Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa

(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia

Copyright (c) 2020 elina intan apriliani, Kartika Yuni Purwanti, Rosalina Wahyu Riani
DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319
Download Full Text:

Received : 2019-11-11 | Published : 2020-05-16
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk video media pembelajaran interaktif berlatar belakang budaya Jawa yang layak dan efektif dalam meningkatkan kesantunan bahasa peserta didik PAUD Pelangi Nusantara 5, Gedanganak, Kecamatan Ungaran, Semarang. Penelitian ini menggunakan langkah pengembangan (Research & Development). Design pengembangan ini meliputi 8 langkah yaitu, Analisis, Perancangan Desain, Implementasi, Pengujian, Validasi Ahli, Revisi, Perbaikan Media, dan Produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, video media pembelajaran interaktif yang berlatar belakang budaya Jawa ini telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi dengan kategori “baik”. Berdasarkan hasil kelayakan media video pada uji coba media video diperoleh hasil dengan presentase 92,5% dengan kategori baik sedangkan nilai Uji coba kelompok kecil diperoleh hasil, nilai mean sebelum menggunakan media 50,2% dan nilai sesudah menggunakan media 79,1%, sehingga ada peningkatan 28,9% berarti ada perbedaan yang signifikan antara sebelum menggunakan media video pembelajaran dan sesudah menggunakan media video pembelajaran. Rata-rata perbedaan (sesudah-sebelum) 28,9%berarti dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran interaktif bermuatan Budaya Jawa ini dapat digunakan untuk meningkatkan kesantunan bahasa anak usia dini.
Keywords
References
Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Jakarta: Rineka Cipta.
Brown, P., Levinson, S. C., & Gumperz, J. J. (1987). Politeness. https://doi.org/10.1017/CBO9780511813085
Cahyadi, R. (2018). Pembelajaran Bahasa Jawa dalam Membentuk Kesantunan Berbahasa di MI Muhammadiyah Arenan Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Thesis.
Didaktika. (2006). Peran Pembelajaran Unggah-Ungguh Bahasa Jawa dalam Penanaman Nilai Sopan Santun di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA.
Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Klasifikasi Melalui Media Benda Konkret pada Anak Kelompok A1 di TK Cahaya Kembar Bangkinang Kampar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.65
Hamzah, zaitul azma zainon, Hasan, ahmad fuad mat, & Adama, M. N. H. M. (2011). Kesantunan bahasa dalam kalangan remaja sekolah menengah. Jurnal Bahasa, 11(2), 321–338.
Hestiyana, H. (2018). Kesantunan Tindak Direktif pada Tuturan Anak dan Orang Tua di Desa Ngumbul Kabupaten Pacitan. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.26499/madah.v9i1.713
Idrus, M. (2012). Pendidikan Karakter pada Keluarga Jawa. Jurnal Pendidikan Karakter. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1297
Jumanto. (2014). Towards a Character Language: A Probability in Language Use. Open Journal of Modern Linguistics, 04(02), 333–349. https://doi.org/10.4236/ojml.2014.42027
Koesoema, D. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. In Jakarta: Grasindo.
Mustika, I. (2013). Mentradisikan Kesantunan Berbahasa: Upaya Membentuk Generasi Bangsa yang Berkarakter Ika. Semantik.
Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Angka dan Huruf untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7607
Robbiyah, R., Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 74. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10
Subroto, D. E., Dwirahardjo, M., & Setiawan, B. (2008). Endangered Krama and Krama Inggil Varieties of the Javanese Language. Linguistik Indonesia.
Suryabrata, S. (2006). Psikologi Kepribadian.
Wadji, M. (2013). Sistem Kesantunan Masyarakat Jawa. LINGUISTIKA.
Wilian, S. (2006). Tingkat Tutur dalam Bahasa Sasak dan Bahasa Jawa. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 8(1), 32. https://doi.org/10.17510/wjhi.v8i1.245
Article Metrics


This article can be traced from:
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.