Hubungan Game Online dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun

Diah Andika Sari(1Mail), Ari Lela Nurjanah(2),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
(2) Taman Kanak-Kanak Pendawa, Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Diah Andika Sari

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.344

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2019-11-26
Published : 2020-03-14

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara game online dengan perkembangan emosional  usia 5 – 6 tahun. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif korelasional, dengan teknik pengambilan sampel purposif sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada TK Pendawa di kelurahan Pondok Cabe, Kecamatan Pamulang, kabupaten Tangerang Selatan, Propinsi Banten. Sampel berjumlah 40 anak, malalui instrumen berupa angket kepada orangtua siswa. Dari hasil penelitian pada taraf signifikan 5% didapatkan bahwa nilai r hitung (0,416), lebih besar dari pada r table (0,320). Nilai r hitung 0,416 berada pada rentang 0,40 – 0,70 yang bearti berada pada kategori korelasi yang  cukup kuat. Sedangkan nilai Koefisien Determinasi didapat sebesar 17%, yang artinya game online mempunyai hubungan dengan perkembangan emosional anak usia 5 – 6 tahun sebesar 17%, sedangkan sisanya berhubungan dengan faktor lain yang pada penelitian ini tidak diteliti. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat dan signifikan antara game online dengan perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun di TK Pendawa dikelurahan Pondok Cabe, kecamatan Tangerang Selatan, Banten.


Keywords


game online; perkembangan emosi; anak usia 5-6 tahun

References


Alia, Tesa, and Irwansyah Irwansyah. 2018. “Pendampingan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Penggunaan Teknologi Digital [Parent Mentoring of Young Children in the Use of Digital Technology].” Polyglot: Jurnal Ilmiah 14(1): 65. https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/639.

Budiwanto, Setyo. 2017. “Metodologi Penelitian.” Universitas Negeri Malang: 631.

Chusna, Puji Asmaul. 2018. “Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan 17(2): 315–30.

Fadillah, Fanny Azka, and Muhammad Iqbal. 2019. “Poster Kecanduan Game Terhadap Anak.” Jurnal Desain 7(1): 38–48.

Fasya, Hafizha, and Ayu Friska Amelia. 2017. “Pengaruh Game Online Terhadap Tingkat Agresivitas Anak-Anak Dan Remaja Di Kota Makassar (Studi Kasus Di Kecamatan Tallo).” Hasanuddin Student Journal 1(2): 127–34.

Filtri, Heleni, and Al Khudri Sembiring. 2018. “Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tinjau Dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(2): 169–78. https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/1175.

Hude, Darwis. 2006. 2006 Erlangga Emosi Penjelajahan Religio-Psikologis Tentang Emosi Manusia Dalam Al-Quran.

Pagestu, Ratna. 2017. “Fenomena Gadget Dan Perkembangan Sosial Bagi Anak Usia Dini.” Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education 2(2): 2017.

Pebriana, Putri Hana. 2017. “Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1): 8.

Prawitasllri, Johana E. 2016. “Mengenal Emosi Melalui Komunikasi Nonverbal.” Buletin Psikologi 3(1): 27–43.

Reski Yulina Widiastuti. 2015. “Dampak Perceraian Pada Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun.” PG-Paud Trunojoyo 2(5): 76–86.

Riana, Mashar. 2011. Kencana Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengembangan.

Santrock. 2003. 2003 Erlangga Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup.

Sari, Tria Puspita, and Amy Asma Mitsalia. 2016. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di Tkit Al Mukmin.” Profesi 13(Maret): 72–78.

Susanto, Ahmad. 2011. “Perkembangan Anak Usia Dini.” Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trimuliana, Ifina, Nurbiana Dhieni, and Hapidin Hapidin. 2019. “Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun Pada PAUD Model Karakter.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2): 570. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/251.

Wahyu Novitasari, Nurul Khotimah. 2016. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun.” PAUD Teratau 05(03): 1.

Zaini, Muhammad, and Soenarto Soenarto. 2019. “Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital Di Kalangan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1): 254. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/127.


Article Metrics

 Abstract Views : 105 times
 PDF Downloaded : 27 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.