Analisis Hambatan Penggunaan TIK dalam Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19 Tahap II di Papua

Authors

  • Sirjon Sirjon Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Agustinus Tandilo Mamma Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Erna Olua Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Cenderawasih, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3597

Keywords:

anak usia dini, hambatan penggunaan tik, pandemi covid-19

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya penggunaan Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi covid-19 tahap II di Papua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan penggunaan TIK dalam pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi covid-19 tahap II di Papua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah guru PAUD sebanyak 56 orang yang berasal dari 40 lembaga PAUD dan tersebar di 10 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Papua dan Papua barat. Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya hambatan penggunaan TIK diantaranya berkaitan dengan terbatasnya sarana dan prasarana, kurangnya kemampuan menggunakan TIK, kesulitan mengakses materi/bahan ajar, kesulitan menentukan dan menggunakan metode pembelajaran, kesulitan komunikasi, serta kesulitan dalam melakukan penilaian. Implikasi penelitian ini diantaranya: 1) Memberikan informasi yang akurat tentang hambatan penggunaan TIK yang dialami guru dalam pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi covid-19 tahap II di Papua sehingga pemangku kebijakan dapat membuat suatu kerangka pelatihan guru dan pemenuhan sarana dan prasarana pembelajaran online untuk anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sirjon Sirjon, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Cenderawasih

Dosen Program Studi PG PAUD

Agustinus Tandilo Mamma, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Cenderawasih

Dosen Program Studi PG PAUD

Erna Olua, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Cenderawasih

Dosen Program Studi PG PAUD

References

Abroto, Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632–1638. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.971

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2021). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 28–37. https://doi.org/10.30651/else.v1i2a.1041

Andrisyah, & Ismiatun, A. N. (2021). The Impact of Distance Learning Implementation in Early Childhood Education Teacher Profesional Competence. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1815–1824. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1009

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Arie, K. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Untuk Pembelajaran Di Smp Negeri 5 Ponorogo, Jawa Timur. Jurnal Teknodik, 55–64. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.369

Buabeng, C., & Andoh. (2012). Factors influencing teachers’ adoption and integration of information and communication technology into teaching: A review of the literature. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology (IJEDICT), 8(1), 136–155. http://ijedict.dec.uwi.edu/viewissue.php?id=31#Literature_Reviews

Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21–30. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v2i6.130

Febrialismanto. (2021). Perbedaan Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1603–1615. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.743

Gunawan, Z., Pfis, M., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Raden, I., & Lampung, I. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(1), 71–78. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v3i1.67

Harahap, S. A., Dimyati, & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Hashemi, A., Si Na, K., Noori, A. Q., & Orfan, S. N. (2022). Gender differences on the acceptance and barriers of ICT use in English language learning: Students’ perspectives. Http://Www.Editorialmanager.Com/Cogenthumanities, 9(1), 1–20. https://doi.org/10.1080/23311983.2022.2085381

Hasibuan, R., & Rakhmawati, N. I. S. (2021). Information & Communication Technology in Shaping Character During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1930–1942. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.594

Hudayati, N., Andayani, Y., & Junaidi, E. (2021). Pengaruh Persepsi Guru Tentang TIK Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran IPA SMA/MA Se-Kecamatan Gerung. Chemistry Education Practice, 4(1), 84–89. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2233

Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192. https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i2.1917

Istiyarti. (2014). Pemanfaatan Tik Untuk Pembelajaran. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 63–70. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n1.p63--70

Kristiawan, M., Aminudin, N., & Rizki, F. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Online bagi Calon Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1905–1914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940

Lestari, I., & Pratama, M. H. (2020). Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran dan Sumber Belajar oleh Guru TIK. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(2), 95–102. https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i2.2634

Lestari, S. (2015). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN TIK OLEH GURU. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), 121–134. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v3n2.p121--134

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4381

Nasution, R. H., Hapidin, & Fridani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411

Ngandeu, J. B. (2020). Dealing with barriers to the integration of Computer Assisted Language Learning in an African Context: Is the TPACK framework enough? An analysis of ICT integration in a low tech context. Per Linguam, 36(2), 90–103. https://doi.org/10.5785/36-2-947

Nurvitasari, E. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Oleh Guru Dalam Pembelajaran Kimia Sma Di Distrik Merauke. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 048–061. https://doi.org/10.35724/magistra.v5i1.722

Permadi, A. S., Arna, P., & Jailani, M. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 16–21. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i1.2071

Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1667–1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873

Rahiem, M. D. H. (2020). Technological Barriers and Challenges in the Use of ICT during the COVID-19 Emergency Remote Learning. Universal Journal of Educational Research, 8(11B), 6124–6133. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082248

Rathnayake, T. (2018). Pioneer ICT as a learning aid for visually impaired undergraduates in Sri Lankan State Universities: Breaking barriers to the nowledge society. 2017 National Information Technology Conference, NITC 2017, 8 Februari, 75–79. https://doi.org/10.1109/nitc.2017.8285659

Restiyani, R., Juanengsih, N., & Herlanti, Y. (2014). Profil Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Media Dan Sumber Pembelajaran Oleh Guru Biologi. EDUSAINS, 6(1), 49–66. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1100

Rivalina, R., Siahaan, S., Bidang, P., & Pembelajaran, T. (2020). Pemanfaatan Tik Dalam Pembelajaran: Kearah Pembelajaran Berpusat Pada Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 73–87. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.690

Rosnaeni, & Prastowo, A. (2021). Kendala Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid -19 : Kasus di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone. Jurnal Basicedu, 5(4), 2241–2246. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1151

Siahaan, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran: Peluang, Tantangan, Dan Harapan. Jurnal Teknodik, 321–332. https://doi.org/10.32550/teknodik.v19i3.173

Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437

Widyastono, H. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Akreditasi A Di Provinsi Jawa Timur. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 21–38. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n1.p21--38

Downloads

Additional Files

Published

29-10-2023

How to Cite

Sirjon, S., Mamma, A. T., & Olua, E. (2023). Analisis Hambatan Penggunaan TIK dalam Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19 Tahap II di Papua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6017–6032. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3597

Issue

Section

Articles