Parenting: Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Membentuk Elemen Intrakulikuler Anak Usia Dini

Author


Salis Wahyu Hidayati(1Mail), Roni Muslikah(2), Hidayatu Munawaroh(3), Sri Haryanto(4), Siti Nihar Salsabila(5),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Sains Al-Qur’an, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Sains Al-Qur’an, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Sains Al-Qur’an, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Sains Al-Qur’an, Indonesia(4)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Sains Al-Qur’an, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 582KB]

Published : 2023-05-23

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 859 times PDF Downloaded: 326 times

Abstract


Kesibukan orang tua dalam memenuhi kebutuhan hidup bukan menjadi penghalang kewajibannya menanamkan pendidikan karakter anak sejak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara dan peran para orang tua membangun elemen intrakulikuler yang mencakup tiga elemen stimulasi yang saling terintegrasi pada anak usia dini baik secara offline maupun online setelah diberikan pendidikan parenting. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan hasil penelitiannya adalah pendidikan parenting memberikan pengaruh perubahan positif pada cara berfikir para orang tua di desa Pengilon. Pendekatan humanistik melalui komunikasi sebagai teman bermain dan role model dalam memberikan contoh kebaikan lebih efektif, dan perkembangan era digital juga memberikan dampak pada penerapan parenting. Impikasinya anak lebih dapat mengamalkan nilai-nilai agama, mengetahui hal yang baik dan buruk, lebih berani mengaktualisasikan diri baik dalam berhitung, seni dan kreasi serta tanggap terhadap informasi.


Keywords


anak-usia-dini; elemen intrakulikuler; peran orang tua; parenting

References


Abdurrahman, A. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Keteladanan pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(2), 101–107. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i2.698

Andi, K. (2016). Pendidikan Karakter Untuk Mendisiplinkan Anak Dalam Membentuk Jatidiri Warga NegarA. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 3(1), 36–42. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jbti.v3i1.4567

Arifin, S., & Ach. Syaiful. (2020). Urgensi Parenting Education Berbasis e-Learning di Era Digital. Jurnal Kariman, 8(1), 41–54. https://doi.org/10.52185/kariman.v8i1.136

Astari, W., & Sariah, S. (2022). Konsep Parenting Pada Anak Usia Dini Menurut Mohammad Fauzil Adhim. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 115–124. https://doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.16835

Atmojo, A. M., Sakina, R. L., & Wantini, W. (2021). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965–1975. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1721

Badan Standar Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi (Patent No. Nomor 008/H/KR/2022). https://drive.google.com/file/d/1r_DjKgSLa306LaRTmls_-QUOyRy0t20o/view

Baharun, H., & Finori, F. D. (2019). Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak Pada Era Teknologi Digital. Jurnal Tatsqif, 17(1), 52–69. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625

Baharun, H., & Jennah, M. (2019). Smart Parenting dalam Mengatasi Social Withdrawal pada Anak di Pondok Pesantren. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 45–72. https://doi.org/10.21274/taalum.2019.7.1.45-72

Dariah, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran (Study Kasus di Kelompok Bermain Al-Munawar). Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 154–164. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1592

Ekawati, E., & Sumaryanta. (2011). Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika SD/SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan & Penjaminan Mutu Pendidikan.

Elly, I., Diana, D., & Deni, S. (2022). Pemahaman Orang Tua Tentang Konsep Merdeka Belajar Di PAUD. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 441–450. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1685

Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414–431. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Firda, R. R. W., & Hamam, B. (2020). Pendidikan Keluarga Di Era Merdeka Belajar. AL-AUFA: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.36840/alaufa.v2i1.271

Hendri, H. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Konsep Diri Pada Anak. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 56–71. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6528

Husnaini, N. (2018). Identifikasi Pola Pengenalan Literasi Pada Anak Usia Dini Di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 30–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24443

Ismiati, I. (2021). Urgensi Program Parenting Bagi Orang Tua Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Pada TK IT Permata Sunnah Banda Aceh). Takammul: Jurnal Studi Gender Dan Islami Serta Perlindungan Anak, 10(2), 18–27. https://doi.org/10.22373/takamul.v10i2.12602

Istiqbalul, F. (2022, June 22). Struktur Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Kendal: Babad, Warta Edukasiana. https://www.babad.id/edukasiana/pr-3643738011/struktur-pembelajaran-kurikulum-merdeka-pada-pendidikan-anak-usia-dini

Jannah, M. P., Dinie, A. D., & Yayang, F. F. (2021). Karakter Anak Terbentuk Berdasarkan Didikan Orang Tua dan Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7834–7840. https://doi.org/https://orcid.org/0000-0001-8590-9341

Mirawati, M., Ananthia, W., Silawati, E., & Yuniarti, Y. (2021). Implementasi Edukasi Parenting di Era Digital bagi Masyarakat Indonesia di Luar Negeri. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 935–933. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1278

Mualamatul, M. (2021). Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Membentuk Karakter Anak Di Kabupaten Demak. AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 54–70. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i1.1142

Mundiri, A., Hasanah, U., & Baharun, H. (2022). The Mindful Parenting of Kyai in Pesantren. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 469–478. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1331

Ningrum, F. C. (2021). Urgensi Pengetahuan Parenting Skill Islami Bagi Orang Tua Untuk Pembinaan Akhlak Anak. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 184–191. https://doi.org/10.21154/maalim.v2i2.3648

Nurma, N., & Sigit, P. (2022). Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di Tk Harapan Bunda Woyla Barat. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 53–62. https://doi.org/10.24853/yby.v6i1.11531

Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2

Ria, N. (2019). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini dalam Keluarga. Jurnal Nuansa Akademik Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(1), 79–88. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v4i1.918

Ria, N. H., & Wiwin, Y. (2020). Hubungan Antara Kegiatan Parenting Education Dan Kemampuan Sosialisasi Anak Usia Dini Di Paud Mutiara Hati Keputih Surabaya. . . J+PLUS UNESA: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 115–119. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/42386

Riska, D. U., Umasih, & Kurniawati. (2020). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan Sistem Among di Perguruan Taman Siswa Yogyakarta (1922-1945). PERIODE: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 2(2), 87–99. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/periode/article/view/18711

Rodhiya, A. Y. F. (2020). What We Talk About When We Talk About: “Digital Parenting.” Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.24014/pib.v1i1.8408

Salasiah, S. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan RutinitaS. E-CHIEF Journal, 1(1), 12–17. https://doi.org/10.20527/e-chief.v1i1.3372

Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929–2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945

Sary, Y. N. E. (2018). Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 137–142. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.93

Setiadi, R., Gandini, A. L. A., & Kalsum, U. (2020). Parenting Skill Meningkatkan Pengetahuan Orangtua tentang Pembentukan Karakter Disiplin Anak Prasekolah. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 14(1), 18–23. https://doi.org/10.33860/jik.v14i1.41

Sri, W. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PEDAGOGY: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36–41. https://doi.org/https://doi.org/10.51747/jp.v9i2.1078

Suharsimi, A. (2011). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (6th ed., Vol. 14). Jakarta : Rineka Cipta.

Sultan, H. P., Agus, F., & Miftahur, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806

Titania, W. P. P. (2020). Merdeka Belajar Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. In N. H. Yulingga (Ed.), Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara (pp. 76–86). Universitas Nusantara PGRI Kediri. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn/article/view/362

Uswatun, H. (2017). Pola Asuh Orangtua Dalam Membentuk Karakter Anak. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 72–82. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/pola-asuh-orangtua-dalam-membentuk-karakter-anak/240

Wiranata, I. G. L. A. (2019). Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Parenting. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 48–56. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1068

Yani, A. (2017). Implementasi Islamic Parenting Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Ra At-Taqwa Kota Cirebon. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 153–174. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1464


Refbacks

  • There are currently no refbacks.