Penerapan Nilai-Nilai Keprajuritan untuk Meningkatkan Karakter Nasionalis Anak Usia Dini

Authors

  • Faizah Faizah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sularti Dewanti Handayani Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Hartono Hartono Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3407

Keywords:

Karakter Nassionalis, kegiatan Pembelajaran, Nilai-niali Keprajuritan

Abstract

Penyisipan nilai-nilai keprajuritan tersebut diambil dari sumpah prajurit. Adapun dari jumlah sumpah prajurit yang diambil hanya 4. Salah satu unsur dalam sumpah prajurit tidak sesuai dengan karakteristik anak yaitu memegang rahasia sekeras-kerasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran dengan menerapkan nilai-nilai keprajuritan untuk mengembangkan karakter nasionalis. Jenis penelitian yaitu quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini sebanyak 17 siswa sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 16 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, kemudian dianaslisi menggunakan uji Paired Sample T-test, uji N-Gain, dan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan karakter nasionalis dari pretest meningkat pada posttest. Nilai-nilai keprajuritan efektif dalam meningkatkan karakter nasionalis anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini yaitu bagi PAUD dalam lingkungan TNI dan PAUD lainnya dapat menerapkan nilai keprajuritan untuk mengembang karakter nasionalis anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, E. N., & Wulandari, R. T. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalisme melalui Dongeng dan Tari (DORI) bagi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 26–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4293

Almerico, G. M. (2014). Building character through literacy with children ’ s literature. 26, 1–13.

Bates, A. (2019). Character education and the ‘ priority of recognition .’ Cambridge Journal of Education, 00(00), 1–16. https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1590529

Birhan, W., Shiferaw, G., Amsalu, A., Tamiru, M., & Tiruye, H. (2021). Exploring the context of teaching character education to children in preprimary and primary schools. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100171. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100171

Bortolan, A. (2018). Self-Esteem and Ethics: A Phenomenological View. Hypatia, 33(1), 56–72. https://doi.org/10.1111/hypa.12388

Diana, Tasu’ah, N., Windarti, R., & Hasjiandoto, A. (2021). Implementing Character Building and Nationalism at Inclusive Early Childhood Education Institutions. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Sao Paulo, Brazil, 5(8), 3448–3456. http://www.ieomsociety.org/brazil2020/papers/956.pdf

Goodman, J. (2018). Searching for character and the role of schools. Ethics and Education, 00(00), 1–21. https://doi.org/10.1080/17449642.2018.1537989

Gunawan, R. (2017). The Role of Character Education for Early Children in Early Childhood Education Programs in Happy Kids Bogor Indonesia. 66, 23–26. https://doi.org/10.2991/yicemap-17.2017.5

Haslip, M. J., Allen‑Handy, A., & Donaldson, L. (2019). How do Children and Teachers Demonstrate Love, Kindness and Forgiveness? Findings from an Early Childhood Strength-Spotting Intervention. Early Childhood Education Journal, 47(4), 531–547. https://doi.org/10.1007/s10643-019-00951-7

Herdiani, S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pengembangan Karakter Nasional Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7924–7930. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2273

Hermoyo, P. P. (2015). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan. Jurnal Pedagogi, 1(1), 1–22. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/21

Junanto, S., Wahid, A., & Wahyuningsih, R. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 6(2), 42–46. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/2044

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

La Hadisi. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Ta’did, 8(2), 50–69. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/410

Lestari, E. Y., Sumarto, S., & Artikel, I. (2019). Kaderisasi Nilai Konservasi Melalui Pemberdayaan Wali Murid Tk As Sholihah Bawen Kabuaten Semarang. Indonesian Journal of Conservation, 8(01). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/view/22679

Lottman, T., Niemiec, R. M., & Zawaly, S. (2017). Well-Being and Well-Doing: Bringing Mindfulness and Character Strengths to the Early Childhood Classroom and Home. In C. Proctor (Ed.), Positive Psychology Interventions in Practice. Springer., January 2018, 83–105. https://doi.org/10.1007/978-3-319-51787-2

Mngarah, D. (2017). tAn Assessment of Family-School Collaboration toward Children’s

Moral Development in Tanzania: Do They Speak the Same Language?. Global Journal Of Human-Social Science: G Linguistics & Education, 17(4). https://globaljournals.org/GJHSS_Volume17/1-An-Assessment-of-Family-School.pdf

Mujatahidin, S., & Rachman, S. A. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Kegiatan Pembiasaan Diri di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 03 Selong. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(2), 157–164. https://doi.org/10.55681/jige.v2i2.120

Ratih, K., Srijono, D., Laksono, G. Y., Dewi, A. K., Jusup, B., Fitriyani, F., Hasanah, A. U., Farida, K., Pramesti, M. E., Styaningsih, N. P., Darojati, S. M., & Mirwanti, W. (2020). Penguatan Nilai dan Karakter Nasionalisme melalui Lagu Wajib Nasional di MI Muhammadiyah Tanjungsari, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 75–78. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10793

Reevany, M. B., Arraki, R., Purnamasari, O., Zikri, A., Syafitri, N., Andriyani, L., Albert, W. K. G., Fahrudin, A., Husmiati, Sakroni, Huraerah, A., Subardhini, M., Mulia, D. D. A., Wardani, L. M. I., Hermawati, I., Warto, Patrianti, T., Hindarsah, I., & Suryanto. (2021). Nasionalisme: Ragam Rasa (1st ed.). Idea Press.

Rokhman, F., Hum, M., & Syaifudin, A. (2014). Character Education For Golden Generation 2045 ( National Character Building for Indonesian Golden Years ). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197

Siswoyo, D. (2013). Pandangan Bung Karno Tentang Pancasila dan Pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 1, 103–115. https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1264

Undang-Undang Republik Indonesia. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 Tentang Tentara Nasional Indonesia (pp. 1–42).

Utami, P. A. I., Rohmatillah, & Kholid, M. R. (2021). Character Values : what are they and how they are integrated in English textbook texts ? English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 14(2), 294–319. https://doi.org/10.24042/ee-jtbi.v14i2.9881

Warlim, Nurdin, E. S., & Supriyono. (2021). Character Development Based on National Values for Basic School Teachers. EDUCARE: International Journal for Educational Studies, 13(2), 165–180. https://journals.mindamas.com/index.php/educare/article/view/1414

Wulandari, R. T., Aisyah, E. N., & Untariana, A. F. (2020). The Efforts to Strengthen Nationalist Character Values Through the Methods of Story Telling and Dancing. 487(Ecpe), 144–148. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.027

Downloads

Published

04-04-2023

How to Cite

Faizah, F., Handayani, S. D., & Hartono, H. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Keprajuritan untuk Meningkatkan Karakter Nasionalis Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1986–1995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3407

Issue

Section

Articles