Metode Glenn Doman untuk Menumbuhkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini

Author


Nofita Retno Sari(1Mail), Choiriyah Widyasari(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 280KB]  Language: id
Published : 2022-10-05
Copyright (c) 2022 Nofita Retno Sari

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 515 times PDF Downloaded: 206 times

Abstract


Kemampuan membaca anak adalah sesuatu yang sifatnya penting, sehingga hal ini perlu untuk diteliti. Kemampuan membaca yang lemah tentunya dapat berdampak negatif, baik dari sisi prestasi akademik ataupun mental. Kelemahan yang dimiliki anak dalam kaitannya dengan membaca bisa menjadikan anak tidak memiliki rasa percaya diri, berkecil hati, serta menurunkan motivasi belajar. Tujuan penelitian guna mengetahui peningkatan kemampuan membaca anak usia dini dengan melalui metode glenn doman. Metode studi kasus dipergunakan pada penelitian ini, yaitu memanfaatkan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data penelitian dianalisis melalui langkah mereduksi dan menyajikan data, serta menyimpulkan. Penelitian ini didapatkan hasil yaitu, metode glenn doman bisa dipergunakan untuk mengembangkan peningkatan kemampuan membaca anak usia dini, yajni anak dapat menghubungkan gambar dengan kartu kata, melafalkan kata secara jelas, serta dapat mengucapkan bunyi huruf secara benar. Sehingga, adanya pengaruh cukup signifikan dari metode glenn doman terhadap peningkatan kemampuan membaca pada anak usia dini.


Keywords


metode glenn doman; membaca permulaan; anak usia dini

References


Akhmad Shunhaji, N. F. (2020). Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Akhmad. Block Caving - A Viable Alternative?, 2(2), 1-30. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29-37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682

Dhieni, N. (2018). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: UT.

Doman, G dan Janet Doman. (2016). How To Teach Your Baby To Read. Indonesia: GD Baby’s Program.

Fitriya, A. N. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca PRA-Membaca Kata Pada Anak Kelompok B Tk Puside Musi Melalui Media Permainan Kartu Huruf. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 484-488. https://doi.org/10.21831/jpa.v3i2.11703

Hariyanto, A. (2014). Membuat Anak Cepat Pintar Membaca. Jogjakarta: Diva Press.

Hidayati, R., YP, S., & Artharina, F. P. (2019). Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 112. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17388

Kristin, F. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 171-176. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Cross-case data analysis. In Qualitative data analysis: An expanded sourcebook(3rd ed.). Sage.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.34

Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759-764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372

Pusvitasari, R. (2021). Human Resource Management in Improving The Quality of Education. AlTanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 125-135. https://doi.org/10.51276/edu.v2i2.13

Rahman, U. (2019). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4

Rozi, F., & Firdausiah, F. (2021). Implementation of Role-Playing Games in Overcoming Introverted Children. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1394-1402. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.629

Rumidjan, Sumanto, & Badawi, A. (2017). Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 62-68. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p062

Selian, N. (2019). the Management of Pre School Towards Accreditation Standards. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 11(2), 197. https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i2.150

Simanjuntak, G. M., Widyana, R., & Astuti, K. (2020). Pembelajaran Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Pra-Membaca Pada Anak Usia Pra-Sekolah. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 51-54. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.21082

Suciati, S. (2018). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 358. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3480

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Suyanto, K.K.E. (2012). English for Young Learners. Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, Asyik, dan Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Umiarso, & Hidayati, N. (2022). Improving Children â€TM s Cognitive Intelligence Through Literacy Management. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1588-1598. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1817

Wahyudin, U. R., Winara, D., & Permana, H. (2021). Teacher Professionalism Improvement Management: Study of Principal Leadership at SMA Al-Ittihad Karang Tengah Cianjur. AlTanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 115-124. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i2.2222.

Wildova, R., & Kropackova, J. (2015). Early Childhood Pre-reading Literacy Development. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191(2), 878-883. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.418

Yumi, M., Atmazaki, A., & Gani, E. (2019). Performa Kalimat Anak pada Masa Konstruksi Sederhana: Studi Kasus terhadap Anak Usia 4 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 191. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.162

Zamroni, & Qatrunnada, W. (2021). Utilization of Digital Applications in Learning Assessment Utilization of Digital Applications in Learning Assessment. Journal of Physics: Conference Series, 1899, 1-5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1899/1/012156


Refbacks

  • There are currently no refbacks.