Implementasi Permainan Tradisional Petak Umpet pada Anak Usia Dini di Era Society 5.0

Authors

  • Muharrahman Muharrahman Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-6670-1238
  • Novita Loka Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Adzhani Syarfina Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah, Indonesia
  • Meriatul Kibtiyah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah, Indonesia
  • Novita Sari Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3425

Keywords:

permainan tradisional, petak umpet, anak usia dini

Abstract

Di era society 5.0, permainan tradisional petak umpet sudah mulai hilang dan sangat sulit ditemukan. Saat ini anak-anak lebih menyukai permainan modern yang ada di gadget. Bertujuan untuk mengetahui apakah permainan ini masih digunakan atau tidak dengan zaman teknologi sekarang ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi dan wawancara melalui google form dengan 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional petak umpet masih digunakan oleh anak-anak pada usia dini. Seperti hasil wawancara bahwa 96,7% responden mengatakan permainan ini sudah mulai hilang dengan hadirnya gadget. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan terus mensosialisasikan permainan tradisional khususnya petak umpet pada anak usia dini. agar warisan budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi ini tidak hilang ditelan zaman

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375

Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59

Anggraini, W., & Putri, A. D. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.466

Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(9), 837–849. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i9.1159

Arismawati, A., Aryani, N., & ... (2020). Pengaruh permainan tradisional Tam-Tam buku terhadap perkembangan sosial emosional anak TK Al-Mulk Kampar. Jurnal Talenta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1). http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/48

Ats-Tsauri, M. S., & Munastiwi, E. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Menentukan Kebijakan Pembelajaran Era Covid 19 Studi Kasus Kepala Madrasah Ibtidaiyah NW Pondok Gedang. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 55. https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i2.8679

Djuwita, W., & Fakhri, M. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini Pada PAUD Di Kota Mataram. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 87–102. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2441

Elihami, E. (2021). Baking Freecumipo (Freedom, Culture, Ministry, Policy): E-Learning through Games of Al-Islam and Kemuhamamdiyahan. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 163–175. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1319

Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483

Fajrin, O. A. (2018). Membentuk Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 75. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i1.291.000-000

Handayani, F. F. (2022). Permainan Tradisional Lulu Cina Buta: Stimulasi Keterampilan Sosial Emosional Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i1.9609

Hermawan, R. (2018). Pengajaran Sholat Pada Anak Usia Dini Perspektif Hadis Nabi Muhammad Saw. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 282–291. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2301

Indriani, M., Sofia, A., & Anggraini, G. F. (2018). Persepsi Orang Tua terhadap Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini Maulita. Indonesian Journal of Early Childhood, 3, 473–482. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/IJECI/article/view/16887

Jey, G., & Mau, B. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Remaja Masa Kini. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan, 5(1), 99–110. https://doi.org/10.51730/ed.v5i1.70

Kasumayanti, E., & Elina, Y. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 186–197. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1179

Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Kencana.

Loka, N. (2022). 2013 Curriculum Adaptation During Pandemic in Kindergarten Institutions in Ogan Ilir District, South Sumatera. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 29–34. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/41811

Lubis, R., & Khadijah, K. (2018). Permainan Tradisional sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 177–186. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-05

Maghfiroh, Y. (2020). Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 01–09. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n2.20861

Maula, A., Nazarullail, F., & Adhani, D. N. (2021). Peran Guru Terkait Tentang Permainan Tradisional Berbasis Aplikasi Di Satuan Paud Di Era New Normal. Journal Of Early Childhood Education And Research, 2(2), 67–72. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/28187

Maulina, I., & Budiyono, A. (2021). Peran Keluarga dalam Pengelolaan Emosi Anak Usia Golden Age di Desa Gambarsari. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(1), 21. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v7i1.3404

Mbadhi, V., Ansel, M. F., & Pali, A. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Petak Umpet terhadap Penyesuaian Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Journal of Elementary School (JOES), 1(2), 103–112. https://doi.org/10.31539/joes.v1i2.348

Muharrahman, M. (2019). Manajemen Kurikulum Paud Di Lingkungan Pesantren (Analisis Di Taman Kanak-Kanak Islam Al Ittifaqiah Indralaya Sumatera Selatan). Islamic EduKids, 1(2), 27–40. https://doi.org/10.20414/iek.v1i2.1656

Mujahaddah, M., Effendi, R., & Rafianti, W. R. (2021). Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Menggunakan Kombinasi Model Demonstration, Model Number Head Together, Dan Permainan Tradisional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 1. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3219

Mulyana, Y., & Lengkana, A. S. (2019). Permainan tradisional. Salam Insan Mulia.

Mulyani, N. (2016). Super asyik permainan tradisional anak Indonesia. Diva Press.

Pahenra, P. (2021). Optimalisasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran untuk Mestimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2), 67–74. https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.16

Pertiwi, D. A., Fitroh, S. F., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 86–100. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4883

Purnamasari, H. (2019). Permainan Tradisional Petak Umpet Modifikasi terhadap Keterampilan Sosial Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 11(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/27961

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya.

Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati. (2020). Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif. Pena PAUD, 1(1), 27–39. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/penapaud/article/view/13851

Rekysika, N. S., & Haryanto, H. (2019). Media pembelajaran ular tangga bilangan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 56–61. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.16000

Rianto, H., & Yuliananingsih, Y. (2021). Menggali Nilai-Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 120. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2440

Salamiyah Nur Hakim Harahap, Delvia, E., Zahra, S., Nur Amalina, M., & Khadijah, K. (2022). Pengaruh Perminan Petak Umpet dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 255–260. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1958

Salis Hijriyani, Y., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 015. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636

Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1161

Sari, D. P., Saparahayuningsih, S., & Wembrayarli. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Petak Umpet Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 40–44. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia

Srikandi, S. (2020). Pelaksanaan permainan tradisional untuk membentuk karakter pada anak usia dini di PAUD Omah Bocah An’Na’afi Malang Jawa Timur. Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/135927

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485

Susilawati, E., Puspitasari, D., Kusumadewi, F., & Nuryanih, L. (2021). Modifikasi Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Tahun 2020. Jurnal Mutiara Ners, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.51544/jmn.v4i1.1297

Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 67–77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386

Tasliyah, L., Nurhayati, S., & Nurunnisa, R. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini Melalui Ape Kids ‘ N Kit. Jurnal CERIA (Cerda Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 307–314. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/4275

Tjahjaningsih, E., Ningsih RS, D. H., Radyanto, M. R., & Cahyani, A. T. (2022). Edukasi Permainan Tradisional Bagi Generasi Muda Dalam Upaya Pelestarian Permainan Yang Sudah Terlupakan Endang. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS No, 5(2), 96–100. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/1639

Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567

Downloads

Additional Files

Published

05-03-2023

How to Cite

Muharrahman, M., Loka, N., Syarfina, A., Kibtiyah, M., & Sari, N. (2023). Implementasi Permainan Tradisional Petak Umpet pada Anak Usia Dini di Era Society 5.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1368–1380. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3425

Issue

Section

Articles