Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Pembelajaran Metode Montessori

Author


Eka Damayanti(1Mail),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 438KB]  Language: id
Published : 2019-12-23
Copyright (c) 2019 Eka Damayanti

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 6506 times PDF Downloaded: 2410 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian anak setelah penerapan pembelajaran metode Montessori di Bright Star Makassar School. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pretest-posttest one group dengan subjek penelitian sebanyak lima belas anak. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa skala observasi kemandirian (behavioral checklist pada kemandirian anak) dengan model skala likert dan guide interview. Data dianalisis menggunakan statistic non parametric Wilcoxon Signed Rank Test. Hasilnya menunjukkan p = 0.001 (p < 0.05), artinya penerapan metode Montessori signifikan meningkatkan kemandirian anak di Bright Star Makassar School. Keseluruhan sampel dalam penelitian ini semakin mandiri setelah diterapkan pembelajaran menggunakan metode Montessori dan tidak ada satu anak pun yang tidak mengalami kemajuan kemandirian. Begitu pula berdasarkan data statistik deskriptif ditemukan adanya perbedaan rata-rata skor kemandirian sebelum dengan rata-rata skor kemandirian sesudah perlakuan pembelajaran menggunakan metode Montessori. Penelitian ini membuktikan kemandirian anak dapat ditingkatkan melalui pembelajaran metode Montessori.


Keywords


anak usia dini; kemandirian; montessori

References


Arhan, M. (2014). Implementasi Metode Shaping dalam Menanamkan Kemandirian Anak Di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Pontianak Selatan. Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Diana. (2017). Model-model Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.

Elytasari, S. (2017). Esensi Metode Montessori dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).

Hainstock. (2008). Kenapa Montessori?Jakarta: Mitra Media.

Hasan, M. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: DIVA Press.

Indrijati, H. (2017). Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: Kencana.

Jaipaul L. R, & James E. J. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam berbagai pendekatan. Jakarta: Prenada Media Group.

Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Grasindo.

Joosten, A. M. (2013). Exercises of Practical Life: Introduction and List. The NAMTA Journal, 38(2).

Kadir. (2016). Statistik Terapan. Jakarta: Rajawali Pers.

Lazuardi, A. L. (2013). Metode Montessori: Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD Pendidikan Anak usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Masyrofah. (2017). Model Pembelajaran Montessori Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).

Nasution, R. . (2017). Penanamana Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori. Jurnal RAUDHAH; Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA), 5(2).

Papalia, D.E., Old, S. ., & Feldman, R. . (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana.

Parker, D. K. (2005). Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rantina, M. (2015). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life (Penelitian Tindakan Di TK B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota, Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2).

Roopnarine, J. L., & Johnson, J. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini: Dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Kencana.

Savitri, I. M. (2019). Montessori for Multiple Intelligences. Yogyakarta: Bentang.

Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.

Suhada, I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Raudhatul Athfal). Bandung: Rosda.

Sumitra, A. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif Di PAUD Assyaidiyah Kab. Bandung Barat). Jurnal EMPOWERMENT, 4(1).

Susanto, A. (2017). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wati, D., & Hastuti, W. (2018). Pengaruh Teknik Shaping untuk Membentuk Kemampuan Menggosok Gigi Secara Mandiri pada Siswa Tunagrahita Sedang. Jurnal Ortopedagogia, 4(2). https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p076.

Wulandari, D., Muzakki, J., & Saifuddin. (2018). Implementasi Pendekatan Metode Montessori dalam Membentuk Karakter Mandiri pada Anak Usia Dini. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2). https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3216.

Yamin, & Kurniawan, H. (2009). SPSS Complete: Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Sofware SPSS. Jakarta: Salemba.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.