Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini

Author


Monica Hotma Elya(1Mail), Nadiroh Nadiroh(2), Yuliani Nurani(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 676KB]

Published : 2019-11-29

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 6709 times PDF Downloaded: 2807 times

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data secara empiris dan gambaran tentang pengaruh metode bercerita dan gaya balajar terhadap kemampuan berbicara anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan factorial design 2x2, dengan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berbicara anak sedangkan variabel bebasnya adalah metode bercerita yang terdiri dari 2 (dua) taraf yaitu media boneka tangan dan media power point dan variabel atribut adalah gaya belajar yang terdiri dari 2 (dua) taraf yaitu auditory dan visual. Sampel dalam penelitian ini yaitu anak kelas A dan B di Taman Kanak-Kanak IPEKA Sunter 1 Jakarta Utara tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 44 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada metode bercerita dan gaya belajar terhadap kemampuan berbicara anak

Keywords


berbicara; gaya belajar; kemampuan berbicara anak

References


Affrida, E. N. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak. 1(2), 124130. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1931. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Hasanah, A., & Muryanti, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 17. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.29

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. (Alih Bahasa: Meitasari Tjandra & Muslichah Zarkasih). Jakarta: Penerbit Erlangga.

JR, R. R., Luthfi, A., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 3951. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.5

Nengsi, M. I., & Eliza, D. (2019). Pelaksanaan Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Anak dalam Konteks Alam Takambang Jadi Guru. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 2840. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.32

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. 1(2), 139147. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25

R, M. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sumarsih, S., Nurmalina, N., & Astuti, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Warna dengan Metode Eksperimen. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 7277. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.8

Zubaidah, E. (2005). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.