Implementasi Metode Experiential Learning dalam Menumbuhkan Perilaku Kesehatan dan Keselamatan Anak Usia Dini

Ayu Suryaningsih(1Mail), I Made Elia Cahaya(2), Christiani Endah Poerwati(3),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 ayu suryaningsih

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.317


Submitted : 2019-10-26
Published : 2019-11-05

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan perilaku kesehatan dan keselamatan anak usia dini.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan prosedur empat-tahap, yaitu:  1) Tahap perencanaan, 2) Tahap pengambilan tindakan, 3) Tahap pengembangan, 4) Tahap refleksi. Penelitian akan dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni melalui observasi. Proses pengumpulan data melalui teknik observasi ini menggunakan panduan rubrik untuk merekam data mengenai perilaku kesehatan dan keselamatan anak selama mengikuti proses pembelajaran. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan persentase penguasaan perilaku kesehatan dan keselamatan anak usia dini pada observasi awal sebesar 28,58%. Melalui penerapan metode Experiential Learning, perilaku kesehatan dan keselamatan anak usia dini mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 66,67% dan siklus II menjadi 90,48%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Experiential Learning, dapat menumbuhkan perilaku kesehatan dan keselamatan pada anak usia dini


Keywords


early childhood; health and safety behavior; Experiential Learning method

References


Affrida, E. N. (2017) ‘Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Prasekolah.’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Agung, A. (2014) Metode Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Indonesia, P. R. (2006) Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Available at: https://kelembagaan.ristekdikti.go.id.

Inten, D. N. et al. (2019) ‘Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eating Clean’, 3(2), pp. 366–376. doi: 10.31004/obsesi.v3i2.188.

Kemendikbud (2014) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Kemenkes (2014) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2014 Tentang Upaya Kesehatan Anak. Available at: kesga.kemkes.go.id%3Epedoman.

Marmi (2013) Pengantar Psikologi Kebidanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mertler, C. A. (2011) Action Research, Mengembangkan Sekolah dan Memberdayakan Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyawan, D. (2014) Undang-Undang Republik Indonesia no 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-undang no 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Available at: kpai.go.id.

Suryaningsih (2017) ‘Implementasi Metode Experiential Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa PG-PAUD’, Jurnal Media Edukasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).

Trianto (2007) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

Wahyuni (2010) Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Widayati, T. (2018) ‘PENDIDIKAN KESELAMATAN DIRI ANAK USIA DINI ( Studi Kasus di Kelompok Bermain ( KB ) Gaharu Plus Kutai Kartanegara )’, Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan Dikmas, 13(2).

Xiong Huang, S. L. (2011) ‘Advances In Computer Science, Environment, Ecoinformatics, And Education, Part IV’, in International Conference, CSEE. Wuhan, China.


Article Metrics

 Abstract Views : 26 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.