. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi guru TK terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusi di Kota Pontianak cukup baik, tujuan penyelenggaraan pendidikan inklusi di Kota Pontianak cukup baik dan fasilitas dan Inklusi infrastruktur pendidikan di Kota Pontianak tergolong baik
Keywords
References
Abdul Rahim. (2016). Pendidikan Inklusif Sebagai Strategi dalam Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 68–71. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/819
Amor, A. M., Hagiwara, M., Shogren, K. A., Thompson, J. R., Verdugo, M. Á., Burke, K. M., & Aguayo, V. (2018). International perspectives and trends in research on inclusive education: a systematic review. International Journal of Inclusive Education, 23(12), 1277–1295. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1445304
Anwariningsih, S. H., & Ernawati, S. (2015). PAUD Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Dian Mas, 4(2), 83–90. https://jurnaldianmas.org/index.php/Dianmas/article/view/36
Arum, S. K., Widyastono, H., & Sunardi. (2020). Pendidikan Inklusi Sebagai Solusi Pendidikan Untuk Semua (Penerapan Pendidikan Inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta). Journal of Biology, Education, Science and Technology, 3(1), 120–126. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2487
Ayibah, G., Andari, S., Pd, S., & Pd, M. (2022). Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri Gayungan Ii/423 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(3), 566–574. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48742
Azizah, A. N., Adriany, V., & Romadona, N. F. (2019). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Lembaga Paud. Edukid, 16(2), 109–120. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19830
Booth, T. (2003). Overcoming Exclusion Through Inclusive Approaches In Education A Challenge&A Vision Overcoming Exclusion Through Inclusive Approaches In Education. UNESCO.
Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2003). Pelaksanaan sekolah inklusi di Indonesia [The implementation of inclusive schools in Indonesia]. Prosiding KS:Riset & PKM, 2(2), 223–227. https://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/13530/6317
Efendi, H. (2019). Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Sekolah Inklusi Dalam Rangka Mewujudkan Mutu Hasil Belajar Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Seminar Nasional, September, 137–145. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp/article/view/5459
Erlita, B., Anggadewi, T., & Evanjeli, A. (2022). Persepsi guru terhadap sistem pembelajaran inklusi di sekolah dasar. Jurnal Psikologi Udayana, 9(2), 140–147. https://doi.org/10.24843/JPU/2022.v09.i02.p04
Fitrianasari, H., & Budiyanto. (2015). Persepsi guru terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif sesuai latar pendidikan di Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(2), 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/12355
Froiland, J. M., & Davison, M. L. (2020). Social perception: relationships with general intelligence, working memory, processing speed, visual-spatial ability, and verbal comprehension. Educational Psychology, 40(6), 750–766. https://doi.org/10.1080/01443410.2020.1732873
Handaini, M., & Zulfah. (2021). Penerapan e-Learning melalui Media Schoology untuk Meningkatkan Motiasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Tapung. Mathema Journal, 3(1). https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.993
Harahap, D., & Hastina, N. (2019). Model Kelas Penyelenggara Pendidikan Inklusif di SDN Medan. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(1), 17–24. https://doi.org/10.17977/um009v28i12019p017
Haryono, Ahmad Syaifudin, S. W. (2015). Evaluasi Pendidikan Inklusif Bagi Anakberkebutuhan Khusus (ABK) di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32, 119–126. https://repository.usd.ac.id/44680
Hastari, Y. N., & Sujana, I. W. (2020). Pelaksanaan Program PAUD Inklusi Berbasis Pendidikan Islam: Studi Kasus di RA Anak Emas. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 469–476. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/29419
Iskandar, R., Satriyani, F. Y., & Munajah, R. (2018). Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri Lebak Bulus 06 Pagi Dki Jakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 1(01). https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v1i01.74
Jannah, A. M., Setiyowati, A., Lathif, K. H., Devi, N. D., & Akhmad, F. (2021). Model Layanan Pendidikan Inklusif Di Indonesia. ANWARUL : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 1, 121–136. https://doi.org/10.58578/alsys.v1i1.30
Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099
Khori, & Ahmad, M. (2021). Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar di Sekolah Dasar, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i1.651
Mustafa, Murniati, A., & Niswanto. (2018). Manajemen Sarana Pendidikan Pada Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus Di Sdlb Ytc Kutablang Kabupaten Bireuen. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 6(1), 12–17. https://core.ac.uk/download/pdf/295355073.pdf
Praktiningrum, N. (2010). Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus. In JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) (Vol. 7, Issue 2, pp. 32–39). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/774
Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 237–242. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7725
Republik Indonesia. (2020) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Sistem Pendidikan Nasional.
Sulistiyaningsih, R., & Handayani, M. M. (2018). Analisis Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Berdasarkan Index for Inclusion. Happiness, Journal of …, 2(2), 67–81. https://ojs.iainkediri.ac.id/index.php/happiness/article/view/1398
Suparno. (2010). Pendidikan Inklusi untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/775
Tamela, B., Bungai, J., & Kartiwa, J. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Multi Situs di SDN-4 Palangka dan SDN-3 Langkai Kota Palangka Raya). Journal of Environment and Management, 1(2), 134–142. https://doi.org/10.37304/jem.v1i2.1750
Van Mieghem, A., Verschueren, K., Petry, K., & Struyf, E. (2020). An analysis of research on inclusive education: a systematic search and meta review Aster Van Mieghem. International Journal of Inclusive Education, 24(6), 1–18. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1482012
Refbacks
- There are currently no refbacks.