Pengaruh Pemanfaatan Media Video Tutorial dan Gambar Terhadap Motivasi dan Kemandirian Belajar Anak

Author


Marlinda Astulia Khoiriah(1Mail), Sujarwo Sujarwo(2), Putri Handayani(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 450KB]

Published : 2022-10-29

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 405 times PDF Downloaded: 243 times

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video tutorial dan gambar pada motivasi dan kemandirian belajar anak. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu atau quasi experimental design. Proses penelitian ini dilaksanakan pengamatan 2 grup pembelajaran. Jumlah sampel 80 anak berusia 5 sampai 6 tahun, ditentukan berdasarkan dengan teknik purposive cluster random sampling. Berdasar pada hasil analisisnya, didapatkan hasilnya yakni: (1) media video tutorial (X₁) ada pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar anak; (2) media gambar (X₂) ada pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar anak (Y₁); (3) perbedaan motivasi belajar anak (Y₁) antara kelompok anak yang diajar dengan menggunakan media video tutorial (X₁) dan gambar (X₂) terdapat perbedaan yang signifikan; (4) media video tutorial (X₁) berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar anak (Y₂); (5) media gambar (X₂) ada pengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar anak (Y₁); (6) perbedaan kemandirian belajar anak (Y₂) antara kelompok anak yang diajar dengan menggunakan media video tutorial (X₁) dan gambar (X₂) terdapat perbedaan yang signifikan


Keywords


video tutorial; gambar, motivasi belajar; kemandirian belajar

References


Alam, S., & Zuama, S. N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Seni Rupa Untuk Anak Usia Dini pada Mahasiswa Program Studi PG PAUD Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP. In The 4th University Research Coloquium 2016 “Penguatan Kontribusi Institusi Pendidikan Tinggi Melalui Implementasi Hasil Riset Untuk Indonesia Berkemajuan.” https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/7710

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fidesrinur, F. (2013). Pola Guru dalam Memotivasi Anak Studi terhadap Pola Guru di TK Islam dan TK Umum. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(2), 99. https://doi.org/10.36722/sh.v2i2.121

Irsyad, M., & Abas, T. (2017). Perancangan Media Video Tutorial Kerajinan Kruistik Untuk Peserta Didik Smp Terbuka Lembang 3. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 4(2), 93–102. https://doi.org/10.21009/JKKP.042.08

Lamrose, T., Budiwiwaramulja, D., Azmi, A., & Muslim, M. (2019). Pemanfaatan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Pembelajaran Menggambar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Mardinding. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(1), 30. https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.12737

Mcmillan, J., & Schumacher, S. (2014). Research in Education Evidence-Based Inquiry (7 Edition). Pearson Education Limited.

Parker K. D. (2005). Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak (Alih Bahasa: Bambang Wibisono). Jakarta Prestasi Pustakaraya.

Pritandhari, M., & Ratnawuri, T. (2015). Evaluasi Penggunaan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Semester Iv Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(2). https://doi.org/10.24127/ja.v3i2.329

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413

Ulfah, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22–34. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693

Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944


Refbacks

  • There are currently no refbacks.