Pengaruh Permainan Ludo Bergambar Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak di Taman Kanak-kanak Tunas Bangsa Bukittinggi

Author


Yenni Herwati(1Mail),
Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 676KB]

Published : 2019-12-18

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1126 times PDF Downloaded: 706 times

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Permainan Ludo Bergambar terhadap Kecerdasan Naturalis Anak di Taman Kanak-kanak Tunas Bangsa Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen atau penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan Permainan Ludo Bergambar. Permainan Ludo Bergambar berpengaruh terhadap kecerdasan naturalis anak di Taman Kanak-kanak Tunas Bangsa Bukittinggi. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai rata-rata hasil Kecerdasan Naturalis anak di kelas eksperimen yang menggunakan Permainan Ludo Bergambar lebih tinggi (82,6) dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan Kartu Bergambar (73).


Keywords


permainan ludo adventure; kecerdasan naturalis; anak usia dini

References


Afrianti, S., Daulay, M. I., & Asilestari, P. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Ludo. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 5259. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.6

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 2026. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.3

Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligences in the Classroom. In Education (3rd ed., Vol. 124). Virginia USA: ASCD.

Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1

Hastuti, I., & Santia, A. (2018). Pengaruh Permainan Building Block terhadap Kecerdasan Visual Anak di TK Ulil Albab Kota Bandung. Jurnal OBSESI, 32(1), 7075. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.132

Hilmi Hambali. (2017). Eksplorasi Pembelajaran Tadabbur Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis (Naturalistik Intellegence) Dan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Intellegence). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 5(1), 99108.

Islamiah, F., Fridani, L., & Supena, A. (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Quran pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 3038. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.132

Jannah, M. M., & Wiyatmo, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo untuk Meningkatkan Penguasaan Materi dan Minat Belajar Fisika Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 240249.

Jihan, A. N. F., Reffiane, F., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 107113.

Juniarti, Y. (2015). Peningkatan kecerdasan naturalis melalui metode kunjungan lapangan (field trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 267284. Diambil dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3505

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana:Jakarta.

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B TK Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 2231.https://doi.org/10.33369/jip.4.1.22-31.

Milin, S., & Halida, F. (2014). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(8), 112.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 8696. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

PL?STOI, C.-D. (2017). the Theory of Multiple Intelligences and Their Impact on Learning Specific Movements in Swimming. Bulletin of the Transilvania University of Brasov, Series IX: Sciences of Human Kinetics, 10(1), 4954. Diambil dari http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=a9h&AN=123847180&site=ehost-live&scope=site

Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 118. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394

Suhartini, Y., & Laela, A. (2018). Meningkatkan Kecerdasan Natural Anak Usia Dini melalui Pengenalan Hewan di TK Pelita Kota Bandung. Jakarta: Kharisma Putra Utama., 2(2), 4350. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.6

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang. Padang:UNP Press.

Ulfah, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 3150. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-03 Pengaruh

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. (n.d.). https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Wulandari, T. N., Kusumaningtyas, L. E., & Irmade, O. (2018). Peningkatan Kecerdasan Naturalis dengan Pembelajaran Outdoor di Kelompok B TK Rumah Pelangi Colomadu. Jurnal audi, 3(1), 16.https://doi.org/10.33061/ad.v3i1.2058.

Yasbiati, Giyartini, R., & Lutfiana, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis melalui Kegiatan Bercocok Tanam Di Bambim Al-Abror Kecamatan Mangkubumi. 1(2), 203213.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.