Faktor Penghambat Implementasi Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Bagi Anak Usia Dini

Author


Beata Palmin(1Mail), Maria Rahayu Anwar(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2022-10-30

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1033 times PDF Downloaded: 385 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat implementasi pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik bagi anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data adalah observasi, FGD dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang pendidik anak usia dini di Gugus Popo, Kecamatan Satarmese Utara. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis naratif menggunakan interaktif model dari Milles dan Huberman yang terdiri dari empat tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penghambat implementasi pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik bagi anak usia dini mencakup tiga faktor utama, yaitu, minimnya pemahaman pendidik dalam merencanakan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik, kurangnya keterampilan melaksanakan kegiatan main berbasis pemecahan masalah dengan pendekatan saintifik dan minimnya kreativitas pendidik dalam menyediakan fasilitas penunjang pembelajaran. Karena itu, kegiatan pembelajaran sehari-hari masih didominasi oleh pendidik (teacher center) dengan metode drilling dan Lembar Kerja Siswa


Keywords


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat implementasi pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik bagi anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data adalah observasi

References


Abdullah, N. I., Tarmizi, R. A., & Abu, R. (2010). The effects of Problem Based Learning on mathematics performance and affective attributes in learning statistics at form four secondary level. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8, 370–376. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.052

Anggraini, W. & Nasirun, M. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 31–39. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/8463

Donatirin, & Hananta, B. (2017). Panduan Pembelajaran Saintifik. Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan DIKMAS) DIY.

Eka, C., Haenilah, E. Y., & Surahman, M. (2017). Pembelajaran Ilmiah Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1362

Fajriani, R. W., Naswir, M., & Harizon, H. (2021). Pemberian Scaffolding dalam Bahan Belajar Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 108–114. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.108-114

Fatah, A., Wahyudin, D., & Rusman, R. (2019). Implementation of Scientific Approaches in Craft and Entrepreneurship Learning. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan Dikmas, 14(2), 141–150. https://doi.org/10.4108/eai.19-10-2018.2282523

Fauziah Sulaiman, Hanafi Atan, Rozhan M. Idrus, & Hisham Dzakiria. (2004). Problem-Based Learning: A Study of the Web-Based Synchronous Collaboration. Malaysian Online Journal of Instructional Technology (MOJIT), 1(2), 58–66. http://pppjj.usm.my/mojit/articles/pdf/1204/Problem-Based Learning.pdf

Gallagher, S. A., Stepien, W. J., & Rosenthal, H. (1992). The Effects of Problem-Based Learning On Problem Solving. Gifted Child Quarterly, 36(4), 195–200. https://doi.org/10.1177/001698629203600405

Kemdikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.

Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2021). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508

Muharromi, D. S. (2016). Effect Of Problem Based Learning Apllication In Increasing Creativity And Ability-Young Learners. EDUTECH, 15(1), 21. https://doi.org/10.17509/edutech.v15i1.2228

Munastiwi, E. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 43–50. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1087

Permatasari, E. A. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 11–16. https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i2.104

Permendikbud. (2014). Permendikbud 137 Tahun 2014. In Menteri pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Poerwati, C. E., Cahaya, I. M. E., & Suryaningsih, N. M. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Eksperimen Sederhana dalam Pengenalan Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1472–1479. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1233

Puspitaningsih, F., Wartono, W., & Handayanto, S. K. (2018). Pengaruh PBL dengan Scaffolding Prosedural terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Kemampuan Tinggi dan Rendah Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(7), 898–902. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11333

Rafiatuddarojah, E. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Paud Di Taman Kanak-Kanak. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/44371

Rahmawati, A. D. R. D., Riyadi, R., & Subanti, S. (2014). Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Matematika Dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach ) Di Sma Negeri 1 Jogorogo Kelas X Tahun Pelajaran 2013 / 2014 Kabupaten Ngawi. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 4(2), 64–75. https://doi.org/10.20961/jmme.v4i2.9980

Sari, A. A. D. K., Negara, I. G. A. O., & Tirtayani, L. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Sains Permulaan Anak Kelompok B2 Paud Permata Buni Kuta Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 21–32. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15051

Siagian, M. V. S. S., & Sinaga, B. (2019). Development of Learning Materials Oriented on Problem-Based Learning Model to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Metacognition Ability. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 14(2), 331–340. https://doi.org/10.29333/iejme/5717

Suminah. (2015). Kurikulum PAUD 2013. Direktorat Pembinaan PAUD, Dirjen PAUD dan Dikmas.

Tim GTK DIKDAS. (2021). Modul Belajar mandiri Calon Guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK (pp. 15–16). Direktorat GTK Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebuday.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Terpadu. In Jakarta: Bumi Aksara. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.