
Author
Septika Cahya Rahmawati(1

Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Article Analytic |
Published : 2023-01-12
Copyright (c) 2023 septika Cahya Rahmawati, Joko Pamungkas
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 50 times
PDF Downloaded: 13 times
Abstract
Pembelajaran tari menggunakan tembang lagu Lir-ilir, tembang ini memiliki banyak makna yang dapat diajarkan untuk anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana isi konten tari Lir-ilir anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Diawali dengan melakukan analisis data sekunder mengenai gambaran terkait dengan kegiatan pembelajaran seni tari lir-ilir di Taman Kanak-kanak. Dari hasil penelitian ini Tarian lir ilir memiliki banyak kandungan makna filosofis dan nilai-nilai budaya yang dapat diajarkan pada anak usia dini. Bait dari tembang tersebut ialah Tak ijo royo-royo tak sengguh temanten anyar, mempunyai makna mempunyai kesuksesan dan kebermanfaatan untuk orang lain. Cah angon-cah angon penekno blimbing kuwi, lunyu-lunyu penekno kanggo mbasuh dodotiro mempunyai makna untuk tidak mudah menyerah dan tetap berusaha. Dodotiro-dodotiro kumintir bedha ing pinggir, dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore, mumpung padhang rembulane , mempunyai makna jika salah dapat segera meminta maaf. Dengan arti filosofis yang terkandung dalam tembang tersebut ketika menari anak-anak dapat diberikan pemahaman tentang makna tembang Lir-ilir.
Keywords
References
Achmad, C. (2003). Sunan Kalijaga Mistik dan Makrifat. PT Serambi Ilmu Semesta.
Amih, D., & Rakhman, A. (2022). Kegiatan Bernyanyiasmaulhusna Dalam Mengembangkan Kemampuan Seni Musik Pada Anak Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(3). https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/10397
Dewi, T. P., Purwad, P., & Mudzanatun Mudzanatun. (2019). Analisis Nilai Karakter Religius dan Nilai Karakter Tanggung Jawab Pada Tembang Dolanan Lir-ilir dan Sluku-Sluku Bathok. Semar, 8(1). https://doi.org/10.20961/semar.v8i1.18044
Hardiyan, Ri. C., Aesijah, S., & Suharto. (2019). Pembelajaran Lagu Dolanan untuk menanamkan nilai karakter pada siswa SD Negeri Sekaran 01. Seni Musik, 8(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm/article/view/35048
Hasiana, I., & Wirastania, A. (2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 1(2), 131–138. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23
Huliyah, M. (2016). Pengembangan Daya Seni Pada Anak Usia Dini. As-sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/201
Mukhlasin, A. (2019). Pendidikan Karakter Pemimpin melalui Tembang Dolanan. IAIIG Journal, 3(1), 41–49. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/201
Mulyani, N. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Gava media.
Mulyani, N. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Rosda Karya.
Mulyono, M. (2020). Strategi Pendidikan Dalam Tembang Lir-Ilir Sunan Kalijaga Sebagai Media Dakwah Kultural. Tadbir : Jurnal Menejemen Dakwah, 5. https://doi.org/10.15575/tadbir.v5i1.1969
Munirah. (2018). Urgensi Pengembangan Sosial dan EMosional Anak Usia Dini. Irfani, 14(1), 19–27. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/943
Nugraheni, T., & Pamungkas, J. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Seni Pada PAUD. ECRJ, 5(1). https://doi.org/10.23917/ecrj.v5i1.18689
Paaneah, D. Z., Sunardi, & Wuryani, E. (2019). Pemahaman Syair Tembang Lir ilir Karya Sunan Kalijaga dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas VII B SMPKristen Satya Wacana Salatiga. Satya WIdya, XXXV(2), 140–147. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p140-147
Pamungkas, J. (2021). Identification of missing eastern cultural values during the Covid-19 pandemic in early childhood learning. JPPI, 7(3), 495–498. https://doi.org/10.29210/020211238
Permanasari, A. T., Lestari, D. J., & Fujiawati, F. S. (2018). Penerapan Pembelajaran Tari Untuk Anak Usia Dini Dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sendratasik Untirta. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(2), 135–148. https://doi.org/10.30870/jpks.v3i2.4582
Pratiwi, D., Respati, R., & Aini Loita. (2022). Analisis Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Musik Untuk Anak Usai Dini. Pendidikan Dan Konseling, 4(4). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5972
Pujiharti, E. S. (2016). Tembang Lir-ilir Bagi Guru menumbuhkan motivasi belajar di pendidikan formal (studi kasus di TK Wahid Hasyim Dinoyo Malang). MPI, 1(2). https://doi.org/10.18860/jmpi.v1i2.3963
Raharjo, I. B., & YUlianto, D. (2020). Pengelolaan Aktivitas Ekstrakurikuler Seni Musik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pinus Pijar Nusantara, 6(1). https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.15218
Riva’i, F. A., & Nurdianti, M. (2018). Konsep pendidikan islam menurut pemikiran sunan kalijaga dalam tembang lir-ilir. Al Mubin, 1(1). https://doi.org/10.51192/almubin.v1i1.88
Rukiyah, Suningsih, T., & Syafdaningsih. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 6(4), 3714–3726. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2385
Sejati, I. R. H. (2018). Pembelajaran Bina Vokalia sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler di PAUD Terpadu Satya Wacana Children Center Salatiga. Seni Musik, 7(2), 1–5. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm/article/view/29453
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. alf.
Sulistyo, B. (2006). Metode Penelitian. Wedatama WIdya Sastra.
Sutini, A. (2012). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia DIni. Cakrawala Dini Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini., 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10333
Tabrani, Saifulah, & Walidin W. (2015). Metode Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar Rainiry Press.
Wulandari, R. T. (2017). Pembelajaran Olah Gerak dan Tari Sebagai Sarana Ekspresi dan Apresiasi Seni Bagi Anak Usia Dini. PAUD UM, 8(1). http://paud.fip.um.ac.id/prosiding-pembelajaran-olah-gerak-dan-tari-sebagai-sarana-ekspresi-dan-apresiasi-seni-bagi-anak-usia-dini/html
Yuli Sectio Rini. (n.d.). Lagu Dolanan Anak Sebagai Media Pendidikan Anak Usia Dini. In UNY.
Yuningsih, C. R. (2019). Pembelajaran Seni Rupa di Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasi Sebelas April, 3(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.