Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat

Author


Desni Yuniarni(1Mail), Renny Puspita Sari(2), Ahmad Atiq(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia(1)
Sistem Informasi, Universitas Tanjungpura, Indonesia(2)
Pendidikan Kesehatan, Jasmani dan Rekreasi, Universitas Tanjungpura, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 912KB]

Published : 2019-11-28

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 2859 times PDF Downloaded: 1160 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif berbentuk video senam animasi berbasis budaya khas Kalimantan Barat dalam pembelajaran di PAUD. Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D (four-D) yaitu define, design, develop, dan disseminate dapat diadaptasikan menjadi 4P yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek dalam penelitian ini guru-guru di PAUD Anggrek Kabupaten Kubu Raya. Dilakukan uji coba produk kepada para anak PAUD usia 4-5 tahun dan usia 5-6 tahun di PAUD Anggrek yang berjumlah 40 orang anak. Sumber data dalam penelitian ini juga melibatkan dosen-dosen prodi PG-PAUD FKIP UNTAN, Psikolog Perkembangan Anak untuk mendapatkan data validasi ahli media dan ahli materi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan multimedia interaktif berbentuk video senam animasi berbasis budaya khas Kalimantan Barat, dinilai sangat layak untuk digunakan dan dapat menarik minat anak untuk melakukan gerakan senam


Keywords


senam berbasis budaya khas kalimantan barat; multimedia interaktif; anak usia dini

References


Apta, M. (2014). Konstruksi Tes Ketrampilan Bola Basket untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan, 1, 32-46.

Azwar,Saifuddin. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diartono. (2008). Modul Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. Universitas Stikubank Semarang. Tesis Tidak Diterbitkan.

Galih Dwi Pradipta, Pamuji Sakoco. (2013). Model Senam Si Buyung Untuk Pembelajaran Motorik Kasar Pada Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Keolahragaan. Volume 1 Nomor 2. https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.2569.

Husdarta. (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Afabeta.

Ibda, Fatimah. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget.Retrieved Januari-Juni 2015, from Jurnal UIN Ar-raniry: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/

download/197/178.

Nisnayeni. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Irama Di Taman Kanak Kanak Bina Ummat Pesisir Selatan. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD. Vol 1, No . 1

Paiman. (2009). Olahraga dan Kebugaran Jasmani (Physical Fitness). Cakrawala Pendidikan, 3, 270-281.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Prenada Media Grup: Jakarta

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Bambang. (2011). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sujiono. B. 2010. Metode Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Depdikas: Jakarta

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Suyanto, M. (2003). Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi Offset: Yogyakarta.

Vaughan, Tay. (2004). Multimedia : Making It Work. Edisi ke-6. Tim Penerjemah ANDI. Yogyakarta: Tim Penerbit ANDI.

Yuliansih. (2015). Pengaruh Senam Irama Terhadap Kemampuan Motorik Anak Usia 5 Tahun. http://eprints.ums.ac.id/37663/1/NASKAH %20PUSBLIKASI.pdf . Diakses pada pada 26 Maret 2018

Zulkifli. (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. Jakarta: Ditjen Olahraga Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.