Persepsi Guru TK terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Kota Pontianak

Author


Desni Yuniarni(1Mail), Andini Linarsih(2), Dian Miranda(3), Halida Halida(4), Sesilia Seli(5),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia(3)
Bimbingan Konseling, Universitas Tanjungpura, Indonesia(4)
Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Tanjungpura, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 326KB]

Published : 2023-01-30

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 704 times PDF Downloaded: 435 times

Abstract


Penyelenggaraan pendidikan inklusi bertujuan untuk memfasilitasi pendidikan bagi setiap anak dengan berbagai karakteristik kemampuannya. Guru sebagai pendidik anak usia dini perlu memilikibagaimana pandangan pendidikan inklusif itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru Taman Kanak-Kanak dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kota Pontianak menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan kuesioner. Sampelnya adalah 147 guru Taman Kanak-kanak di Kota Pontianak, dengan uji validitas menggunakan validitas konstruk pendapat ahli. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi guru TK terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusi di Kota Pontianak cukup baik, tujuan penyelenggaraan pendidikan inklusi di Kota Pontianak cukup baik dan fasilitas dan Inklusi infrastruktur pendidikan di Kota Pontianak tergolong baik


Keywords


pendidikan inklusi; persepsi guru tk; pendidikan anak usia dini

References


Abdul Rahim. (2016). Pendidikan Inklusif Sebagai Strategi dalam Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 68–71. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/819

Amor, A. M., Hagiwara, M., Shogren, K. A., Thompson, J. R., Verdugo, M. Á., Burke, K. M., & Aguayo, V. (2018). International perspectives and trends in research on inclusive education: a systematic review. International Journal of Inclusive Education, 23(12), 1277–1295. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1445304

Anwariningsih, S. H., & Ernawati, S. (2015). PAUD Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Dian Mas, 4(2), 83–90. https://jurnaldianmas.org/index.php/Dianmas/article/view/36

Arum, S. K., Widyastono, H., & Sunardi. (2020). Pendidikan Inklusi Sebagai Solusi Pendidikan Untuk Semua (Penerapan Pendidikan Inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta). Journal of Biology, Education, Science and Technology, 3(1), 120–126. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2487

Ayibah, G., Andari, S., Pd, S., & Pd, M. (2022). Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri Gayungan Ii/423 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(3), 566–574. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48742

Azizah, A. N., Adriany, V., & Romadona, N. F. (2019). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Lembaga Paud. Edukid, 16(2), 109–120. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19830

Booth, T. (2003). Overcoming Exclusion Through Inclusive Approaches In Education A Challenge&A Vision Overcoming Exclusion Through Inclusive Approaches In Education. UNESCO.

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2003). Pelaksanaan sekolah inklusi di Indonesia [The implementation of inclusive schools in Indonesia]. Prosiding KS:Riset & PKM, 2(2), 223–227. https://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/13530/6317

Efendi, H. (2019). Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Sekolah Inklusi Dalam Rangka Mewujudkan Mutu Hasil Belajar Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Seminar Nasional, September, 137–145. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp/article/view/5459

Erlita, B., Anggadewi, T., & Evanjeli, A. (2022). Persepsi guru terhadap sistem pembelajaran inklusi di sekolah dasar. Jurnal Psikologi Udayana, 9(2), 140–147. https://doi.org/10.24843/JPU/2022.v09.i02.p04

Fitrianasari, H., & Budiyanto. (2015). Persepsi guru terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif sesuai latar pendidikan di Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(2), 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/12355

Froiland, J. M., & Davison, M. L. (2020). Social perception: relationships with general intelligence, working memory, processing speed, visual-spatial ability, and verbal comprehension. Educational Psychology, 40(6), 750–766. https://doi.org/10.1080/01443410.2020.1732873

Handaini, M., & Zulfah. (2021). Penerapan e-Learning melalui Media Schoology untuk Meningkatkan Motiasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Tapung. Mathema Journal, 3(1). https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.993

Harahap, D., & Hastina, N. (2019). Model Kelas Penyelenggara Pendidikan Inklusif di SDN Medan. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(1), 17–24. https://doi.org/10.17977/um009v28i12019p017

Haryono, Ahmad Syaifudin, S. W. (2015). Evaluasi Pendidikan Inklusif Bagi Anakberkebutuhan Khusus (ABK) di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32, 119–126. https://repository.usd.ac.id/44680

Hastari, Y. N., & Sujana, I. W. (2020). Pelaksanaan Program PAUD Inklusi Berbasis Pendidikan Islam: Studi Kasus di RA Anak Emas. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 469–476. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/29419

Iskandar, R., Satriyani, F. Y., & Munajah, R. (2018). Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri Lebak Bulus 06 Pagi Dki Jakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 1(01). https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v1i01.74

Jannah, A. M., Setiyowati, A., Lathif, K. H., Devi, N. D., & Akhmad, F. (2021). Model Layanan Pendidikan Inklusif Di Indonesia. ANWARUL : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 1, 121–136. https://doi.org/10.58578/alsys.v1i1.30

Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099

Khori, & Ahmad, M. (2021). Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar di Sekolah Dasar, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i1.651

Mustafa, Murniati, A., & Niswanto. (2018). Manajemen Sarana Pendidikan Pada Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus Di Sdlb Ytc Kutablang Kabupaten Bireuen. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 6(1), 12–17. https://core.ac.uk/download/pdf/295355073.pdf

Praktiningrum, N. (2010). Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus. In JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) (Vol. 7, Issue 2, pp. 32–39). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/774

Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 237–242. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7725

Republik Indonesia. (2020) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Sistem Pendidikan Nasional.

Sulistiyaningsih, R., & Handayani, M. M. (2018). Analisis Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Berdasarkan Index for Inclusion. Happiness, Journal of …, 2(2), 67–81. https://ojs.iainkediri.ac.id/index.php/happiness/article/view/1398

Suparno. (2010). Pendidikan Inklusi untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/775

Tamela, B., Bungai, J., & Kartiwa, J. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Multi Situs di SDN-4 Palangka dan SDN-3 Langkai Kota Palangka Raya). Journal of Environment and Management, 1(2), 134–142. https://doi.org/10.37304/jem.v1i2.1750

Van Mieghem, A., Verschueren, K., Petry, K., & Struyf, E. (2020). An analysis of research on inclusive education: a systematic search and meta review Aster Van Mieghem. International Journal of Inclusive Education, 24(6), 1–18. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1482012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.