Author
Salis Wahyu Hidayati(1), Roni Muslikah(2), Hidayatu Munawaroh(3), Sri Haryanto(4), Siti Nihar Salsabila(5),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Sains Al-Qur’an, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Sains Al-Qur’an, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Sains Al-Qur’an, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Sains Al-Qur’an, Indonesia(4)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Sains Al-Qur’an, Indonesia(5) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 582KB]
Published : 2023-05-23
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 859 times PDF Downloaded: 326 timesAbstract
Kesibukan orang tua dalam memenuhi kebutuhan hidup bukan menjadi penghalang kewajibannya menanamkan pendidikan karakter anak sejak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara dan peran para orang tua membangun elemen intrakulikuler yang mencakup tiga elemen stimulasi yang saling terintegrasi pada anak usia dini baik secara offline maupun online setelah diberikan pendidikan parenting. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan hasil penelitiannya adalah pendidikan parenting memberikan pengaruh perubahan positif pada cara berfikir para orang tua di desa Pengilon. Pendekatan humanistik melalui komunikasi sebagai teman bermain dan role model dalam memberikan contoh kebaikan lebih efektif, dan perkembangan era digital juga memberikan dampak pada penerapan parenting. Impikasinya anak lebih dapat mengamalkan nilai-nilai agama, mengetahui hal yang baik dan buruk, lebih berani mengaktualisasikan diri baik dalam berhitung, seni dan kreasi serta tanggap terhadap informasi.
Keywords
References
Abdurrahman, A. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Keteladanan pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(2), 101–107. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i2.698
Andi, K. (2016). Pendidikan Karakter Untuk Mendisiplinkan Anak Dalam Membentuk Jatidiri Warga NegarA. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 3(1), 36–42. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jbti.v3i1.4567
Arifin, S., & Ach. Syaiful. (2020). Urgensi Parenting Education Berbasis e-Learning di Era Digital. Jurnal Kariman, 8(1), 41–54. https://doi.org/10.52185/kariman.v8i1.136
Astari, W., & Sariah, S. (2022). Konsep Parenting Pada Anak Usia Dini Menurut Mohammad Fauzil Adhim. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 115–124. https://doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.16835
Atmojo, A. M., Sakina, R. L., & Wantini, W. (2021). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965–1975. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1721
Badan Standar Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi (Patent No. Nomor 008/H/KR/2022). https://drive.google.com/file/d/1r_DjKgSLa306LaRTmls_-QUOyRy0t20o/view
Baharun, H., & Finori, F. D. (2019). Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak Pada Era Teknologi Digital. Jurnal Tatsqif, 17(1), 52–69. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625
Baharun, H., & Jennah, M. (2019). Smart Parenting dalam Mengatasi Social Withdrawal pada Anak di Pondok Pesantren. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 45–72. https://doi.org/10.21274/taalum.2019.7.1.45-72
Dariah, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran (Study Kasus di Kelompok Bermain Al-Munawar). Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 154–164. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1592
Ekawati, E., & Sumaryanta. (2011). Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika SD/SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan & Penjaminan Mutu Pendidikan.
Elly, I., Diana, D., & Deni, S. (2022). Pemahaman Orang Tua Tentang Konsep Merdeka Belajar Di PAUD. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 441–450. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1685
Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414–431. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483
Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673
Firda, R. R. W., & Hamam, B. (2020). Pendidikan Keluarga Di Era Merdeka Belajar. AL-AUFA: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.36840/alaufa.v2i1.271
Hendri, H. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Konsep Diri Pada Anak. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 56–71. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6528
Husnaini, N. (2018). Identifikasi Pola Pengenalan Literasi Pada Anak Usia Dini Di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 30–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24443
Ismiati, I. (2021). Urgensi Program Parenting Bagi Orang Tua Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Pada TK IT Permata Sunnah Banda Aceh). Takammul: Jurnal Studi Gender Dan Islami Serta Perlindungan Anak, 10(2), 18–27. https://doi.org/10.22373/takamul.v10i2.12602
Istiqbalul, F. (2022, June 22). Struktur Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Kendal: Babad, Warta Edukasiana. https://www.babad.id/edukasiana/pr-3643738011/struktur-pembelajaran-kurikulum-merdeka-pada-pendidikan-anak-usia-dini
Jannah, M. P., Dinie, A. D., & Yayang, F. F. (2021). Karakter Anak Terbentuk Berdasarkan Didikan Orang Tua dan Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7834–7840. https://doi.org/https://orcid.org/0000-0001-8590-9341
Mirawati, M., Ananthia, W., Silawati, E., & Yuniarti, Y. (2021). Implementasi Edukasi Parenting di Era Digital bagi Masyarakat Indonesia di Luar Negeri. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 935–933. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1278
Mualamatul, M. (2021). Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Membentuk Karakter Anak Di Kabupaten Demak. AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 54–70. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i1.1142
Mundiri, A., Hasanah, U., & Baharun, H. (2022). The Mindful Parenting of Kyai in Pesantren. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 469–478. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1331
Ningrum, F. C. (2021). Urgensi Pengetahuan Parenting Skill Islami Bagi Orang Tua Untuk Pembinaan Akhlak Anak. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 184–191. https://doi.org/10.21154/maalim.v2i2.3648
Nurma, N., & Sigit, P. (2022). Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di Tk Harapan Bunda Woyla Barat. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 53–62. https://doi.org/10.24853/yby.v6i1.11531
Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2
Ria, N. (2019). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini dalam Keluarga. Jurnal Nuansa Akademik Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(1), 79–88. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v4i1.918
Ria, N. H., & Wiwin, Y. (2020). Hubungan Antara Kegiatan Parenting Education Dan Kemampuan Sosialisasi Anak Usia Dini Di Paud Mutiara Hati Keputih Surabaya. . . J+PLUS UNESA: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 115–119. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42386
Riska, D. U., Umasih, & Kurniawati. (2020). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan Sistem Among di Perguruan Taman Siswa Yogyakarta (1922-1945). PERIODE: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 2(2), 87–99. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/periode/article/view/18711
Rodhiya, A. Y. F. (2020). What We Talk About When We Talk About: “Digital Parenting.” Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.24014/pib.v1i1.8408
Salasiah, S. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan RutinitaS. E-CHIEF Journal, 1(1), 12–17. https://doi.org/10.20527/e-chief.v1i1.3372
Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929–2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945
Sary, Y. N. E. (2018). Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 137–142. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.93
Setiadi, R., Gandini, A. L. A., & Kalsum, U. (2020). Parenting Skill Meningkatkan Pengetahuan Orangtua tentang Pembentukan Karakter Disiplin Anak Prasekolah. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 14(1), 18–23. https://doi.org/10.33860/jik.v14i1.41
Sri, W. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PEDAGOGY: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36–41. https://doi.org/https://doi.org/10.51747/jp.v9i2.1078
Suharsimi, A. (2011). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (6th ed., Vol. 14). Jakarta : Rineka Cipta.
Sultan, H. P., Agus, F., & Miftahur, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806
Titania, W. P. P. (2020). Merdeka Belajar Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. In N. H. Yulingga (Ed.), Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara (pp. 76–86). Universitas Nusantara PGRI Kediri. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn/article/view/362
Uswatun, H. (2017). Pola Asuh Orangtua Dalam Membentuk Karakter Anak. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 72–82. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/pola-asuh-orangtua-dalam-membentuk-karakter-anak/240
Wiranata, I. G. L. A. (2019). Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Parenting. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 48–56. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1068
Yani, A. (2017). Implementasi Islamic Parenting Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Ra At-Taqwa Kota Cirebon. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 153–174. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1464
Refbacks
- There are currently no refbacks.