- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Implementasi Mandiri Belajar pada Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3429Keywords:
implementasi, mandiri belajar, kurikulum merdeka, lesson study, anak usia diniAbstract
Salah satu model implementasi kurikulum merdeka yaitu dengan menggunakan kurikulum merdeka mandiri belajar. Kurikulum tersebut menggunakan gabungan dari kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka sebagai acuan belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis implementasi mandiri belajar pada kurikulum merdeka di TK ABA Ngabean 2. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskrtiptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisa pembelajaran Lesson Study dengan tiga tahapan, yaitu plan (perencanaan), do (pelaksanaan), dan see (refleksi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengimplementasian kurikulum merdeka di TK ABA Ngabean 2 dilakukan dengan melakukan perencanaan hingga refleksi dan didukung dengan program inovasi serta muncul perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan kurikulum merdeka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat alur implementasi mandiri belajar dalam kurikulum merdeka yang memberikan dampak bagi lembaga pendidikan khususnya pada sistem pembelajaran.
Downloads
References
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The impact of covid-19 to indonesian education and its relation to the philosophy of “merdeka belajar.†Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9
Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan model pembelajaran saintifik berbasis kearifan lokal untuk perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking, A. (2020). Manajemen kepemimpinan inovatif pada pendidikan anak usia dini dalam perspektif merdeka belajar era new normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441–1453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.901
Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158. https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223
Elliott, J. (2019). What is lesson study? European Journal of Education, 54(2), 175–188. https://doi.org/10.1111/ejed.12339
Hidayat, R. A. (2019). Lesson study: upaya meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan pembelajaran tematik di sekolah dasar. 114(114), 117–168. https://doi.org/10.21608/saep.2019.54130
Ineu, S., Teni, M., Yadi, H., Asep, H. H., & Prihantini. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Inrawati, E., Diana, & Setiawan, D. (2022). Pemahaman orang tua tentang konsep mrdeka belajar di paud pendidikan anak usia dini. 4(2), 441–450. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1685
Irawati, D., Muhamad Iqbal, A., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Kebudayaan, K. P. dan. (2022). Keputusan menteri pendidikan, kebudayan, riset, dan teknologi republik indonesia nomor 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam pemulihan embelajaran. Menpendikbudristek, 1–112.
Kemendikbukristek Republik Indonesia. (2022). Surat Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Mariamah, S., Bachtiar, Muhammad, Y., & Indrawati, I. (2021). Penerapan project based learning untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi anak usia dini. Profesi Kependidikan, 2(1), 125–130. https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/27494
Wasis, S. (2022). Pentingnya penerapan merdeka belajar pada pendidikan anak usia dini (PAUD). 1–23. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1078
Norhikmah, Rizky, N. F., & Puspita, D. (2022). Inovasi pembelajaran dimasa pendemi : Implementasi Pembelajaran berbasis Proyek Pendekatan Destinasi Imajinasi. 6(5), 3901–3910. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1886
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rasmani, U. E. E., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., Agustina, P., & Nazidah, M. D. P. (2022). Multimedia interaktif paud dalam perspektif merdeka belajar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5397–5405. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2962
Sairo, M. I. (2021). Pelaksanaan lesson study menggunakan metode pembelajaran mind mapping di kelas x mipa 3. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 26–32. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32188
Shofa, N. A. (2021). Analisis Respon Siswa Dalam Implementasi Menyusuri Lika Liku Sungai Kehidupan Majapahit Pada Setiap Fase Plan, Do, See Pada Kurikulum Smk Pusat Keunggulan. Journal of Lesson Study in Teacher Education, 1(1), 22-30. Retrieved from http://journal.pwmjateng.com/index.php/jlste/article/view/70
Sihombing, A. A., Anugrahsari, S., Parlina, N., & Kusumastuti, Y. S. (2021). Merdeka belajar in an online learning during the covid-19 outbreak: Concept and Implementation. Asian Journal of University Education, 17(4), 35–48. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i4.16207
Suttrisno, Yulia, N. M., & Dewi Niswatul Fithriyah. (2022). Mengembangkan kompetensi guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran di era merdeka belajar. 3(1), 52–60. https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409
Syahrir, S. (2022). Evaluasi kurikulum belajar mandiri TK menggunakan model CIPP stufflebeam. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 509–520. https://doi.org/10.36312/jime.v8i1.2779
Wulandari, W., Murwaningsih, T., & Marmoah, S. (2020). Implementation of merdeka belajar in online learning methods at the school for children of indonesia. The 4th ICLIQE. https://doi.org/10.1145/3452144.3452273