Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Cacah pada Anak Usia Dini

Nahrowi Adjie(1Mail), Suci Utami Putri(2), Finita Dewi(3),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Nahrowi - Adjie

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.338

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-11-22
Published : 2019-12-03

Abstract


Pendidikan matematika realistik adalah salah satu alternative pendekatan pembelajaran yang dapat dipilih untuk meningkatkan hasil belajar, karena pendekatan ini akan mampu menjembatani proses pembelajaran matematika yang abstrak menjadi mudah dan terasa manfaatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan gambaran pelaksanaan pembelajaran matematika untuk anak usia dini dengan menggunakan pendekatan PMR. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model siklus dari Jean McNiff. Hasil penelitian menunjukkan (1) Aktivitas belajar pemahaman konsep bilangan dan pembelajarannya di PAUD selama menggunakan PMR di PGPAUD  UPI Kampus Purwakarta terkategori baik sekali, yang diperlihatkan oleh hasil pengamatan berkategori baik sekali (88% kategori A) dan (2) Hasil belajar pemahaman konsep bilangan dan pembelajarannya di PAUD sesudah menggunakan PMR mengalami kemajuan yang sangat baik, yang diperlihatkan pada pengerjaan lembar tugas dijawab dengan benar.


Keywords


pendidikan matematika realistic; bilangan cacah; anak usia dini

References


Cobb, P., Zhao, Q., & Visnovska, J. (2008). Learning from and Adapting the Theory of Realistic Mathematics education. Éducation et Didactique. https://doi.org/10.4000/educationdidactique.276

Indira, T., Somakim, S., & Susanty, E. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31100/histogram.v1i2.25

Lestari, I., Prahmana, R. C. I., & Wijayanti, W. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar.

Matematika, F. upi. education/jurna. teori pembelajaran. (2015). Teori Pembelajaran Matematika Menurut Dienes. Teori Pembelajaran Matematika menurut Dienes Abstrak. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97

Nopiyani, D., Turmudi, T., & Prabawanto, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.259

Noyes, A. (2007). Rethinking school mathematics. In Rethinking School Mathematics. https://doi.org/10.4135/9781446213506

Oftiana, S., & Saefudin, A. A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Srandakan. MaPan. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a10

Potter, L. W., & Wheeler, R. E. (1968). Modern Mathematics: An Elementary Approach. The Mathematical Gazette. https://doi.org/10.2307/3612737

Saputro, B. A., Prayito, M., & Nursyahidah, F. (2015). Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.3757

Soedjadi, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia : konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. https://doi.org/10.1080/00405000.2015.1133105

Soegandini, S., & Anugraheni, I. (2017). Perbedaan Pembelajaran Menggunakan Teori Dienes terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Semester 1 Tahun Ajaran 2016/2017. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1222

Supardi, S. (2015). Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif. https://doi.org/10.1007/s00227-007-0640-1

STreffers, A. (1987). Three dimensions A Model of Goal and Theory Description in Mathematucs Instruction - The Wiskobas Project. In D Reidel Publishing Company. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05957-0_4

Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646

Wiajayanti, ratna diiyah dan ni’matul istiqomah. (2017). Classroom Action Research. Implementation of Learning Model Talking Stick With Crossword Puzzle Model to Increase IPS Integrated Learning Outcomes. https://doi.org/10.17977/um099v1i12017p36

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik. In Yogyakarta: Graha Ilmu. https://doi.org/10.1016/j.ijrobp.2008.02.054

Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu. https://doi.org/10.21009/jpd.061.11

Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran Efikasi Diri (Self-Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2228


Article Metrics

 Abstract Views : 385 times
 PDF Downloaded : 92 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.