
Author
Maria Fatima Mardina Angkur(1

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia(4)

Published : 2023-05-08
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 2742 times
PDF Downloaded: 824 times
Abstract
Perkembangan anak tentunya harus diperhatikan secara optimal dan perlu dikembangkan secara optimal melalui berbagai praktik yang tentunya dapat meningkatkan kognisinya karena saat masih kecil anak merupakan masa emas. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan penggunaan mainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berhitung 1 sampai 10 pada anak kelompok A. Penelitian ini merupakan penelitian kelas dua putaran dimana setiap putaran terdiri dari tiga kali pertemuan. Proses ini meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan (monitoring) serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A (4-5 tahun) yang berjumlah 11 anak dan 3 dan 8 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca anak dari Pra Tindakan sampai Siklus 2. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru hendaknya meningkatkan produktivitasnya dalam pemilihan dan penggunaan bahan pembelajaran.
Keywords
References
Amiliya, R., & Dyah, A. D. M. (2019). Permainan Ular Tangga bagi Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Al-Abyadh, 2(2), 1–9. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/57
Anida, A., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Astuti, F., & Nuhammad Awin Alaby. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Permainan Ular Tangga. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/131
Atika Setiawati, F., & Suyadi. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Melalui Permainan Ular Tangga Tantangan Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 8(1), 49–61. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1274
Baharun, et al. (2021). Pengelolaan Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382–1395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763
Dede Nurasiah, Atin Fatimah, L. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JPP PAUD FKIP Untirta, 7(2), 105–112. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/10125
Delfia & Mayar. (2020). Penanaman Konsep Berhitung Anak melalui Permainan Pencocokkan Kepingan Buah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 338. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.350
Filtri & Sembiring. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 169. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1179
Hasibuan, R., & Suryana, D. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735
Hijriati. (2016). Tahapan Perkembangan Kognitif pada Masa Early Childhood. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 33–49. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/2034
Karim, M. B., & Wifroh, S. H. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG- PAUD Trunojoyo, 1(2), 103. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3554
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya. Perdana Publishing.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87
Khomsin, R. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Pendidikan Anak, 10(1), 25–33. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/37872
Kurniasih. (2014). Media Ular Tangga Jejak Petualang Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 5(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10505
Laiya, I. S. & S. W. (2020). Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. UNG Press Gorontalo.
Misrawati, M., & Suryana, D. (2022). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298–306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249
Mustika, Y., & Nurwidaningsih, L. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 91. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.12
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2021). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640
Oktaviani, O., & Sudarti, S. N. J. (2016). Pengaruh Pembelajaran Quantum Learning Melalui Permainan Ular Tangga Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B2 Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Pontianak. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 114–120. https://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JME/article/view/604
Rachman, dkk. (2020). Peningkatan Pemahaman Berhitung dan Kardinalitas melalui Penggunaan Media Rangkasbitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.441
Rahayu, L. S., Windayana, H., & Herawati, N. I. (2016). Meningkatkan Kemampuan Konsep Dan Lambang Bilangan Anak Usia Dini Melalui Modifikasi Permainan Ular Tangga. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Cakrawala Dini, 7(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10542
Rekysika, N. S., & Haryanto, H. (2019). Media Pembelajaran Ular Tangga Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 56–61. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.16000
Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipon’s Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428
Sukmawati & Wahjusaputri. (2017). Penerapan Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 85, Legoso Ciputat Timur. Prosiding Kolokium Doktor Dan Seminar Hasil Penelitian, 177. https://proceedings.uhamka.ac.id/index.php/semnas/article/view/44
Sukmawati, W. (2017). Penerapan Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 85, Legoso Ciputat Timur. ISTIQRA, Jurnal Penelitian Ilmiah, 5(2). https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/ist/article/view/260
Sumarseh, S., & Suryana, D. (2021). Fun Cooking untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2061–2066. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1936
Suryaningsih & Rimpiati. (2018). Implementation of Game-Based Thematic Science Approach in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 194. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.90
Syukron Al Mubarok, A. A., & Amini, A. (2020). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221
Turnip, H. A., & Wijayaningsih, L. (2022). Pengembangan Dadu QR Code untuk Alternatif Pengenalan Calistung Anak Usia 5 – 6 Tahun. 6(5), 4392–4403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2595
Refbacks
- There are currently no refbacks.