Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini di Wilayah Sekitar Candi Borobudur

Author


Ema Khalimah(1Mail), Iis Prasetyo(2),
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 346KB]  Language: id
Published : 2022-09-13
Copyright (c) 2022 Ema Khalimah, Iis Prasetyo

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 334 times PDF Downloaded: 192 times

Abstract


Candi Borobudur terletak di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.  Keberadaan candi Borobudur telah memberikan pengaruh bagi masyarakat sekitar candi Borobudur dalam banyak hal, termasuk bagi orang tua dalam menanamkan karakter pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran penanaman nilai-nilai  karakter terhadap anak usia dini di wilayah sekitar candi Borobudur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentsi. Beberapa pertanyaan kepada orang tua dilakukan dengan menggunakan google form. Analisis data kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekhasan wilayah Borobudur telah memberikan arah pandang orang tua dalam menanamkan nilai karakter bagi anak usia dini seperti rasa toleransi beragama, ramah, peduli, jujur, suka menolong, peka terhadap orang lain, menanamkan sikap menjaga warisan kuno, melestarikan budaya, menanamkan jiwa wirausaha, kreatif, inovatif, dan gigih, kerjasama, dan menanamkan nilai seni.


Keywords


penanaman karakter; anak usia dini; Borobudur

References


Arintoko, Ahmad, A. A., Gunawan, D. S., & Supadi. (2018). Pemetaan dan potensi desa wisata menuju pengembangan kawasan desa wisata di Kecamatan Borobudur. Prosiding Seminar Nasional, November, 50–60. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/view/628

Boonk, L., Gijselaers, H. J. M., Ritzen, H., & Brand-Gruwel, S. (2018). A review of the relationship between parental involvement indicators and academic achievement. Educational Research Review, 24, 10–30. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.02.001

Dewanti, R. Ay. (2018). Pesona Candi Borobudur Sebagai Wisata Budaya. Pesona Candi Borobudur Sebagai Wisata Budaya, 1–7. https://doi.org/10.31219/osf.io/hs3mc

Eliseo Andreu-Cabrera. (2007). Traditional Children’s Games In The Mediterranean: Analogies. Education, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.4100/jhse

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585

Helena, C., & Kinanthi, M. (2021). Peran Koherensi Diri Terhadap Resiliensi Keluarga Pada Orang Tua Tunggal. Journal of Psychological Science and Profession, 5(3), 258. https://doi.org/10.24198/jpsp.v5i3.27018

Herawati, T., Pranaji, D. K., Pujihasvuty, R., & Latifah, E. W. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pelaksanaan Fungsi Keluarga di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 13(3), 213–227. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.3.213

Hidayah, A. N., & Agutinah, R. (2019). Balkondes Candirejo Magelang Sebagai Bentuk Pengembangan Desa Wisata Yang Berkelanjutan. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 3(1), 70–81. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/1364

Islam, M. A. (2016). Peran Brand Borobudur Dalam Pariwisata Dan World Heritage. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 8(3), 377–392. https://doi.org/10.33153/dewaruci.v8i3.1129

Killen, M., Rutland, A., & Ruck, M. D. (2011). Social Policy Report: Promoting Euqity, Tolerance, and Justice in Childhood. Sharing Child and Youth Development Knowledge, 25(4). https://doi.org/10.1002/j.2379-3988.2011.tb00069.x

Kristiyani, A. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Di Pg-Tpa Alam Uswatun Khasanah Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter (JPK), (5)3, 252–263. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/5630

Kusuma, C. S. D. (2019). Integrasi bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 43–50. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24493

Mafaza, A., & Setyowati, K. (2020). Collaborative Governance Dalam Pengembangan Desa Wisata. Jurnal Kebijakan Publik, 11(1), 7. https://doi.org/10.31258/jkp.11.1.p.7-12

Marimin, Darwis, R., & Sutono, A. (2017). Konservasi Warisan Budaya Sebagai Penyangga Destinasi Unggulan Kawasan Borobudur: Studi Atraksi Wisata Di Sanggar Kesenian Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Barista, 4(2), 167–180. https://journal.stp-bandung.ac.id/index.php/barista/article/view/147

Mohammadi, Y., Alipour Moqaddam, K., Ganjifard, M., & Kazemi, S. (2017). The Relationship of Parenting Styles, Self-confidence and Students’ Academic Achievement. Future of Medical Education Journal, 7(3), 9–13. https://fmej.mums.ac.ir/article_9388.html

Mone, H. F. (2019). Dampak perceraian orang tua terhadap perkembangan psikososial dan prestasi belajar. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 155–163. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.20873

Mujtaba, I., Susanto, A., Lianasari, D., Purnanto, A. W., & Rahmawati, P. (2020). The Parents’ Parenting Patterns Who Work in Borobudur Temple Area with Development of Student Characters in Elementary Schools. 436, 1102–1104. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.231

Nafsia, A., Yufiarti, Y., & Supena, A. (2020). Pembentukan Karakter Anak melalui Budaya Nalo pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 703. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.439

Pratiwi, S., Nugraheni, T. W., & Mulyadi. (2021). Potret Perubahan Karakter Ramah dan Percaya Diri pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kampung Wisata Pelangi Semarang. Icee, 51–59. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/12539

Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273

Rahmat, S. T., & Sum, T. A. (2017). Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 9(2), 111–123. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm/article/view/123

Raiz, I. J., & Bisri, M. H. (2018). Bentuk Pertunjukan Tari Kubro Siswo Arjuno Mudho Desa Growong Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Jurnal Seni Tari, 7(1), 81–90. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst/article/view/22810/11323

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Rochaniningsih, N. S. (2014). Dampak Pergeseran Peran Dan Fungsi Keluarga Pada Perilaku Menyimpang Remaja. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 59–71. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2618

Sujiono, Y. N. (2013). Metode Pengembangan Kognitif. Penerbit Universitas Terbuka, 1–35. http://repository.ut.ac.id/4687/2/PAUD4101-TM.pdf

Sunaryo, A., Masunah, J., Narawati, T., & Nugraheni, T. (2020). Gerak Relationship Pada Permainan Anak Sunda Sebagai Sumber Penciptaan Komposisi Tari Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.499

Suri, D. (2021). Penanaman Karakter Anak Usia Dini melalui Lagu Anak-anak Daerah Lampung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1035–1043. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1659

Syarifa, C., & Kusuma, D. (2018). Integrasi bahasa inggris dalam proses pembelajaran. XV(2), 43–50.

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192


Refbacks

  • There are currently no refbacks.