
Author
Bima Putro Wijayanto(1

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)

Article Analytic |
Published : 2022-10-24
Copyright (c) 2022 Bima Putro Wijayanto, Choiriyah Widyasari
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 229 times
PDF Downloaded: 95 times
Abstract
Pengenalan Kosakata bahasa inggris pada anak usia dini perlu diajarkan agar perkembangan bahasa anak menjadi luas dan tidak hanya mengerti bahasa yang sering digunakan. Tujuan Penelitian ini mengetahui efektivitas media buku ajar Happy Thinking untuk meningkatkan kosakata bahasa inggris anak di TK Aisyiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang bertujuan untuk meneliti kemungkinan sebab akibat menggunakan satu atau lebih kondisi perlakuan kepada siswa. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai rata-rata pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen terdapat perbedaan yaitu pada kelompok kontrol nilai rata-rata sebesar 4,00, kemudian untuk kelompok eksperimen nilai rata-rata sebesar 5,89. Kesimpulan yang perlu diberikan yaitu bahwa penggunaan buku ajar Happy Thinking Unit I My Body efektif untuk meningkatkan Kemampuan kosakata awal anak karena peningkatan ini dapat diketahui melalui nilai skor yang didapat anak antara sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Anak-anak juga antusias di dalam melaksanakan kegiatan karena berbagai kegiatan yang diberikan di buku sesuai dengan tahap usia mereka dan materi yang diberikan sesuai dengan ketertarikan mereka di TK Aisyiyah 31 Sidodadi, Laweyan, Surakarta
Keywords
References
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377
Cahyaningtyas, A. S. (2020). Pembelajaran Menggunakan Augment Reality Untuk Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 20. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2850
Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). Higher Education Research Methodology. Higher Education Research Methodology. https://doi.org/10.4324/9781315149783
Fauziah, F., & Rahman, T. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(02), 108–114. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.870
Fika, Y., Meilanie, S. M., & Fridani, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Bicara Anak melalui Bermain Peran Berbasis Budaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 50. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.229
Hadisi, L. (2016). Efektifitas Pendidikan Karakter Pada Sekolah Anak Usia Dini: Studi PadaTK Islam Terpadu Al-Qalam Kendari. 11(2), 109-125. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-izzah/article/view/457
Hadley, E. B., & Mendez, K. Z. (2021). A systematic review of word selection in early childhood vocabulary instruction. Early Childhood Research Quarterly, 54, 44–59. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.07.010
Henderson, L., Weighall, A., & Gaskell, G. (2013). Learning new vocabulary during childhood: Effects of semantic training on lexical consolidation and integration. Journal of Experimental Child Psychology, 116(3), 572–592. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2013.07.004
Herdyastika, M., & Kurniawan, M. (2020). Analisis Perbandingan Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Inovatif di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1585–1593. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.902
Hermalasari, M., Hasbi Noor, A., & Rohmalina. (2022). Mengembangkan Minat Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Balok. Jurnal CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adatif), 6(1), 2714–4107. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/9883
Jannah, A. R., Hamid, L., & Srihilmawati, R. (2020). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuanmembaca Pada Anak Usia Dini. Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 1(2), 1-17. https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/10
Kholisabela, U. (2021) Pengembangan Media Buku Bergambar Untuk Menstimulasi Aspek Bahasa Anak Kelompok B Di Tk Al-Hidayah Sukabumi Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/15534
Lestari, M. A., Elianti, M., & Permana, A. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Penanaman Nilai-Nilai Moral Siswa SD Kelas Rendah. 4(2), https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/1234
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086
Manikam, A. F. J. (2019). Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://ojs.unm.ac.id/tematik/article/view/20287
Ningtias, N. E. (2022). Efektivitas Buku Ajar Happy Thinking Unit IIIParts of the Plantuntuk Meningkatkan Kosakata Awal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4713–4725. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2657
Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204
Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 44–53. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288
Puspaardini, P., Ibrahim, N., Zubaidi, M., & Syahputra, H. (2019). Media realia dalam mengenalkan kosakata anak kelompok A di TK Kembang Teratai Kelurahan Lekobalo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 63–80. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/7373
Roswati, E. (2020). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Permainan Chinese Whispers. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/6420
Setyanto, A. E. (2002). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 37-48. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/239
Surahman, F., Sanusi, R., & Dewi, T. M. (2020). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani Bagi Anak Usia Dini. Journal Sport Area, 5, 116–127. https://doi.org/10.25299/sportarea..vol().4797
Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5365
Verhoef, E., Shapland, C. Y., Fisher, S. E., Dale, P. S., & St Pourcain, B. (2021). The developmental origins of genetic factors influencing language and literacy: Associations with early-childhood vocabulary. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 62(6), 728–738. https://doi.org/10.1111/jcpp.13327
Willbur, S. (1997). The Beginnings Of Communication Study in America. https://us.sagepub.com/en-us/nam/the-beginnings-of-communication-study-in-america/book3053
Refbacks
- There are currently no refbacks.