Analisis Perkembangan Emosi pada Penerapan Demonstration Method di Taman Kanak- Kanak

Author


Suci Aprilia(1Mail), Dadan Suryana(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 196KB]  Language: id
Published : 2022-09-01
Copyright (c) 2022 Suci Aprilia

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 204 times PDF Downloaded: 74 times

Abstract


Perkembangan emosi merupakan aspek patut untuk diperhitungkan untuk mewujudkan kecerdasan emosional peserta didik secara maksimal. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis perkembangan emosi anak pada penerapan Demonstration Method di Taman Kanak-kanak (TK) Mayang Dharma Wanita Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru. Populasi penelitian sebanyak 20 peserta didik. Penelitian merupakan penelitian kuasi eksperimen, yang terbagi dalam dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sama banyak. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji t menggunakan program SPSS versi 23. Temuan penelitian menunjukkan bahwa uji beda skor perkembangan emosi anak pre-test dan post-test kelas eksperiment t hitung sama dengan 13,892 dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, dimana terjadi perbedaan signifikan perkembangan emosi peserta didik pre test dan post test sehingga dapat dikatakan bahwa demonstration method berpengaruh terhadap perkembangan emosi peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan nilai Gain diketahui bahwa demonstration method berpengaruh terhadap perkembangan emosi anak dengan kategori tinggi tujuh puluh tujuh koma lima puluh enam persen lebih besar dari tujuh puluh persen.


Keywords


demonstration method; perkembangan emosi anak; anak usia dini

References


Bando, U. D. M. A., & Elihami, E. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Pembelajaran Fiqh Di Pesantren Melalui Konsep Pendidikan Nonformal. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 1(1), 81-90.

Cahyani, K. A., Jampel, I. N., & Ujianti, P. R. (2015). Penerapan metode demonstrasi dalam pengenalan sains untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1-11.

Dewanti, R., Fajriwati, A., & Penulis, N. (2020). Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pembelajaran Fiqih. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 88-98.

Filtri, H. (2017). Perkembanganemosional Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Ibu Yang Bekerja. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 32-37.
https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1175

Fince, Ramadhan, A., & Gagaramusu, Y. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penyebab Benda Bergerak di Kelas I SD Kecil Pangi Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 1-22.

Firdaus, N. D., & et.al. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Peserta Didik dalam Pendidikan di SDN Mlajah 1 Bangkalan. Proceeding Ikip Bojonegoro, 691.

Hurlock, E. B. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Indra, M. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDS 015 Siabu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 36-41

Joshi, S., & Dubey, A. (2014). Emotional Intelligence in Children : a Step Towards. Horizons of Holistic Education, July, 32-45.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Mahdalena. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Ketrampilan Proses melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Siswa Kelas XI SMAN 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 18-28.

Mariati, D. P., & Et al. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Langsung ( Direct Instruction ) Berbantuan Media Seni Melipat Kertas Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Undhiksa, 2(1).

Masitoh, & dkk. (2012). Strategi Pembelajaran TK. Universitas Terbuka.

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. PT Asdi Mahasatya.

Munna, Z. N., Wijayanti, A., & Tanto, O. D. (2021). Peran Pola Komunikasi Orang Tua terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia 4-5 di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 401-409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1334

Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2006). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Universitas Terbuka.

Rina, C., & Et.al. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150-158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155

SA, D., & Et.al. (2011). Emotional Intelligence in the First Five Years of Life. Encyclopedia on Early Childhood Development, June 2014, 1-7.

Sari, D. A., & Nurjanah, A. L. (2020). Hubungan Game Online dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 994. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.344

Setyowati, Y. (2013). Pola Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Emosi Anak (Studi Kasus Penerapan Pola Komunikasi Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Emosi Anak pada Keluarga Jawa). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 67-78. https://doi.org/10.24002/jik.v2i1.253

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif (p. 12). Alfabeta.

Suryana, D. (2019). Stimulus dan Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Perdana Media.

Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. In Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini (Vol. 1). UNP Press Padang.

Ulutas, I., & et.al. (2012). Strategies to Develop Emotional Intelligence in Early Childhood. Intech Open, 1-18.

Wardhani, J. D., & Khotimah, K. (2018). Dampak Metode Demonstrasi Terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Psikohumanika, X, 1-19.
https://doi.org/10.31001/j.psi.v10i2.312


Refbacks

  • There are currently no refbacks.