Efektivitas Buku Ajar Happy Thinking Unit I My Body untuk Meningkatkan Kosakata Awal Anak Usia Dini

Author


Bima Putro Wijayanto(1Mail), Choiriyah Widyasari(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 310KB]

Published : 2022-10-24

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 265 times PDF Downloaded: 129 times

Abstract


Pengenalan Kosakata bahasa inggris pada anak usia dini perlu diajarkan agar perkembangan bahasa anak menjadi luas dan tidak hanya mengerti bahasa yang sering digunakan. Tujuan Penelitian ini mengetahui efektivitas media buku ajar Happy Thinking untuk meningkatkan kosakata bahasa inggris anak di TK Aisyiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang bertujuan untuk meneliti kemungkinan sebab akibat menggunakan satu atau lebih kondisi perlakuan kepada siswa. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai rata-rata pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen terdapat perbedaan yaitu pada kelompok kontrol nilai rata-rata sebesar 4,00, kemudian untuk kelompok eksperimen nilai rata-rata sebesar 5,89. Kesimpulan yang perlu diberikan yaitu bahwa penggunaan buku ajar Happy Thinking Unit I My Body efektif untuk meningkatkan Kemampuan kosakata awal anak karena peningkatan ini dapat diketahui melalui nilai skor yang didapat anak antara sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Anak-anak juga antusias di dalam melaksanakan kegiatan karena berbagai kegiatan yang diberikan di buku sesuai dengan tahap usia mereka dan materi yang diberikan sesuai dengan ketertarikan mereka di TK Aisyiyah 31 Sidodadi, Laweyan, Surakarta


Keywords


kosakata; buku ajar; anak usia dini

References


Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377

Cahyaningtyas, A. S. (2020). Pembelajaran Menggunakan Augment Reality Untuk Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 20. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2850

Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). Higher Education Research Methodology. Higher Education Research Methodology. https://doi.org/10.4324/9781315149783

Fauziah, F., & Rahman, T. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(02), 108–114. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.870

Fika, Y., Meilanie, S. M., & Fridani, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Bicara Anak melalui Bermain Peran Berbasis Budaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 50. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.229

Hadisi, L. (2016). Efektifitas Pendidikan Karakter Pada Sekolah Anak Usia Dini: Studi PadaTK Islam Terpadu Al-Qalam Kendari. 11(2), 109-125. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-izzah/article/view/457

Hadley, E. B., & Mendez, K. Z. (2021). A systematic review of word selection in early childhood vocabulary instruction. Early Childhood Research Quarterly, 54, 44–59. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.07.010

Henderson, L., Weighall, A., & Gaskell, G. (2013). Learning new vocabulary during childhood: Effects of semantic training on lexical consolidation and integration. Journal of Experimental Child Psychology, 116(3), 572–592. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2013.07.004

Herdyastika, M., & Kurniawan, M. (2020). Analisis Perbandingan Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Inovatif di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1585–1593. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.902

Hermalasari, M., Hasbi Noor, A., & Rohmalina. (2022). Mengembangkan Minat Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Balok. Jurnal CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adatif), 6(1), 2714–4107. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/9883

Jannah, A. R., Hamid, L., & Srihilmawati, R. (2020). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuanmembaca Pada Anak Usia Dini. Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 1(2), 1-17. https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/10

Kholisabela, U. (2021) Pengembangan Media Buku Bergambar Untuk Menstimulasi Aspek Bahasa Anak Kelompok B Di Tk Al-Hidayah Sukabumi Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/15534

Lestari, M. A., Elianti, M., & Permana, A. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Penanaman Nilai-Nilai Moral Siswa SD Kelas Rendah. 4(2), https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/1234

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086

Manikam, A. F. J. (2019). Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://ojs.unm.ac.id/tematik/article/view/20287

Ningtias, N. E. (2022). Efektivitas Buku Ajar Happy Thinking Unit IIIParts of the Plantuntuk Meningkatkan Kosakata Awal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4713–4725. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2657

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 44–53. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288

Puspaardini, P., Ibrahim, N., Zubaidi, M., & Syahputra, H. (2019). Media realia dalam mengenalkan kosakata anak kelompok A di TK Kembang Teratai Kelurahan Lekobalo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 63–80. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/7373

Roswati, E. (2020). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Permainan Chinese Whispers. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/6420

Setyanto, A. E. (2002). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 37-48. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/239

Surahman, F., Sanusi, R., & Dewi, T. M. (2020). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani Bagi Anak Usia Dini. Journal Sport Area, 5, 116–127. https://doi.org/10.25299/sportarea..vol().4797

Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5365

Verhoef, E., Shapland, C. Y., Fisher, S. E., Dale, P. S., & St Pourcain, B. (2021). The developmental origins of genetic factors influencing language and literacy: Associations with early-childhood vocabulary. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 62(6), 728–738. https://doi.org/10.1111/jcpp.13327

Willbur, S. (1997). The Beginnings Of Communication Study in America. https://us.sagepub.com/en-us/nam/the-beginnings-of-communication-study-in-america/book3053


Refbacks

  • There are currently no refbacks.