- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Implementasi Permainan Tradisional Petak Umpet pada Anak Usia Dini di Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3425Keywords:
permainan tradisional, petak umpet, anak usia diniAbstract
Di era society 5.0, permainan tradisional petak umpet sudah mulai hilang dan sangat sulit ditemukan. Saat ini anak-anak lebih menyukai permainan modern yang ada di gadget. Bertujuan untuk mengetahui apakah permainan ini masih digunakan atau tidak dengan zaman teknologi sekarang ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi dan wawancara melalui google form dengan 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional petak umpet masih digunakan oleh anak-anak pada usia dini. Seperti hasil wawancara bahwa 96,7% responden mengatakan permainan ini sudah mulai hilang dengan hadirnya gadget. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan terus mensosialisasikan permainan tradisional khususnya petak umpet pada anak usia dini. agar warisan budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi ini tidak hilang ditelan zaman
Downloads
References
Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375
Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59
Anggraini, W., & Putri, A. D. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.466
Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(9), 837–849. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i9.1159
Arismawati, A., Aryani, N., & ... (2020). Pengaruh permainan tradisional Tam-Tam buku terhadap perkembangan sosial emosional anak TK Al-Mulk Kampar. Jurnal Talenta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1). http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/48
Ats-Tsauri, M. S., & Munastiwi, E. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Menentukan Kebijakan Pembelajaran Era Covid 19 Studi Kasus Kepala Madrasah Ibtidaiyah NW Pondok Gedang. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 55. https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i2.8679
Djuwita, W., & Fakhri, M. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini Pada PAUD Di Kota Mataram. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 87–102. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2441
Elihami, E. (2021). Baking Freecumipo (Freedom, Culture, Ministry, Policy): E-Learning through Games of Al-Islam and Kemuhamamdiyahan. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 163–175. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1319
Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483
Fajrin, O. A. (2018). Membentuk Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 75. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i1.291.000-000
Handayani, F. F. (2022). Permainan Tradisional Lulu Cina Buta: Stimulasi Keterampilan Sosial Emosional Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i1.9609
Hermawan, R. (2018). Pengajaran Sholat Pada Anak Usia Dini Perspektif Hadis Nabi Muhammad Saw. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 282–291. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2301
Indriani, M., Sofia, A., & Anggraini, G. F. (2018). Persepsi Orang Tua terhadap Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini Maulita. Indonesian Journal of Early Childhood, 3, 473–482. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/IJECI/article/view/16887
Jey, G., & Mau, B. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Remaja Masa Kini. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan, 5(1), 99–110. https://doi.org/10.51730/ed.v5i1.70
Kasumayanti, E., & Elina, Y. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 186–197. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1179
Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Kencana.
Loka, N. (2022). 2013 Curriculum Adaptation During Pandemic in Kindergarten Institutions in Ogan Ilir District, South Sumatera. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 29–34. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/41811
Lubis, R., & Khadijah, K. (2018). Permainan Tradisional sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 177–186. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-05
Maghfiroh, Y. (2020). Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 01–09. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n2.20861
Maula, A., Nazarullail, F., & Adhani, D. N. (2021). Peran Guru Terkait Tentang Permainan Tradisional Berbasis Aplikasi Di Satuan Paud Di Era New Normal. Journal Of Early Childhood Education And Research, 2(2), 67–72. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/28187
Maulina, I., & Budiyono, A. (2021). Peran Keluarga dalam Pengelolaan Emosi Anak Usia Golden Age di Desa Gambarsari. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(1), 21. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v7i1.3404
Mbadhi, V., Ansel, M. F., & Pali, A. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Petak Umpet terhadap Penyesuaian Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Journal of Elementary School (JOES), 1(2), 103–112. https://doi.org/10.31539/joes.v1i2.348
Muharrahman, M. (2019). Manajemen Kurikulum Paud Di Lingkungan Pesantren (Analisis Di Taman Kanak-Kanak Islam Al Ittifaqiah Indralaya Sumatera Selatan). Islamic EduKids, 1(2), 27–40. https://doi.org/10.20414/iek.v1i2.1656
Mujahaddah, M., Effendi, R., & Rafianti, W. R. (2021). Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Menggunakan Kombinasi Model Demonstration, Model Number Head Together, Dan Permainan Tradisional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 1. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3219
Mulyana, Y., & Lengkana, A. S. (2019). Permainan tradisional. Salam Insan Mulia.
Mulyani, N. (2016). Super asyik permainan tradisional anak Indonesia. Diva Press.
Pahenra, P. (2021). Optimalisasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran untuk Mestimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2), 67–74. https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.16
Pertiwi, D. A., Fitroh, S. F., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 86–100. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4883
Purnamasari, H. (2019). Permainan Tradisional Petak Umpet Modifikasi terhadap Keterampilan Sosial Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 11(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/27961
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya.
Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati. (2020). Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif. Pena PAUD, 1(1), 27–39. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/penapaud/article/view/13851
Rekysika, N. S., & Haryanto, H. (2019). Media pembelajaran ular tangga bilangan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 56–61. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.16000
Rianto, H., & Yuliananingsih, Y. (2021). Menggali Nilai-Nilai Karakter Dalam Permainan Tradisional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 120. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2440
Salamiyah Nur Hakim Harahap, Delvia, E., Zahra, S., Nur Amalina, M., & Khadijah, K. (2022). Pengaruh Perminan Petak Umpet dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 255–260. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1958
Salis Hijriyani, Y., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 015. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636
Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1161
Sari, D. P., Saparahayuningsih, S., & Wembrayarli. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Petak Umpet Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 40–44. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia
Srikandi, S. (2020). Pelaksanaan permainan tradisional untuk membentuk karakter pada anak usia dini di PAUD Omah Bocah An’Na’afi Malang Jawa Timur. Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/135927
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485
Susilawati, E., Puspitasari, D., Kusumadewi, F., & Nuryanih, L. (2021). Modifikasi Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Tahun 2020. Jurnal Mutiara Ners, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.51544/jmn.v4i1.1297
Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 67–77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386
Tasliyah, L., Nurhayati, S., & Nurunnisa, R. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini Melalui Ape Kids ‘ N Kit. Jurnal CERIA (Cerda Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 307–314. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/4275
Tjahjaningsih, E., Ningsih RS, D. H., Radyanto, M. R., & Cahyani, A. T. (2022). Edukasi Permainan Tradisional Bagi Generasi Muda Dalam Upaya Pelestarian Permainan Yang Sudah Terlupakan Endang. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS No, 5(2), 96–100. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/1639
Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567