Abstract
Peneliti ini dilatarbelakangi melihat belum optimalnya penggunaan metode gerak dan lagu dalam mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak di Taman anak-kanak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pelaksanaan metode gerak dan lagu terhadap perkembangan sosial dan emosional anak. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian mixed methods menggunakan design explanatory research. Subjek penelitian ini yaitu 44 guru di Kota Padang. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian kuantitatif yaitu cross sectional design dengan angket sedangkan untuk penelitian kualitatif yaitu menggunakan alur dari Miles dan Huberman dengan dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan metode gerak dan lagu berpengaruh terhadap perkembangan sosial anak dengan tingkat capaian 75% dan terhadap Emosional anak tingkat capaiannya sebesar 86%. %. Metode gerak dan lagu dapat mengembangkan sosial dan emosional anak melalui kegiatan pembiasaan yang dilakukan setiap pagi dengan diiringi lagu-lagu yang menarik minat anak, seperti menanam jagung, kupu-kupu, dan lain-lain.