Proses Penerapan Etika Bertoilet pada Anak Usia Dini

Dewi Hayati(1Mail),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pelita Harapan, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Dewi Hayati

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.334

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-11-20
Published : 2019-12-02

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan etika bertoilet siswa dengan berpedoman pada kriteria berdasarkan jenis toilet dan permasalahan kebersihan yang terjadi.. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Dari hasil penelitian ini, dapat dilihat bahwa anak kelompok umur 4-5 tahun siap mendapatkan pembelajaran etika bertoilet. Performa siswa berkategori baik pada siklus I kemudian menjadi sangat baik di siklus II. Dengan pembelajaran etika bertoilet, sekolah berkontribusi dalam membentuk karakter anak bangsa yang peduli terhadap diri sendiri dan lingkungan, khususnya kenyamanan tempat umum.


Keywords


etika bertoilet; anak usia dini

References


Aghnaita, A. (2017). Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 219. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-09

Arisnani Wibawati. (2014). Peningkatan Kemampuan Klasifikasi Melalui Benda Konkret Pada Anak Kelompok A1 Di RA Al Husna Paku Alaman Yogyakarta (Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/13034/1/SKRIPSI-Arisnani W-11111247015%281%29.pdf

Dwi Rahdiyanta. (2012). Penelitian Tindakan Kelas (Pengertian, Prinsip, dan Karakteristik PTK). Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/131569341/penelitian/23-penelitian-tindakan-kelas-pengertian-prinsip-karakteristik.pdf

M. Yusuf Tahir, Rismayani, Sartika, I. D., & Hartika, A. S. (2019). Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. NANAEKE Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1).

Machmud, I., & Rumate, F. A. (2017). Etika dan Perilaku. Retrieved from http://www.unhas.ac.id/hasbi/LKPP/Hasbi-KBK-SOFTSKILL-UNISTAFF-SCL/P3AI-Unhas/ETIKA DAN PERILAKU.doc

Maemonah. (2012). Aspek-aspek dalam pendidikan karakter. Forum Tarbiyah, 10(9), 31.

Martosenjoyo, T. (2016). Budaya Bertoilet: Duduk atau Jongkok? ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i1.995

Mawardi, D. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 14(1), 269–288.

Muhtadi, A. (2007). Teknik Dan Pendekatan Penanaman Nilai Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 60–69. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/222180-teknik-dan-pendekatan-penanaman-nilai-da.pdf

Nihayah, I. (2018). Analisis peran keluarga dalam membentuk karakter anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6, 31–56.

Nurhasanah, H. (2016). Peningkatan Kemampuan Bina Diri Toilet Training Anak Autis Melalui Metode Latihan (Drill) Di Pusat Layanan Autis Yogyakarta (Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/47659/1/Hani Nurhasanah_12103241017.pdf

Pambudi, R. A., Sunarko, B., & Rusmiati. (2019). Keberadaan Jamur Candida Albicans Fasilitas Sanitasi Toilet Di SPBU. GEMA Lingkungan Kesehatan, 17.

Pramono, D., & Risnawati, A. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Latihan Pembiasaan Penggunaan Toilet di KB Al-Hidayah Insan Mandiri Kabupaten Bandung  Corresponding author. 2(1), 64–69. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.8.

Prihanti, G. S., A., L. D., R, H., I., A. I., P., H. S., P., G. R., & F., S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Tatanan Rumah Tangga Di Wilayah Kerja Puskesmas Poned X. Saintika Medika, 14(1), 7–14. https://doi.org/10.22219/sm.vol14.smumm1.6644

Purnama, S. (2018). Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha. Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education, 1(1), 493–502. Retrieved from http://www.p21.org/storage/documents/1.__p21_framework_2-pager.pdf

Rahayuningsih, S. I., & Rizki, M. (2014). Kesiapan Anak Dan Keberhasilan Toilet Training Di Paud Dan TK Bungong Seuleupoek Unsyiah Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 3(3), 274–284.

Riyanto, A. (2015). Pendidikan Etika Membangun Kepribadian Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 1–12.

Sani, R. A., & Sudiran. (2012). Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas (Maret 2015). Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/1629/

Satriani. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Rantai Makanan Dengan Metode Picture And Picture Di Kelas IV SDN 1 Labuan Lobo Kabupaten Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(9), 120–131. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/118609-ID-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-po.pdf

Sumini, T. (2005). Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Profesi Guru. Retrieved from https://www.usd.ac.id/lembaga/lppm/f1l3/Jurnal Historia Vitae/vol24no1april2010/PENELITIAN TINDAKAN KELAS Th sumini.pdf

Suyati, E. S., Nurbudiyani, I., & Suniati. (2016). Pengembangan Instrumen Evaluasi Afektif Mata Pelajaran IPS-Ekonomi di Sekolah Menegah Pertama. Anterior, 15(2), 134–143. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/258572-pengembangan-instrumen-evaluasi-afektif-001d1a5e.pdf. https://doi.org/10.33084/anterior.v15i2.48.

Zakiyah, Q. Y., & Rusdiana, A. (2014). Pendidikan Nilai (1st ed.; M. S. Drs. Beni Ahmad Saebani, Ed.). Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/8789/1/Buku Pendidikan Nilai.pdf


Article Metrics

 Abstract Views : 108 times
 PDF Downloaded : 46 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.