Pengembangan Lagu Berbasis Aplikasi Musescore dalam Pengembangan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

Mahyumi Rantina(1Mail), Hasmalena Hasmalena(2), Yosef Yosef(3),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 mahyumi - rantina

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.351

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-11-30
Published : 2019-12-19

Abstract


Penelitian bertujuan mengembangkan produk Lagu Anak Menggunakan Aplikasi Musescore dalam pengembangan aspek perkembangan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan Penelitian dan Pengembangan (R&D) model ADDIE dengan Prosedur penelitian Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluation. Teknik evaluasi yang digunakan evaluasi formatif Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi ceklist, angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dari instrument pengumpulan data. Pada tahap analysis dilakukan analisis kebutuhan tentang lagu anak di lapangan, kemudian mendesain prototype lagu anak dengan 2 tahap yaitu tahap pertama merancang lirik lagu dan tahap kedua membuat partitur lagu dengan aplikasi musescore, tahap selanjutnya mengembangkan produk dengan proses rekaman, melakukan validasi materi dan media dan tahap terkhir adalah mengujicobakan produk kepada guru dan anak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan produk lagu anak menggunakan aplikasi musescore dalam pengembangan aspek perkembangan anak usia dini valid, praktis dan berpotensial digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dengan metode bernyanyi


Keywords


pengembangan; lagu anak-anak; aplikasi musescore; aspek pembelajaran

References


Agustina R. (2018). Penciptaan “Lagu Model” untuk Pembelajaran Anak Usia Dini Tahap II (Pelatihan Bidang Seni Musik pada IGTKI-PGRI dan IGRA Kabupaten Kediri Tahun 2017). Jurnal Abdinus, 1(2), 138–141. https://doi.org/doi.org/10.29407/ja.v1i2.11751

Fitrianti, D., & Reza, M. (2013). Mengembangkan Kegiatan Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Mahasiswa Unesanesa, 2(3).

Khoiruddin, M. (2017). Pengenalan Bahasa Arab Melalui Nyanyian Pada Anak Usia Prasekolah di TK Terpadu Ihyaul Ulum Puncu Kediri Jawa Timur. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.1

Nuswantari, W. universitas diponegoro. (2015). Pengaruh Pemberian Lagu Anak-Anak terhadap Perilaku Prososial Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Empati, 4(4), 102–106.

Penulisan, P. (2017). Pedoman Penulisan. Jurnal Sosial Politik, 2(1). https://doi.org/10.22219/.v2i1.4457

Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Building Effective Communication Between Teachers and Early Children In PAUD Institutions. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 259. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.96

Sinaga, S. S. (2010). Pemanfaatan dan Pengembangan Lagu Anak-Anak dalam Pembelajaran Tematik pada Pendidikan Anak Usia Dini / TK. Harmonia - Journal of Arts Research and Education, 10(1). https://doi.org/10.15294/harmonia.v10i1.55

Suryaningsih, A., & Rimpiati, N. L. (2018). Implementation of Game-Based Thematic Science Approach in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.113

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan Addie Model. Jurnal Ika, 11(1). https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145

Wicaksono, R. Y., & Utomo, U. (2017). Daya Tarik Lagu Bagi Anak Usia Dini : Studi Kasus di TK Pertiwi I Singodutan, Wonogiri. Jurnal Seni Musik, 6(2). https://doi.org/10.15294/jsm.v6i2.17455


Article Metrics

 Abstract Views : 171 times
 PDF Downloaded : 39 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.