Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembiasaan Makan Makanan Sehat pada Anak Usia Dini

Authors

  • Tri Endang Jatmikowati Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Kristi Nuraini Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Dyah Retno Winarti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Asti Bhawika Adwitiya Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3223

Keywords:

makanan bergizi, peran guru, peran orang tua

Abstract

Pemahaman anak tentang makanan sehat dan bergizi perlu mendapat dukungan dari guru dan orang tua. Penelitian terhadap siswa kelompok B3 TK ABA 4 Mangli, Kaliwates Kabupaten Jember yang dilaksanakan  pada Juni 2019 bertujuan mengetahui peran guru dan orangtua dalam mengenalkan makanan sehat gizi seimbang pada anak. Pendekatan diskriptif kualitatif diterapkan dalam penelitian ini dengan metode pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara. Data berupa diskripsi aktivitas siswa, dan hasil wawancara dengan guru dan wali murid. Hasil penelitian menunjukan ada sejumlah siswa yang membawa bekal bukan makanan sehat. Untuk itu diperlukan upaya peningkatan pemahaman tentang pentingnya makanan sehat dan bergizi  kepada anak secara klasikal yang mana hal tersebut disambut baik oleh orang tua.  Ini terbukti dengan adanya menu bekal siswa yang lebih sehat dan bervariasi. Peran guru dan dukungan orang tua melalui pembiasaan makan makanan sehat gizi seimbang dalam penyediaan menu sehari-hari ataupun bekal siswa ke sekolah merupakan upaya nyata guna peningkatan pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Karakter Berbasis Agama, Budaya, Dan Sosiologi. Al-Afkar, 4(1), 181–202. https://doi.org/10.17509/ghm.v4i1.40230

Almatsier, S. (2010). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. PT Gramedia Pustaka Utama.

Amalia, V., & Nurfadilah, N. (2021). Pelaksanaan Program Pembiasaan Konsumsi Makanan Sehat di Dandelion Daycare Plus Depok. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 36. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.591

Anis N. (2013). Zat adiktif dalam makanan. EGC.

Bellows, L., & Anderson, J. (2006). The Food Friends: Encouraging Preschoolers to Try New Foods. Young Children, 61(3), 37–39. https://eric.ed.gov/?id=EJ768995

Black, M. M., Trude, A. C. B., & Lutter, C. K. (2020). All Children Thrive: Integration of Nutrition and Early Childhood Development. In Annual Review of Nutrition (Vol. 40, pp. 375–406). https://doi.org/10.1146/annurev-nutr-120219-023757

Brewer, J. A. (2007). Introduction to Early Childhood Education: Preschool Through Primary Grades, 6th editio. In University of Massachusetts Lowell. Pearson Education. Inc.

Campbell, K., & Crawford, D. (2001). Family food environments as determinants of preschool-aged children`s eating behaviours: implications for obesity prevention policy. A review. Australian Journal of Nutrition and Dietetics, 58(1), 19–25. http://dro.deakin.edu.au/view.php?pid=DU:30001230&print_friendly=true

Darajat, Z. (1995). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Bumi Aksara.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2002). Panduan Umum Keluarga Mandiri Sadar Gizi (Kadarzi). Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat.

DiGirolamo, A. M., Ochaeta, L., & Flores, R. M. M. (2020). Early Childhood Nutrition and Cognitive Functioning in Childhood and Adolescence. Food and Nutrition Bulletin, 41(1_suppl), S31–S40. https://doi.org/10.1177/0379572120907763

Dixon, H. G., Scully, M. L., Wakefield, M. A., White, V. M., & Crawford, D. A. (2007). The effects of television advertisements for junk food versus nutritious food on children’s food attitudes and preferences. Social Science and Medicine, 65(7), 1311–1323. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2007.05.011

Drummond, C. (2007). The role and function of the school food service and its position within the school system. HEIA Biennial Conference - Horizons in Home Economics.

Eliassen, E. K. (2011). The impact of teachers and families on young children’s eating behaviors. YC Young Children, 66(2), 84–89.

Fikawati Sandra, Syafiq Ahmad, A. V. (2019). Gizi Anak Dan remaja Edisi Kedua. PT Raja Grafindo Persada.

Hoddinott, J., Maluccio, J. A., Behrman, J. R., Flores, R., & Martorell, R. (2008). Effect of a nutrition intervention during early childhood on economic productivity in Guatemalan adults. The Lancet, 371(9610), 411–416. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(08)60205-6

Hughes, S. O., Patrick, H., Power, T. G., Fisher, J. O., Anderson, C. B., & Nicklas, T. A. (2007). The impact of child care providers’ feeding on children’s food consumption. Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics, 28(2), 100–107. https://doi.org/10.1097/01.DBP.0000267561.34199.a9

Inten, D. N., & Permatasari, A. N. (2019). Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eating Clean. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 366. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.188

Kiefner-Burmeister, A. E., Hoffmann, D. A., Meers, M. R., Koball, A. M., & Musher-Eizenman, D. R. (2014). Food consumption by young children: A function of parental feeding goals and practices. Appetite, 74, 6–11. https://doi.org/10.1016/j.appet.2013.11.011

Mitchell, G. L., Farrow, C., Haycraft, E., & Meyer, C. (2013). Parental influences on children’s eating behaviour and characteristics of successful parent-focussed interventions. In Appetite (Vol. 60, Issue 1, pp. 85–94). https://doi.org/10.1016/j.appet.2012.09.014

Nowicka, P., & Flodmark, C. E. (2008). Family in pediatric obesity management: A literature review. In International Journal of Pediatric Obesity (Vol. 3, Issue SUPPL.1, pp. 44–50). https://doi.org/10.1080/17477160801896994

Nugroho, M. R., Sasongko, R. N., & Kristiawan, M. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2269–2276. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1169

Paes, V. M., Ong, K. K., & Lakshman, R. (2015). Factors influencing obesogenic dietary intake in young children (0-6 years): Systematic review of qualitative evidence. In BMJ Open (Vo 5, Issue 9). https://doi.org/10.1136/bmjopen-2014-007396

Proverawati, Atikah dan Kusumawati, E. (2011). Ilmu Gizi untuk Keperawatan dan Gizi Kesehatan. Nuha Media.

Republik Indonesia. (2003). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pemerintah Republik Indonesia.

Reynolds, J., & Caraher, M. (2005). Sustainability-considering the pillars of sustainability as a theoretical paradigm. Journal of the Home Economics Institute of Australia, 12(2), 2–15. https://openaccess.city.ac.uk/id/eprint/7883

Rina, P. L., & Syukri, H. (2016). Pembelajaran pengenalan makanan bergizi pada anak Kelompok A di TK LKIA 2 Pontianak Selatan. Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(7), 1–9.

Savage, J. S., Fisher, J. O., & Birch, L. L. (2007). Parental influence on eating behavior: Conception to adolescence. Journal of Law, Medicine and Ethics, 35(1), 22–34. https://doi.org/10.1111/j.1748-720X.2007.00111.x

Scott, W. A., & Ytreberg, L. H. (1993). Teaching English to Children. In TESOL Quarterly (Vol. 27, Issue 2). Longman. https://doi.org/10.2307/3587163

Sepp, H., & Höijer, K. (2016). Food as a tool for learning in everyday activities at preschool - An exploratory study from Sweden. Food and Nutrition Research, 60(1), 32603-32609. https://doi.org/10.3402/fnr.v60.32603

Sofianti, D., Saepudin, A., & Hakim, A. (2020). Analisis Terhadap Kegiatan Cooking Class dalam Peningkatan Pengenalan Makanan Sehat pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Yayasan Beribu KOTA BANDUNG. Prosiding Pendidikan Guru PAUD Unisba, 6(1), 45–49. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20243

Syafarinoo, A., Maria, L., & Maulidia, R. (2020). Hubungan Perilaku Orang Tua Dalam Pemilihan Makanan Bergizi Dengan Status Gizi anak Pada Anak Usia Pra Sekolah. Professional Health Journal, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.54832/phj.v1i2.101

United Nations Children Fund (UNICEF). (2019). The State of the World’s Children 2019. Growing Well in a Changing World. Children. In Food and Nutrition.

Ventura, A. K., & Birch, L. L. (2008). Does parenting affect children’s eating and weight status? In International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity (Vol. 5, Issue 15). https://doi.org/10.1186/1479-5868-5-15

Wardhani, W. D. L., Jatmikowati, T. E., & Rahman, A. U. (2019). Pangan thoyyibah: Mengenalkan gaya hidup sehat pada anak usia dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i2.642

Whear, R., & Axford, N. (2009). “Finish what’s on your plate!â€: The relationships between parenting, children’s nutrition and outcomes. Child Care in Practice, 15(2), 145–159. https://doi.org/10.1080/13575270802685229

Wijayanti, S. R. dan S. P. M. wijayanti. (2010). Peran Ibu yang Berhubungan dengan Peningkatan Status Gizi Balita. Jurnal Kesmas Indonesia, 3(1), 56–65. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/6

Wulandari, Y. et al. (2022). Parenting Kesehatan Diri Dan Lingkungan: Pentingnya Gizi Bagi Perkembangan Anak. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(1), 93–99. http://azramediaindonesia.com/index.php/bharasumba/article/view/185

Yonata, A., & Indah, I. (2016). Efek toksik konsumsi monosodium glutamate. Majority, 5(3), 100–104. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/1044

Yuniar, W. P., Khomsan, A., Dewi, M., Ekawidyani, K. R., & Mauludyani, A. V. R. (2020). Hubungan antara Perilaku Gizi dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan Status Gizi Baduta Di Kabupaten Cirebon. Amerta Nutrition, 4(2), 155. https://doi.org/10.20473/amnt.v4i2.2020.155-164

Downloads

Published

01-03-2023

How to Cite

Jatmikowati, T. E., Nuraini, K., Winarti, D. R., & Adwitiya, A. B. (2023). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembiasaan Makan Makanan Sehat pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1279–1294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3223

Issue

Section

Articles