Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

Author


Ramdhan Witarsa(1Mail), Melvi Lesmana Alim(2),
Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia(1)
Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 200KB]  Language: id
Published : 2022-09-16
Copyright (c) 2022 Ramdhan Witarsa, Melvi Lesmana Alim

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 33 times PDF Downloaded: 20 times

Abstract


Kompetensi guru adalah kompetensi dan atau pengetahuan, kemampuan serta keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kompetensi guru ini terdiri dari empat kompetensi, yaitu: kompetensi pribadi, sosial, pedagogik, dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi profesional guru pada suatu lembaga pendidikan anak usia dini yang selama ini belum diperhatikan secara maksimal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode ini memiliki empat tahapan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, pengolahan data, dan kesimpulan. Data-data pada penelitian ini bersumber dari 10 orang guru di salah satu lembaga pendidikan anak usia dini di Kabupaten Kampar, Riau. Hasil penelitian ini dapat menunjukan kompetensi profesional guru (kompetensi metodik dan kompetensi sosial) pada lembaga pendidikan anak usia dini yang meningkat selama penelitian ini dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini dapat menjadi acuan untuk perbaikan ketiga kompetensi guru lainnya dalam meningkatkan kompetensi pribadi, sosial, dan pedagogik.


Keywords


Professional teachers; teacher competence; PAUD;

References


Alkornia, S. (2016). Studi Deskriptif Kompetensi Pedagogik dan Profesionalisme Guru PAUD Dharma Wanita Binaan SKB Situbondo. Jurnal Pancaran, 5(4), 143–158. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3775

Astriani, M., M., & Alfahnum, M. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(04), 366–371. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.8151

Elan, Rahman, T., & Dewi, E. (2022). Bagaimana Kompetensi Profesional Guru RA ditinjau dari Kualifikasi sesuai Regulasi di Kota Tasikmalaya? Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5180–5190. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2959

Eliza, D., Sardi, M., Amalia, W., & Karmila, D. (2022). Jenis-jenis Pelatihan Peningkatan Profesional Guru PAUD di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 6836–6843. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3055

Febrialismanto. (2017). Analisis Kompetensi Profesional Guru PG PAUD Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 121–136. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17700

Hidayati, A., N. (2022). Pentingnya Kompetensi dan Profesionalisme Guru dalam Pembentukan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Profesi Keguruan, 8(1), 1–9. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/29897/0

Hoesny, M., U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123–132. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3595

Isnaini, F., Z., Siwiyanti, L., & Hurri, H., I. (2020). Analisis Pendidikan dan Pelatihan dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Pendidik PAUD di Kota Sukabumi. Jurnal Utile, VI(2), 200–209. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.878

Kamtini, Yus, A., Nasriah, & Salim. (2012). Analisis Pengembangan Profesionalisme Guru PAUD berdasarkan Prespektif Mahasiswa. Jurnal Tematik, 10(3), 184–191. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/article/view/24810

Madahwati, E. (2019). Studi tentang Kompetensi Profesional Guru di TK Muslimat NU-1 Palangka Raya Tahun Ajaran 2019/202. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati, 15(2), 16–28. https://doi.org/10.36873/jph.v15i2.1168

Mamahit, H., C., Wati, C., L., S., & Wijayanti, S., H. (2020). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru PAUD di Kecamatan Cabang Bungin Kabupaten Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidkan, 1(1), 9–17. https://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/jpmikp/article/view/605

Maman, Baharun, H., Witarsa, R., Ainin, D., T., Hodaili, Z., Mushorfan, & Wiranata, M., A. (2021). Google Classroom as a Distance Learning Tool during a Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1899/1/012176

Rahman, A. (2022). Analisis Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8455–8466. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3726

Risti, A., V. (2018). Penelitian Pendidikan (D. Rahmawati (ed.)). Penerbit Suryacahya.

Rusman, A., Risnita, & Musa. (2020). Kompetensi Profesional dan Kompetensi Paedagogi Guru dengan Pencapaian Perkembangan Motorik Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Atfhal (RA) Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 4(2), 126–138. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i2.148

Saripudin, A. (2019). Kompetensi Guru Pendamping PAUD dalam Memenuhi Standar Layanan PAUD Non Formal di Kabupaten Tasikmalaya. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 63–77. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.4848

Sisdiana, E., Noor, I., Sofyatiningrum, E., Martini, A., I., D., & Sudarmaji, A. (2018). Penguatan Kompetensi Guru (Mengimplementasikan Kurikulum melalui KKG-MGMP Jenjang Dikdas) (Subijanto, Y. Wirda, & N. Listiawati (eds.); Pertama). Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sutriawati, S., & Windarsih, C., A. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAUD melalui Penyelenggaraan Program Inklusif di TK Aisyiyah II Cimahi. Jurnal Ceria, 2(4), 122–132. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i4.p122-132

Witarsa, R. (2019). Publikasi Jurnal Nasional (Panduan Menyusun Artikel Ilmiah bagi Guru dan Mahasiswa S1) (A. Susanto, H. (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.

Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); Pertama). Deepublish Publisher.

Witarsa, R., & Dista, D., X. (2020). Analisis Jawaban Siswa Usia 6 sampai 8 tahun terhadap Pembelajaran Sains Kreatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 58–66. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.288

Witarsa, R., Fadhilaturrahmi, & Rizal, M. S. (2020). Pengaruh Asupan Nutrisi Shake Kacang Kedelai terhadap Skala Lemak Perut Guru-guru Sekolah Dasar di Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1114–1124.

Witarsa, R., & Rizki, L., M. (2022a). An Analysis of Student Pedagogical Skills in Applying Mathematics Learning in Elementary Schools. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1777–1784. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1795

Witarsa, R., & Rizki, L., M. (2022b). Analisis Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4114–4121. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3514

Yusutria. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini melalui Peningkatan Profesionalitas Guru. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 27–32. https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4828


Refbacks

  • There are currently no refbacks.