Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini

Suyadi Suyadi(1), Issaura Dwi Selvi(2Mail),
(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 issaura dwi selvi

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.345

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-11-26
Published : 2019-12-10

Abstract


Teknologi pada era revolusi industri 4.0 memberi pengaruh pada mainan anak. Anak menyukai mainan modern yang tidak ada nilai kearifan lokal. Padahal kearifan lokal dapat menunjang pembangunan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mainan susun balok seimbang kearifan lokal diterapkan pada anak usia 5-6 tahun dan ditinjau dari sudut pandang aspek perkembangan anak dan pengenalan nilai budaya Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif tentang penggambaran objek dan subjek penelitian berdasarkan hasil perhitungan data. Metode yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sasaran subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian berdasarkan aspek perkembangan dan aspek kearifan lokal memperoleh data dengan kategori baik sekali. Maka dapat disimpulkan bahwa mainan susun balok seimbang berbasis kearifan lokal Yogyakarta dapat diimplementasikan dalam pembelajaran maupun sebagai alat bermain untuk anak usia 5-6 tahun dengan baik sekali.


Keywords


mainan; susun balok seimbang; kearifan lokal Yogyakarta

References


Amirono, M.T., Daryanto, 2016. Evaluasi Dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Gava Media, Yogyakarta.

Anwar --, T, M., Ibrahim, H., 2013. Model Pengembangan Alat Permainan Edukatif Berbasis Sosial Budaya Pada Pembelajaran Anak Didik Kelompok Bermain. J. Pendidik. Dan Kebud. 19(2), 236-251–251. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V19i2.283

Astiyanto, H., 2006. Filsafat Jawa Menggali Butir-Butir Kearifan Lokal. Warta Pustaka, Yogyakarta.

Astuti, S.D., 2016. Transmisi Budaya Dan Kearifan Lokal Pada Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Penelittian 13(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.28918/Jupe.V13i1.1190

Chairiyah, C., 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Sd Tamansiswa Jetis Yogyakarta. Trihayu Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An 4(1), 208-215.

Dayana, A.S., 2019. Mengenal Jenis Sampah Yang Perlu Waktu Lama Untuk Hancur - Tirto.Id Url Https://Tirto.Id/Mengenal-Jenis-Sampah-Yang-Perlu-Waktu-Lama-Untuk-Hancur-Ejfk (Accessed 12.5.19).

Dea, L.F., Latipah, E., 2017. Pengembangan Kemampuan Kognitif Dan Sosial-Emosional Melalui Penerapan Media Balok Dan Bermain Peran Pada Siswa Tk Kuntum Mekar, Lampung | Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak 3(2), 185–196.

Dimyati, J., 2011. Pengembangan Alat Permainan Edukatif (Ape) Jenis Balok Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Khazanah Pendidik. 3(2), 1-18.

Direktorat Jenderal Kebudayaan, 1993. Transformasi Nilai Permainan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Yogyakarta.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat, 2015. Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta.

Istiarini, R., 2014. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Bermain Balok. Jurnal Pendidikan Usia Dini 8(1), 145-154.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2016. Url Https://kbbi.kemdikbud.go.id/ (Accessed 12.12.19).

Khasanah, I., Djariyo, D., Damayani, A.T., Mushafanah, Q., 2013. Pemanfaatan Lingkungan Dan Barang Bekas Sebagai Alat Permainan Edukatif (Ape) Bagi Kader Pos Paud Kelurahan Tambak Rejo Semarang. E-Dimas Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 4(2), 24–32. Https://Doi.Org/10.26877/E-Dimas.V4i2.1565

Khasanah, I.N., 2019. Penerapan Bermain Balok Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Di Raudlatul Athfal Al-Hikmah Sengon. J. Dewantara 1, 14–18.

Kurniawan, M.R., 2018. Permainan Tradisional Yogyakarta Sebagai Sumber Belajar Alternatif Berbasis Kearifan Lokal Bagi Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Premiere Educ. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 8(2), 98–111. Https://Doi.Org/10.25273/Pe.V8i2.2697

Laila, A.N., Candraloka, O.R., 2019. Pemanfaatan Potensi Alam Sebagai Alat Permainan Edukatif Di Paud Delima Jobokuto Jepara. E-Dimas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 10(1), 76–82. Https://Doi.Org/10.26877/E-Dimas.V10i1.2883

Martuti, A., 2012. Mengelola Paud Dengan Aneka Permainan Meraih Kecerdasan Majemuk. Kreasi Wacana, Yogyakarta.

Muliawan, J.U., 2009. Tips Jitu Memilih Mainan Positif & Kreatif Untuk Anak Anda. Diva Press, Yogyakarta.

Nadlir, M., 2014. Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. J. Pendidik. Agama Islam Jurnal Islamic Education Study 2(2), 299–330. Https://Doi.Org/10.15642/Jpai.2014.2.2.299-330

Nugrahani, D., Alfiah, A., Khasanah, I., Zahraini, D.A., 2012. Alat Permainain Edukatif Berbasis Kontekstual Sebagai Media Pembelajaran Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. E-Dimas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2), 58–63. Https://Doi.Org/10.26877/E-Dimas.V3i2.1551

Rahyono, F.X., 2015. Kearifan Budaya Dalam Kata. Wedatama Widya Sastra, Jakarta.

Rohaeni, E., 2014. Penerapan Metode Bermain Balok Dalam Mengembangkan Nilai Kognitif Anak Usia Dini Pada Paud Nuansa Kota Bandung. Empower. Jurnal Ilmu Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. 3(2), 181–197.

Soeseno, F.M., 1984. Etika Jawa: Sebuah Analisa Falsafi Tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa. Djambatan, Jakarta.

Sudarmiani, S., 2013. Membangun Karakter Anak Dengan Budaya Kearifan Lokal Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah. Equilib. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembelajarannya 1(1), 54-72. Https://Doi.Org/10.25273/Equilibrium.V1i1.556

Sunarti, Rachmawati, S., 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013 Membantu Guru Dan Calon Guru Mengetahui Langkah-Langkah Penilaian Pembelajaran. C.V Andi Offset, Yogyakarta.

Tinja, Y., Towaf, S.M., Hariyono, H., 2017. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Melestarikan Nilai Budaya Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan 2, 1257–1261.

Wulansari, B.Y., 2017. Pelestarian Seni Budaya Dan Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Indria Jurnal Ilmu Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal 2(1), 1-11. Https://Doi.Org/10.24269/Jin.V2n1.2017.Pp1-11

Zami`Ah, N., 2013. Pemanfaatan Media Permainan Balok Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok A Di PPT Kuncup Harapan Semolowaru Surabaya. Jurnal PAUD Teratai 2(3), 1-6.


Article Metrics

 Abstract Views : 236 times
 PDF Downloaded : 42 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.