Identifikasi Materi Pembelajaran PAI pada PAUD Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022

Author


Basuki Basuki(1Mail),
Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2022-09-02

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1712 times PDF Downloaded: 640 times

Abstract


Sebelum melakukan proses pembelajaran, guru harus mengetahui ruang lingkup materi pembelajaran sesuai dengan jenjang pendidikan serta kebijakan terbaru, karena banyak guru hanya mengetahui ruang lingkup materi pembelajaran dari “buku guru” tanpa melihat kebijakan terbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidenfikasi ruang lingkup materi pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) pada PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berdasarkan kebijakan terbaru yaitu Keputusan Menteri Pendidikan Nomor 7 Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dengan memanfaatkan kebijakan terbaru tersebut sebagai sumber data primer. Penelitian ini telah menemukan dua ruang lingkup materi PAI pada PAUD, dengan menggunakan teknik analisis isi. Pertama, pengenalan dan penanaman tauhid yang merupakan kewajiban pertama manusia sebagai hamba Allah. Kedua, pengenalan dan penanaman sikap toleransi dan kasih sayang terhadap semua makhluk dan kasih sayang terhadap dirinya sendiri dengan menjaga kebugaran, kesehatan, kebersihan, keselamatan dan keamanan pribadi


Keywords


permendikbudristek no. 7 tahun 2022; materi pembelajaran; pai; paud

References


Abbas, A. S. (2017). Syari'at Perlindungan dan Pemeliharaan Alam. Himmah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 1(01), 4-22. https://doi.org/10.47313/jkik.v1i01.332

Agustina, A. (2021). Perspektif Hadis Nabi Saw Mengenai Kebersihan Lingkungan. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(2), 96-104. https://doi.org/10.15575/jpiu.12206

Ahmad Syauki, Tiara Permata Bening, Siti Nur Aisyah, S. (2022). Inovasi Kurikulum dalam Aspek Tujuan dan Materi Kurikulum PAUD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4783-4793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2870

Andriyani, & Margono, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Sifat - Sifat Allah Melalui Pembelajaran Al- Asma , Al- Husna Dengan Metode 2-2 (Studi Kasus Di Lab School Fip Umj ). Jurnal Tahdzibi Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 39-46.

Anggraini, D. (2021). Problematika Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Al-Khair Journal : Management, Education, And Law, 1(2), 80-86.

Anhusadar, L., & Islamiyah, I. (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555

Anis Tatik Maryathiani, N. M. E. F. (2020). Pengenalan dan Penanaman Tanaman Sayur-sayuran pada TK Pertiwi XI Kecamatan Pelayangan Kota Jambi. Osf, 12(1). https://doi.org/10.31219/osf.io/rj3mx

Dian Aulia, M. Basyir F. M. S, M. Zaid Adnan, Andi Rabiatun, M. Ridho Lubis, & Siska Helma Hera. (2021). Telaah terhadap Konsep Hifz An-Nafs dalam Kebijakan Majelis Ulama Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Ushuluddin International Conference (USICON), 4. Retrieved from http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/USICON/article/view/282

Bararah, I. (2022). Fungsi Metode terhadap Pencapaian Tujuan dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(1).

Cokorda Istri Dharmayanti, Agnes Ayu Biomi, W. H. K. (2021). Gambaran Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pengetahuan Anak TK tentang Pendidikan Keselamatan. Bali Health Journal, 3(557-592).

Dahlan, M., Bustami, M. R., Makmur, & Mas’ulah, S. (2021). The Islamic principle of Hifdz al-Nafs (protection of life) and COVID-19 in Indonesia: A case study of nurul iman mosque of Bengkulu city. Heliyon, 7(1). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07541

Evanirosa, D. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) (Z. Na'im (ed.)). Penerbit Media Sains Indonesia.

Fatahuddin, S. (2017). Larangan Menyiksa Binatang. Tahdis, 8(1), 60-67.

Hamzah, A. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research: Kajian Filosofis, Teoritis dan Aplikasi Proses dan Hasil. Rajawali Press.

Haromaini, A. (2019). Mengajar Dengan Kasih Sayang. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(2), 71-81. https://doi.org/10.31000/rf.v15i2.1806

Hidayatulloh, M. A. (2019). Media Pengenalan Safety Behavior untuk Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 183-198. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-05

Husna, A., & Mayar, F. (2021). Strategi Mengenalkan Asmaul Husna Untuk Menanamkan Nilai Agama dan Nilai Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 9664-9670.

Junaedi, E. (2019). Inilah Moderasi Beragama Perspektif Kemenag. Harmoni, 18(2), 182-186. https://doi.org/10.32488/harmoni.v18i2.414

Kemenag. (2019). Al-Qur'an dan Terjemahannya. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Badan Litbang Diklat Kemenenag RI, 1(1), 1-914.

Khuluqo, I. El. (2021). Kunci Sukses Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ) Pada Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Penguatan Manajemen Sekolah. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125–130.

Liriwati, F. Y., & Armizi, A. (2021). Konsep Pendidikan Tauhid Anak Usia Dini Menurut Tafsir Surah Luqman Ayat 13. Seminar Nasional PAUD Holistik Intergratif, September, 117-124.

Mar'atus Salamah, M. H. S. (2020). Pengenalan Hadis Menyayangi Binatang Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Agama, 21(2), 67.

Mendikbudristek. (2022). Permendikbudristek RI No. 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah (pp. 1-72). Mendikbudristek

Moerad, S. K., Susilowati, E., Savitri, E. D., Rai, N. G. M., Windiani, W., Suarmini, N. W., Hermanto, H., Mahfud, C., & Widyastuti, T. (2019). Pendampingan Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini - Pos PAUD Terpadu Melati Kelurahan Medokan Ayu - Rungkut Surabaya. Sewagati, 3(3). https://doi.org/10.12962/j26139960.v3i3.6016

Muvid, M. B. (2021). Menjunjung Tinggi Islam Agama Kasih Sayang Dan Cinta Kasih Dalam Dimensi Sufisme. Reflektika, 16(2), 145. https://doi.org/10.28944/reflektika.v16i2.523

Ngahu, S. S. T. (2020). Mendamaikan Manusia dengan Alam. Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, 2(2), 77-88. https://doi.org/10.36270/pengarah.v2i2.28

Nilawati, A., Ansory, H. M., & Herowati, R. (2019). Pelatihan Menanam Dan Merawat Tanaman Obat Keluarga Di TK Ra Al Kautsar Surakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 47-51.

Nong Wori, E., Abd. Rahman, N., & Nuwa, G. . (2021). Peran Satpam Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Maumere Kabupaten Sikka. Holistic Science, 1(2), 66–70. https://doi.org/10.56495/hs.v1i2.27

Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 557-564. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 127 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696-1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Prasetyo, A. A. (2020). Internalisasi Hadis Kasih Sayang dalam Mewujudkan Social Interest di Era Disrupsi. Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur,an Dan Hadis, 21(1), 206-225. https://doi.org/10.14421/qh.2020.2101-11

Prastiwi, B. K., & Suharjana, S. (2014). Pembuatan Tes Dan Norma Kebugaran Jasmani Untuk Anak Usia Dini (4-6) Tahun Di Provinsi Diy. Jurnal Keolahragaan, 2(1), 22-31. https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.2600

Putri Abadi, N. Y. W., & Suparno, S. (2019). Perspektif Orang Tua pada Kesehatan Gigi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.161

Putri, S. U., & Nikawanti, G. (2018). Pengenalan Green Behaviour Melalui Ecoliteracy Pada Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10538

Rahmatullah, A. S. (2014). Konsepsi Pendidikan Kasih Sayang dan Konstribusinya terhadap Bangunan Psikologi Pendidikan Islam. Literasi, VI(1), 29-52. https://doi.org/10.21927/literasi.2014.5(1).29-52

Ramadhan, Rinaldi, D. (2021). Peran Polisi Masyarakat Dalam Mewujudkan Sistem Keamana Dan Ketertiban Masyarakat. Ilmiah Metadata, 3, 274-292.

Rosyida Nurul Anwar. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Islam Moderat Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 229-241.

Rudi Ruhardi, Wildan Alfia Nugroho, A. J. M. (2021). Olahraga Kebugaran dan Kesehatan dalam Perspektif Islam. Pelangi, 3(2), 64-80.

Sakdiah, H., & Syahrani, S. (2022). Pengembangan Standar Isi dan Sandar Proses dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Cross-Border, 5(1), 622-632.

Sakdiah, N. (2017). Pendidkan Karakter Melalui Pembinaan Kasih Sayang Dalam Pandangan Islam. Jurnal Kependidikan, 3(2), 202-211. https://doi.org/10.37150/jut.v3i2.78

Salamah, M. (2020). Pemahaman Menyayangi Binatang Bagi Anak Usia Dini Dalam Perspektif Hadits. Jurnal Raudhah, 8(2), 1-22.
https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.22-41

Setyowati, L., & Kurnia, A. D. (2020). Pengenalan Dan Pendampingan UKS Di Tk Dharma Wanita Persatuan 09 Dukuh Gampingan, Pagak, Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dalam Kesehatan, 2(1), 16. https://doi.org/10.20473/jpmk.v2i1.19652

Sheila Nurul Fajar, & Dede Lilis Chaerowati. (2022). Kesadaran Lingkungan dalam Perubahan Iklim. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(2), 84-93. https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i2.465

Suprapto, R., Hayati, M., Nurbaity, S., Anggraeni, F., Haritsatama, S., Sadida, T. Q., Firoh, A., & Pratama, F. A. (2020). Pembiasaan Cuci Tangan yang Baik dan Benar pada Siswa Taman Kanak-Kanak (TK) di Semarang. Jurnal Surya Masyarakat, 2(2), 139. https://doi.org/10.26714/jsm.2.2.2020.139-145

Supriyono. (2022). Wawancara, 27 Juli 2022.

Suryadilaga, M. A. (2021). Mengajarkan Rasa Toleransi Beragama Pada Anak Usia Dini Dalam Persepektif Hadis. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 110-118.

Syamsudin, M. (2017). Krisis Ekologi Global Dalam Perspektif Islam. Jurnal Sosiologi Reflektif, 11(2), 83. https://doi.org/10.14421/jsr.v11i2.1353

Ulpi, W., Hakim, N., Kadir, A., Pajarianto, H., & Rahmatia, R. (2021). Gambaran Kebugaran Jasmani Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 30-39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1197

Wahab, G. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Islam Moderat Pada Anak Usia Dini Di Ra Dwp Iain Palu. Ana' Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 17-40. https://doi.org/10.24239/abulava.Vol1.Iss1.2

Wardati, L., Daniel Syahindra, O. M., Nasution, L. M., Tinggi, S., Islam, A., Medan, S., & Pakam, S. L. (2019). Pembelajaran Tauhid Pada Anak Usia Dini (Studi Tentang Formulasi dan Strategi Pembelajaran). Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 247–263. https://doi.org/10.30596/intiqad.v11i2.3702

Widayati, T. (2018). Pendidikan Keselamatan diri Anak Usia Dini (Studi Kasus di Kelompok Bermain (KB) Gaharu Plus Kutai Kartanegara). Jurnal Ilmiah Visi Pgtk Paud Dan Dikmas, 13(2), 113-122. https://doi.org/10.21009/JIV.1302.5

Yuliana, Y., Lusiana, F., Ramadhanyaty, D., Rahmawati, A., & Anwar, R. N. (2022). Penguatan Moderasi Beragama pada Anak Usia Dini sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2974-2984. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1572

Zain, A. (2020). Strategi Penanaman Toleransi Beragama Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 97-111. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4987


Refbacks

  • There are currently no refbacks.