- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Hambatan Penggunaan TIK dalam Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19 Tahap II di Papua
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3597Keywords:
anak usia dini, hambatan penggunaan tik, pandemi covid-19Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya penggunaan Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi covid-19 tahap II di Papua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan penggunaan TIK dalam pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi covid-19 tahap II di Papua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah guru PAUD sebanyak 56 orang yang berasal dari 40 lembaga PAUD dan tersebar di 10 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Papua dan Papua barat. Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya hambatan penggunaan TIK diantaranya berkaitan dengan terbatasnya sarana dan prasarana, kurangnya kemampuan menggunakan TIK, kesulitan mengakses materi/bahan ajar, kesulitan menentukan dan menggunakan metode pembelajaran, kesulitan komunikasi, serta kesulitan dalam melakukan penilaian. Implikasi penelitian ini diantaranya: 1) Memberikan informasi yang akurat tentang hambatan penggunaan TIK yang dialami guru dalam pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi covid-19 tahap II di Papua sehingga pemangku kebijakan dapat membuat suatu kerangka pelatihan guru dan pemenuhan sarana dan prasarana pembelajaran online untuk anak usia dini.
Downloads
References
Abroto, Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632–1638. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.971
Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2021). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 28–37. https://doi.org/10.30651/else.v1i2a.1041
Andrisyah, & Ismiatun, A. N. (2021). The Impact of Distance Learning Implementation in Early Childhood Education Teacher Profesional Competence. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1815–1824. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1009
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Arie, K. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Untuk Pembelajaran Di Smp Negeri 5 Ponorogo, Jawa Timur. Jurnal Teknodik, 55–64. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.369
Buabeng, C., & Andoh. (2012). Factors influencing teachers’ adoption and integration of information and communication technology into teaching: A review of the literature. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology (IJEDICT), 8(1), 136–155. http://ijedict.dec.uwi.edu/viewissue.php?id=31#Literature_Reviews
Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21–30. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v2i6.130
Febrialismanto. (2021). Perbedaan Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1603–1615. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.743
Gunawan, Z., Pfis, M., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Raden, I., & Lampung, I. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(1), 71–78. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v3i1.67
Harahap, S. A., Dimyati, & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Hashemi, A., Si Na, K., Noori, A. Q., & Orfan, S. N. (2022). Gender differences on the acceptance and barriers of ICT use in English language learning: Students’ perspectives. Http://Www.Editorialmanager.Com/Cogenthumanities, 9(1), 1–20. https://doi.org/10.1080/23311983.2022.2085381
Hasibuan, R., & Rakhmawati, N. I. S. (2021). Information & Communication Technology in Shaping Character During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1930–1942. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.594
Hudayati, N., Andayani, Y., & Junaidi, E. (2021). Pengaruh Persepsi Guru Tentang TIK Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran IPA SMA/MA Se-Kecamatan Gerung. Chemistry Education Practice, 4(1), 84–89. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2233
Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192. https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i2.1917
Istiyarti. (2014). Pemanfaatan Tik Untuk Pembelajaran. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 63–70. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n1.p63--70
Kristiawan, M., Aminudin, N., & Rizki, F. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Online bagi Calon Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1905–1914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942
Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940
Lestari, I., & Pratama, M. H. (2020). Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran dan Sumber Belajar oleh Guru TIK. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(2), 95–102. https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i2.2634
Lestari, S. (2015). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN TIK OLEH GURU. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), 121–134. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v3n2.p121--134
Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4381
Nasution, R. H., Hapidin, & Fridani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411
Ngandeu, J. B. (2020). Dealing with barriers to the integration of Computer Assisted Language Learning in an African Context: Is the TPACK framework enough? An analysis of ICT integration in a low tech context. Per Linguam, 36(2), 90–103. https://doi.org/10.5785/36-2-947
Nurvitasari, E. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Oleh Guru Dalam Pembelajaran Kimia Sma Di Distrik Merauke. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 048–061. https://doi.org/10.35724/magistra.v5i1.722
Permadi, A. S., Arna, P., & Jailani, M. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 16–21. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i1.2071
Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1667–1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873
Rahiem, M. D. H. (2020). Technological Barriers and Challenges in the Use of ICT during the COVID-19 Emergency Remote Learning. Universal Journal of Educational Research, 8(11B), 6124–6133. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082248
Rathnayake, T. (2018). Pioneer ICT as a learning aid for visually impaired undergraduates in Sri Lankan State Universities: Breaking barriers to the nowledge society. 2017 National Information Technology Conference, NITC 2017, 8 Februari, 75–79. https://doi.org/10.1109/nitc.2017.8285659
Restiyani, R., Juanengsih, N., & Herlanti, Y. (2014). Profil Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Media Dan Sumber Pembelajaran Oleh Guru Biologi. EDUSAINS, 6(1), 49–66. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1100
Rivalina, R., Siahaan, S., Bidang, P., & Pembelajaran, T. (2020). Pemanfaatan Tik Dalam Pembelajaran: Kearah Pembelajaran Berpusat Pada Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 73–87. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.690
Rosnaeni, & Prastowo, A. (2021). Kendala Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid -19 : Kasus di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone. Jurnal Basicedu, 5(4), 2241–2246. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1151
Siahaan, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran: Peluang, Tantangan, Dan Harapan. Jurnal Teknodik, 321–332. https://doi.org/10.32550/teknodik.v19i3.173
Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437
Widyastono, H. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Akreditasi A Di Provinsi Jawa Timur. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 21–38. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n1.p21--38