Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Perkuliahan Pendidikan Karakter

Author


Rosmiati Rosmiati(1Mail), Ita Warliani(2), Kholida Munasti(3),
Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Universitas Syiah Kuala, Indonesia(1)
Balai Guru Penggerak Provinsi Aceh, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 244KB]

Published : 2022-10-21

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 358 times PDF Downloaded: 173 times

Abstract


Kehidupan seseorang tidak terlepas dari hubungan sosial kemasyarakatan. Pembentukan karakter memerlukan metode pembelajaran yang juga mengarah pada hubungan praktek sosial kemasyarakatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak penerapan model pembelajaran kooperatif pada perkuliahan pendidikan karakter. Penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui tes menggunakan jurnal refleksi 60 mahasiswa sebagai instrumen model pembelajaran kooperatif pada ruang kelas yang sedang menjalani mata kuliah pendidikan karakter di Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini FKIP  Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Pengumpulan data juga didapatkan melalui observasi dengan melihat bagaimana respon mahasiswa terkait dengan penerapan model pembelajaran kooperatif. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan hasil yang didapatkan apa adanya sesuai saat penelitian berlangsung. Hasil dari penelitian yang dihasilkan antara lain Pembelajaran menjadi menyenangkan; Proses pembelajaran terarah; Pembelajaran menjadi aktif dan efektif; Mudah memahami materi; dan Lebih leluasa berdiskusi.


Keywords


penerapan model pembelajaran kooperatif; perkuliahan; pendidikan karakter

References


Ansori, Y. Z. (2022). Strategi Pendidik dalam Menumbuhkan Karakter Jujur Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 261–270. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1208

Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-Nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.595

Harefa, A., Harefa, J. E., Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2022). Management of Learning Based on Pancasila Values in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3124–3132. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2247

Herawati, Yusida, & Diana. (2022). Pendidikan Karakter di Bulan Ramadhan selama Pandemi Covid-19 Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3590–3600. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2448

Hidayati, W. R., Warmansyah, J., & Zulhendri. (2022). Upaya Penguatan Nilai-Nilai Karakter Islam Moderat p ada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4219–4227. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1756

Hulukati, W., & Rahmi, M. (2020). Instrumen Evaluasi Karakter Mahasiswa Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Abstrak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 851–861. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468

Laoli, A., Dakhi, O., & Zagoto, M. M. (2022). The Application of Lesson Study in Improving The Quality of English Teaching. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2238–2246. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2434

Nuraeni, L., Andrisyah, & Nurunnisa, R. (2020). Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini Abstrak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2020). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90–99. https://doi.org/10.31004/obsesi.V4i1.273

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153–160. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Sabakti, S. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Buku Pandangan Orang Melayu Terhadap Anak Karya Tenas Effendy. Widyaparwa: Jurnal Kebahasaan Dan Kesastraan, 46(2), 189–204. https://doi.org/10.26499/wdprw.v46i2.193

Sabardila, A., Markhamah, Arifin, Z., Kusmanto, H., Hidayah, L. N., Kurniasari, A. D., & Saputro, D. (2021). Menakar Nilai Pendidikan Karakter Acara Televisi pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 150–162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.875

Salwiah, & Asmuddin. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929–2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945

Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326

Srianita, Y., Akbar, M., & Meilanie, S. M. (2020). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan Makan ( Studi Kasus di Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta ). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 152–161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.277

Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115–120. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.115-120

Suri, D. (2022). Penanaman Karakter Anak Usia Dini melalui Lagu Anak-Anak Daerah Lampung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1035–1043. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1659

Tanto, O. D., Hapidin, & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192

Wicaksono, B., Sagita, L., & Nugroho, W. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Aksioma, 8(2), 1. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1876

Zagoto, M. M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.