Analisis Implementasi Mandiri Belajar pada Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak

Authors

  • Ad Dieni Maulana Rizka Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-1234-5543
  • joko Pamungkas Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3429

Keywords:

implementasi, mandiri belajar, kurikulum merdeka, lesson study, anak usia dini

Abstract

Salah satu model implementasi kurikulum merdeka yaitu dengan menggunakan kurikulum merdeka mandiri belajar. Kurikulum tersebut menggunakan gabungan dari kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka sebagai acuan belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis implementasi mandiri belajar pada kurikulum merdeka di TK ABA Ngabean 2. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskrtiptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisa pembelajaran Lesson Study dengan tiga tahapan, yaitu plan (perencanaan), do (pelaksanaan), dan see (refleksi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengimplementasian kurikulum merdeka di TK ABA Ngabean 2 dilakukan dengan melakukan perencanaan hingga refleksi dan didukung dengan program inovasi serta muncul perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan kurikulum merdeka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat alur implementasi mandiri belajar dalam kurikulum merdeka yang memberikan dampak bagi lembaga pendidikan khususnya pada sistem pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The impact of covid-19 to indonesian education and its relation to the philosophy of “merdeka belajar.†Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan model pembelajaran saintifik berbasis kearifan lokal untuk perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898

Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking, A. (2020). Manajemen kepemimpinan inovatif pada pendidikan anak usia dini dalam perspektif merdeka belajar era new normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441–1453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.901

Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158. https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223

Elliott, J. (2019). What is lesson study? European Journal of Education, 54(2), 175–188. https://doi.org/10.1111/ejed.12339

Hidayat, R. A. (2019). Lesson study: upaya meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan pembelajaran tematik di sekolah dasar. 114(114), 117–168. https://doi.org/10.21608/saep.2019.54130

Ineu, S., Teni, M., Yadi, H., Asep, H. H., & Prihantini. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Inrawati, E., Diana, & Setiawan, D. (2022). Pemahaman orang tua tentang konsep mrdeka belajar di paud pendidikan anak usia dini. 4(2), 441–450. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1685

Irawati, D., Muhamad Iqbal, A., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kebudayaan, K. P. dan. (2022). Keputusan menteri pendidikan, kebudayan, riset, dan teknologi republik indonesia nomor 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam pemulihan embelajaran. Menpendikbudristek, 1–112.

Kemendikbukristek Republik Indonesia. (2022). Surat Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Mariamah, S., Bachtiar, Muhammad, Y., & Indrawati, I. (2021). Penerapan project based learning untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi anak usia dini. Profesi Kependidikan, 2(1), 125–130. https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/27494

Wasis, S. (2022). Pentingnya penerapan merdeka belajar pada pendidikan anak usia dini (PAUD). 1–23. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1078

Norhikmah, Rizky, N. F., & Puspita, D. (2022). Inovasi pembelajaran dimasa pendemi : Implementasi Pembelajaran berbasis Proyek Pendekatan Destinasi Imajinasi. 6(5), 3901–3910. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1886

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rasmani, U. E. E., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., Agustina, P., & Nazidah, M. D. P. (2022). Multimedia interaktif paud dalam perspektif merdeka belajar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5397–5405. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2962

Sairo, M. I. (2021). Pelaksanaan lesson study menggunakan metode pembelajaran mind mapping di kelas x mipa 3. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 26–32. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32188

Shofa, N. A. (2021). Analisis Respon Siswa Dalam Implementasi Menyusuri Lika Liku Sungai Kehidupan Majapahit Pada Setiap Fase Plan, Do, See Pada Kurikulum Smk Pusat Keunggulan. Journal of Lesson Study in Teacher Education, 1(1), 22-30. Retrieved from http://journal.pwmjateng.com/index.php/jlste/article/view/70

Sihombing, A. A., Anugrahsari, S., Parlina, N., & Kusumastuti, Y. S. (2021). Merdeka belajar in an online learning during the covid-19 outbreak: Concept and Implementation. Asian Journal of University Education, 17(4), 35–48. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i4.16207

Suttrisno, Yulia, N. M., & Dewi Niswatul Fithriyah. (2022). Mengembangkan kompetensi guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran di era merdeka belajar. 3(1), 52–60. https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409

Syahrir, S. (2022). Evaluasi kurikulum belajar mandiri TK menggunakan model CIPP stufflebeam. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 509–520. https://doi.org/10.36312/jime.v8i1.2779

Wulandari, W., Murwaningsih, T., & Marmoah, S. (2020). Implementation of merdeka belajar in online learning methods at the school for children of indonesia. The 4th ICLIQE. https://doi.org/10.1145/3452144.3452273

Downloads

Published

05-03-2023

How to Cite

Rizka, A. D. M., & Pamungkas, joko. (2023). Analisis Implementasi Mandiri Belajar pada Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1381–1390. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3429

Issue

Section

Articles