Pola Asuh Anak Usia Dini dalam Penanaman Perilaku Sosio Emosional Anak

Authors

  • Lila Hikmawati Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Mintarsih Arbarini Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Tri Suminar Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Gibraltar

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3587

Keywords:

pola asuh orang tua, perilaku sosio emosional, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh anak usia dini dalam penanaman perilaku sosio emosional anak, kendala pola asuh anak usia dini serta upaya yang dilakukan orang tua dalam penanaman perilaku sosio emosional pada keluarga petani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus (case studies). Jumlah informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 16 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi,wawancara dan dokumentasi, dengan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi. Teknik analisis data model Milles dan Hubberman dengan langkah-langkahnya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh pada keluarga petani yang ditemukan peneliti yaitu pola asuh demokratis yang digabungkan dengan pola asuh gaya transaksi, pola asuh gaya transaksi ini merupakan pola asuh dimana orang tua dan anak membuat kesepakatan dari setiap tindakan anak dengan sanksi tertentu yang akan dikenakan kepada anak jika sewaktu waktu anak melanggar perjanjian tersebut. Sehingga orang tuapun lebih mudah membimbing dan mengarahkan anak agar dapat mematuhi aturan orang tua. Dengan demikian pola asuh gabungan ini dapat menumbuhkan perilaku sosio emosional anak yang baik dalam hal tanggung jawab, mandiri, dan disiplin

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abimpaye, M., Dusabe, C., Nzabonimpa, J. P., Ashford, R., & Pisani, L. (2020). Improving parenting practices and development for young children in Rwanda: Results from a randomized control trial. International Journal of Behavioral Development, 44(3), 205–215. https://doi.org/10.1177/0165025419861173

Bun, Y., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090

Cheung, W. C., Shen, S., & Meadan, H. (2022). Correlation between Motor, Socio-Emotional Skills, and Academic Performance between Young Children with and without Disabilities. Journal of Developmental and Physical Disabilities, 34(2), 211–231. https://doi.org/10.1007/s10882-021-09796-8

Hermawan, A. (2018). Pola Asuh Parental Responsiveness Dan Parental Demandingness Dalam Keluarga. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 3(1), 105–123. https://doi.org/10.18326/inject.v3i1.105-123

Hurlock. (1991). Perkembangan Anak (Erlangga).

Khadijah, K., Arlina, A., Hardianti, R. W., & Maisarah, M. (2021). Model Pembelajaran Bank Street dan Sentra, serta Pengaruhnya terhadap Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1960–1972. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1054

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1–15. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

Kluczniok, K., Anders, Y., Sechtig, J., & Rossbach, H. G. (2016). Influences of an academically oriented preschool curriculum on the development of children – are there negative consequences for the children’s socio-emotional competencies? Early Child Development and Care, 186(1), 117–139. https://doi.org/10.1080/03004430.2014.924512

Kusumawardani, C. T., & Fauziah, P. Y. (2020). Pola Asuh Orangtua Tentara Nasional Indonesia pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1024–1034. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.620

Laurance, J., & Loisa, R. (2020). Komunikasi Interpersonal Antara Kakak dengan Adik Kandung Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus pada Kakak yang Mempunyai Adik Kandung Penyandang Autisme). Koneksi, 3(2), 303. https://doi.org/10.24912/kn.v3i2.6351

Li, Z., Jiang, Y., Li, M., & Lu, C. (2018). Inequalities in socio-emotional development and positive parenting during childhood: Evidence from China 2010–2014. SSM - Population Health, 5(April), 8–16. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2018.04.007

Liu, M., & Wang, Q. (2022). Research on the Impact of the Emotional Expression of Kindergarten Teachers on Children: From the Perspective of the Class Micro-Power Relationship. Frontiers in Psychology, 13(March), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.808847

Lozada, F. T., Halberstadt, A. G., Craig, A. B., Dennis, P. A., & Dunsmore, J. C. (2016). Parents’ Beliefs about Children’s Emotions and Parents’ Emotion-Related Conversations with Their Children. Journal of Child and Family Studies, 25(5), 1525–1538. https://doi.org/10.1007/s10826-015-0325-1

Luo, R., Jia, F., Yue, A., Zhang, L., Lyu, Q., Shi, Y., Yang, M., Medina, A., Kotb, S., & Rozelle, S. (2019). Passive parenting and its Association with Early Child Development. Early Child Development and Care, 189(10), 1709–1723. https://doi.org/10.1080/03004430.2017.1407318

Marintan Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114

Mayar, F. (2013). Perkembangan sosial anak usia dini sebagai bibit untuk masa depan bangsa. 459–465. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43

Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mondi, C.F., Giovanelli, A. & Reynolds, A.J. Fostering socio-emotional learning through early childhood intervention. ICEP 15, 6 (2021). https://doi.org/10.1186/s40723-021-00084-8

Morris, A. S., Criss, M. M., Silk, J. S., & Houltberg, B. J. (2017). The Impact of Parenting on Emotion Regulation During Childhood and Adolescence. Child Development Perspectives, 11(4), 233–238. https://doi.org/10.1111/cdep.12238

Mortazavizadeh, Z., Göllner, L., & Forstmeier, S. (2022). Emotional competence, attachment, and parenting styles in children and parents. Psicologia: Reflexao e Critica, 35(1). https://doi.org/10.1186/s41155-022-00208-0

Murray, L., Jennings, S., Mortimer, A., Prout, A., Melhuish, E., Hughes, C., Duncan, J., Holmes, J., Dishington, C., & Cooper, P. J. (2018). The impact of early-years provision in Children’s Centres (EPICC) on child cognitive and socio-emotional development: Study protocol for a randomised controlled trial. Trials, 19(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s13063-018-2700-x

Musringati. (2017). Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Kelompok B Melalui Metode Bercerita di TK Al Ikhlas STKIP Siliwangi Bandung.

Nugraha. (2010). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Universitas Terbuka.

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. Inersia, XVI(1), 92–104. https://journal.uny.ac.id/index.php/inersia/article/view/31319

Nurjannah. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. 14(1), 50–61. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05

Oliveira, Ã. M., Taveira, M. do C., & Porfeli, E. J. (2015). Emotional aspects of childhood career development: importance and future agenda. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 15(2), 163–174. https://doi.org/10.1007/s10775-015-9303-9

Pangaribuan, T. (2017). The correlation of parenting style with children sosial emotional development in kindergarten school at xaverius 1 Jambi. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 6(1), 22–24. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces/article/view/15782

Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2018). Project-Based Drawing Activities in Improving Sosial-Emotional Skills of Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114

Pratiwi, H. (2020). Screen Time dalam Perilaku Pengasuhan Gererasi Alpha pada Masa Tanggap Darurat Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.544

Putri, N. M., Sari, S., Setianingsih, S., & Widjayatri, RR. D. (2021). Character Based-Area Learning Model In Young Children. Journal of Early Childhood Education Papers, 1(1), 1–11. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jece/article/view/23756

Rahilly, E. (2022). “Well Duh, That’s How You Raise a Kidâ€: Gender-Open Parenting in a (Non)Binary World. LGBTQ+ Family: An Interdisciplinary Journal, 18(3), 262–280. https://doi.org/10.1080/27703371.2022.2089309

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Siti, R., & Tasu’ah, N. (2015). The Relationship Between Online Learning System And the Development of Early Childhood Socio Emotional Aspects. 4(2), 46–51.

Stebbins, R. C., Yang, Y. C., Reason, M., Aiello, A. E., Belsky, D. W., Harris, K. M., & Plassman, B. L. (2022). Occupational cognitive stimulation, socioeconomic status, and cognitive functioning in young adulthood. SSM - Population Health, 17(January), 101024. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2022.101024

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sulistyowati, R. F., Mariani, & Sukarlan. (2019). Pendahu. Jurnal Kesehatan, 9(2), 58–62. https://doi.org/10.24929/fik.v9i2.794

Suryana, D. (2016). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak.

Suryani, N. A. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUD Kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 141–150. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.141-150

Suyadi, & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD (PT Remaja).

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1717

Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170

Tran, T. D., Luchters, S., & Fisher, J. (2017). Early childhood development: impact of national human development, family poverty, parenting practices and access to early childhood education. Child: Care, Health and Development, 43(3), 415–426. https://doi.org/10.1111/cch.12395

Wahyuni, S., Syukri, M., & Miranda, D. (2015). Peningkatan perkembangan sosial emosional melalui pemberian tugas kelompok pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(2), 1–15. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12005

Wahyuni, W., & Al Rasyid, H. (2022). Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3034–3049. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2301

Wurster, H. E., Sarche, M., Trucksess, C., Morse, B., & Biringen, Z. (2020). Parents’ adverse childhood experiences and parent-child emotional availability in an American Indian community: Relations with young children’s sosial-emotional development. Development and Psychopathology, 32(2), 425–436. https://doi.org/10.1017/S095457941900018X

Zinsser, K. M., Denham, S. A., Curby, T. W., & Chazan-Cohen, R. (2016). Early childhood directors as sosializers of emotional climate. Learning Environments Research, 19(2), 267–290. https://doi.org/10.1007/s10984-016-9208-7

Zulaikha, F., & Astiningsih, N. W. W. (2021). Pola Asuh Dan Stimulasi Terhadap Perkembangan Anak Di Kota Samarinda: pola asuh, stimulasi perkembangan. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 6(2), 427–435. https://doi.org/10.22216/jen.v6i2.294

Downloads

Additional Files

Published

11-03-2023

How to Cite

Hikmawati, L., Arbarini, M., & Suminar, T. (2023). Pola Asuh Anak Usia Dini dalam Penanaman Perilaku Sosio Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1447–1464. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3587

Issue

Section

Articles