
Author
Husnul Khotimah(1

Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Article Analytic |
Published : 2022-10-22
Copyright (c) 2022 Husnul Khotimah, Sugito Sugito
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 178 times
PDF Downloaded: 39 times
Abstract
Penelitian dalam artikel ini dilatarbelakangi dengan penelitian terdahulu bahwa masih banyaknya kasus kekerasan verbal oleh orang tua kepada anak dengan sadar dan tidak sadar. Oleh karenanya perlu dilakukan kajian lebih dalam terkait persepsi orang tua single parent yang berprofesi guru mengenai kekerasan verbal. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenalogis. Tujuannya agar mengetahui tanggapan orang tua single parent yang berprofesi guru terkait kekerasan verbal, faktor apa yang membuat mereka melakukannya serta upaya pencegahannya. Responden berjumlah 4 orang tua single parent yang berprofesi guru. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan wawancara. Hasil temuan penelitian adalah orang tua sudah memahami konsep kekerasan verbal namun masih melakukannnya bahkan secara sadar. Orang tua masih tidak bisa mengendalikan emosi sehingga menggunakan teriakan untuk dijadikan pacuan agar anak disiplin. Kesimpulannya, kekerasan verbal tidak akan terjadi jika orang tua mampu mengajari anak agar disiplin tanpa meneriaki mereka.
Keywords
References
Alzoubi, F. A., Jaradat, D., & Abu Juda, A. (2021). Verbal abuse among newly hired registered Jordanian nurses and its correlate with self-esteem and job outcomes. Heliyon, 7(4), e06929. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06929
Cahyo, E. D., Ikashaum, F., & Pratama, Y. P. (2020). Kekerasan Verbal (Verbal Abuse) Dan Pendidikan Karakter. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2). https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2418
Erniwati, & Fitriani, W. (2020). Faktor-faktor penyebab orang tua melakukan kekerasan verbal pada anak usia dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6680
Evans, S. Z., Simons, L. G., & Simons, R. L. (2012). The Effect of Corporal Punishment and Verbal Abuse on Delinquency: Mediating Mechanisms. Journal of Youth and Adolescence, 41(8), 1095–1110. https://doi.org/10.1007/s10964-012-9755-x
Hayes, S. A., & Watson, S. L. (2013). The impact of parenting stress: A meta-analysis of studies comparing the experience of parenting stress in parents of children with and without autism spectrum disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 43(3), 629–642. https://doi.org/10.1007/s10803-012-1604-y
Hidayati, N. I. (2014). Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, dan Kemandirian Anak SD. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01). https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.364
Ibabe, I., Jaureguizar, J., & Bentler, P. M. (2013). Risk Factors for Child-to-Parent Violence. Journal of Family Violence, 28(5), 523–534. https://doi.org/10.1007/s10896-013-9512-2
Lawson, M., Piel, M. H., & Simon, M. (2020). Child Maltreatment during the COVID-19 Pandemic: Consequences of Parental Job Loss on Psychological and Physical Abuse Towards Children. Child Abuse and Neglect, 110(P2), 104709. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2020.104709
Mahmud, B. (2019). Kekerasan Verbal pada Anak. Jurnal An Nisa’, 12(2), 689–694. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/annisa/article/view/667
Muarifah, A., Wati, D. E., & Puspitasari, I. (2020). Identifikasi Bentuk dan Dampak Kekerasan pada Anak Usia Dini di Kota Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 757. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.451
Noer, K. U. (2019). Mencegah Tindak Kekerasan pada Anak di Lembaga Pendidikan. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 14(1), 47. https://doi.org/10.21580/sa.v14i1.2998
Pratiwi, N., & Sugito, S. (2021). Pola Penanganan Guru dalam Menghadapi Bullying di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1408–1415. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1784
Putri, A. M., Santoso, A. (2012). Persepsi Orang Tua Tentang Kekerasan Verbal Pada Anak. Jurnal Nursing Studies, 1, 22–29. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jnursing/article/view/127
Shiva Kumar, A. K., Stern, V., Subrahmanian, R., Sherr, L., Burton, P., Guerra, N., Muggah, R., Samms-Vaughan, M., Watts, C., & Mehta, S. K. (2017). Ending violence in childhood: a global imperative. Psychology, Health and Medicine, 22, 1–16. https://doi.org/10.1080/13548506.2017.1287409
Sumartiningsih, M. S., & Prasetyo, Y. E. (2019). A Literature Review: Pengaruh Cognitive Therapy Terhadap Post Traumatic Stress Disorder Akibat Kekerasan pada Anak. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(2), 167–176. https://doi.org/10.17509/jpki.v5i2.17429
Vega, A. De, Hapidin, H., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.227
Wu, Q., & Xu, Y. (2020). Parenting stress and risk of child maltreatment during the COVID-19 pandemic: A family stress theory-informed perspective. Developmental Child Welfare, 2(3), 180–196. https://doi.org/10.1177/2516103220967937
Yuniartiningsih, S. (2012). Gambaran Perkembangan Psikososial Anak Usia 3-6 Tahun Di Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa Cipayung. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Islam Negeri (Uin) Syarif Hidayatullah Jakarta, 6 of 94. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25663
Refbacks
- There are currently no refbacks.