Pengaruh Bermain Outdoor terhadap Perkembangan Fisik Motorik dan Kreativitas Anak

Author


Nurdin Nurdin(1Mail),
Unit Program Belajar Jarak Jauh, Universitas Terbuka Makassar, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 198KB]  Language: id
Published : 2022-09-17
Copyright (c) 2022 Nurdin Nurdin

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 65 times PDF Downloaded: 16 times

Abstract


Alatnpermainan outdoornbisa menjadinsarana yangnsangat membantundalamnperkembangan dannbelajar anaknsecara menyeluruh, nterutama perkembangan fisik motorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh bermain outdoor terhadap perkembangan fisik motorik dan kreativitas anak di TK Khalifah Makassar 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi.  Teknik analisis data yang diterapkan dalam uji hipotesis penelitian ini adalah menggunakan uji t dengan dibantu aplikasi program SPSS 20.0 for Windows Evaluation Version. Hasil penelitiannya 1) ada pengaruh bermain outdoor terhadap perkembangan fisik motorik di TK Khalifah Makassar 3. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kegiatan bermain outdoor, maka semakin tinggi pula perkembangan fisik motorik anak. 2) ada pengaruh bermain outdoor terhadap kreativitas anak di TK Khalifah Makassar 3. Hal ini berartu bahwa semakin tinggi kegiatan bermain outdoor, maka semakin tinggi pula kreativitas anak.


Keywords


bermain outdoor; perkembangan fisik motorik; kreativitas anak

References


Amaliyah, A., Rahman, F., & Maryam, S. (2022). Enhancement School Competitiveness Through A Literacy Culture Based on Local Wisdom. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2325–2333. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2094

Ardyatmika, I. A. I. A., Parmiti, D. P., & Ujianti, P. R. (2016). Penerapan Metode Bermain Melalui Media Playdough untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A Semester II di TK Widya Kumarasthana Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7757

Baharun, H., & Wibowo, A. (2021). Kepemimpinan Perempuan dalam Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Quality, 9(1), 87–102. https://doi.org/10.21043/quality.v9i1.10109

Bento, G. (2016). Portugal G. Valorizando o espac¸ o exterior e inovando práticas pedagógicas em educac¸ ão de infância. Rev Iberoam Educ, 72, 85–104. https://doi.org/10.35362/rie72037

Bento, G., & Dias, G. (2017). The importance of outdoor play for young children’s healthy development. Porto Biomedical Journal, 2(5), 157–160. https://doi.org/10.1016/j.pbj.2017.03.003

Br, R., & Asiya, D. (2021). Inclusive Education Management in the Development of Cognitive Intelligence of Children. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1057–1067. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.538

Creswell, J. W. (2018). Research Design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage.

Fajri, M., Fitriyah, R. I., & Risqiyah, A. (2022). Adaptation of BCCT Learning Model in Developing Religious Aspects of Children. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3439–3448. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2073

Finori, F. D. (2019). Smart Techno Parenting : Alternatif Pendidikan Anak pada Era Tekhnologi Digital. Jurnal Tatsqif, 17(1), 52–69. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Madani Media.

Fjørtoft, I. (2004). Landscape as Playscape: The Effects of Natural Environments on Children’s Play and Motor Development. Children, Youth and Environment, 14(2), 21–44. https://www.jstor.org/stable/10.7721/chilyoutenvi.14.2.0021

Habibah, L. N., & Wahyono, I. (2020). Metode Bermain Air Outdoor dalam Mengoptimalkan Fisik Motorik Halus Anak Usia 4-5 tahun di RA Darul Amin Sempu. Al Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 78–88. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/alihsan/article/view/560

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Hasanah, U., & Amalia. (2022). Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Engklek Portable. JAMBURA Early Childhood Education, 4(2), 114–121. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/1249

Hasibuan, R., & Ningrum, M. A. (2017). Pengaruh Bermain Outdoor Dan Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 73. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p73-81

Herlinda, S. (2018). Pembelajaran PAUD dengan Strategi Out Door. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 67–74. https://doi.org/10.24014/kjiece.v1i1.5526

Kemdiknas. (2010). Kumpulan Pedoman Pembelajaran Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kemdiknas.

Kusumaningrum, A., Rozi, F., Mutiatun, Y., & Mardiyah, N. (2022). Strengthening Children’s Motor Intelligence through The Learning Management System. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4620–4630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2484

Lee, E. Y., Bains, A., Hunter, S., Ament, A., Brazo-Sayavera, J., Carson, V., Hakimi, S., Huang, W. Y., Janssen, I., Lee, M., Lim, H., Silva, D. A. S., & Tremblay, M. S. (2021). Systematic review of the correlates of outdoor play and time among children aged 3-12 years. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 18(1), 1–46. https://doi.org/10.1186/s12966-021-01097-9

Masiming, Z. (2009). Pengaruh Setting Ruang Bermain Terhadap Perkembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus: Islamic Fullday Childcare and Preschool Ahsanu Amala Di YOGYAKARTA). Smartek, 7((3), 184-196. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/SMARTEK/article/view/604

Karmila, M., Suharno, A., Purwadi, P. (2011). Pengaruh Metode Pembelajaran Permainan Bahasa terhadap Peningkatan Kretivitas Anak. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.263

Mundiri, A., Baharun, H., & Hamimah, S. (2022). Early Childhood Behavior Management Strategy based on Fun Learning Environment. 6(4), 2583–2595. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2063

Mustajab, Rozi, F., & Maulidiya, H. (2022). The ’ Sekolah Sak Ngajine ’ Program ; The Habit of loving the Qur ’ an from an Early Age based on Tilawati. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1667–1676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1636

Nizrina, E. H., Rosidah, L., & Maryani, K. (2019). pengaruh Pemanfaatan Alat Permainan Outdoor Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal JPP PAUD FKIP Untirta, 6(1), 41–50. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/7371

Purwandari, E., Handayani, N., Agusta, O. L., Mabruria, A., & Haryanti, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD) Melalui Metode Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 47–55. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.11685

Romlah, R. (2017). Pengaruh Motorik Halus dan Motorik Kasar terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 131. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2314

Sholeha, W., & Anggraini, Y. (2022). Intercultural Communication : Strategy to Improve School Competitiveness Based on Public Demand. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 438–447. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2123

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif. Purbalingga: Eurika Media Aksara.

Susilowati, R. (2018). Strategi Belajar Out Door Bagi Anak Paud. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 65. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4266

Umiarso, Zamroni, & Hidayati, N. (2022). Improving Children ’ s Cognitive Intelligence Through Literacy Management. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1588–1598. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1817

Utami, R. B. (2015). Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Perkembangan Motorik Halus Usia 4-5 tahun Di Taman Pertiwi Tiripan Berbek Nganjuk. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 2(5), 255. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akper/article/view/410

Zamroni, Amir, & Saleha, L. (2021). Pengelolaan APE Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382–1395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763


Refbacks

  • There are currently no refbacks.