
Author
Dyah Rahmawati(1

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)

Published : 2022-09-16
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 1622 times
PDF Downloaded: 716 times
Abstract
Pendidikan karakter harus dimulai sejak usia dini agar di masa depan dapat tercipta sumber daya kuat yang berkarakter. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan cara guru menanamkan karakter, kendala guru dalam menanamkan karakter, dan cara mengatasi kendala dalam menanamkan karakter pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan yaitu teknik observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu wali kelas I-VI dan Kepala Sekolah SD Negeri Sepandan. Data dianalisis secara deskriptif melalui tiga tindakan yaitu kodifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah cara guru dalam menanamkan karakter yaitu dengan cara pembiasaan, keteladanan, kantin serta koperasi kejujuran, kendala yang dialami yaitu faktor dari lingkungan sekitar peserta didik dan keluarga, dan cara guru dalam mengatasi kendala penanaman karakter dengan pemberian nasihat dan home visit. Penanaman karakter akan memberikan dampak positif dalam kegiatan belajar mengajar, peserta didik menjadi lebih taan terhadap peraturan, disiplin berangkat sekolah, dan kreatif dalam pembelajaran
Keywords
References
Anam, K., & Sakiyati, I. D. (2019). Kantin Kejujuran Sebagai Upaya Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 21–32. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.130
Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2022). Keterlibatan Orang Tua Dalam Penerapan Nilai-Nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Obsesi, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.595
Asih, P., & Sunarso, A. (2020). Implementation of Character Education to Improve the Students Discipline Through Habituation of Nadzam Asmaul Husna Recitation at Grade IV. Elementary School Teacher, 3(1). https://doi.org/10.15294/est.v3i1.28035
Baharun, H. (2017). Total Moral Quality: A New Approach For Character Education in Pesantren. Journal of Islamic Studies, 21(1), 57–80. https://doi.org/10.20414/ujis.v21i1.1167
Baharun, H., & Ummah, R. (2018). Strengthening Students’ Character in Akhlaq Subject Through Problem Based Learning Model. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2205
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Dahlan, A., & Suryani, A. (2020). Upaya Menangani Permasalahan Dalam Perkembangan Remaja (Tinjauan Aspek Keberagaman). Jurnal Pendidikan, 4(2), 408–416. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.5911
Fauzi, A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pensantren Darul Qur ’ an Sumbersari Kencong Kepung Kediri. Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(1). https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/89
Habsari, Z. (2017). Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.17977/um008v1i12017p021
Hapudin, M. S. (2018). Manajemen Karakter Membentuk Karakter Baik Pada Anak. Tazkia Press.
Hartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru di MTs Negeri Kabupaten Klaten. Jurnal Basic of Education, 02(01), 38–59. https://doi.org/10.24269/ajbe.v2i1.882
Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-Hari. PT Remaja Rosdakarya.
Ismail, I. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik. Jurnal Al-Qiyam, 2(1), 149–159. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v2i1.197
KPAI. (2018). KPAI: 202 Anak Tawuran Dalam Dua Tahun. https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-202-anak-tawuran-dalam-dua-tahun
Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pertama). PT Remaja Rosdakarya.
Lohy, M. H., & Pribadi, F. (2021). Kekerasan Dalam Senioritas di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 5(1), 159–171. https://doi.org/10.38043/jids.v5i1.2938
Mahmud, B. (2019). Kekerasan Verbal Pada Anak. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 12(2), 689–694. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/annisa/article/view/667
Mumtazah, D., & Sutama. (2021). Program Home Visit: Penguatan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di Era New Normal. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(1), 37–46. https://doi.org/10.14421/jga.2021.61-04
Munawaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363
Muttaqin, M. F., Raharjo, T. J., & Masturi. (2018). The Implementation Main Values of Character Education Reinforcement in Elementary School. Journal of Primary Education, 7(1), 103–112. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/22766
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.
Panjaitan, R. (2017). Metodologi Penelitian. Jusuf Aryani Learning.
Putra, F. R., Imron, A., & Benty, D. D. N. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Sopan Santun Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 182–191. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p182
Putri, R. A., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2022). Problematika Guru Dalam Program Pembiasaan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 33–42. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/3054
Robby, S. K. I., Abdilah, D., & Faiz, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid-19: Proses Pembelajaran dan Hambatan. Jurnal Education and Development, 10(1), 234–239. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3366
Rosyad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(2), 173–190. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Sabardila, A., Markhamah, Arifin, Z., Kusmanto, H., Hidayah, L. N., Kurniasari, A. D., & Saputro, D. (2021). Menakar Nilai Pendidikan Karakter Acara Televisi pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 150–162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.875
Sani, R. A., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter. PT Bumi Aksara.
Siswanto, A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren. Idaarotul Ulum (Jurnal Prodi MPI), 1(01 Juni), 1–30. Retrieved from https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/idaarotul/article/view/56.
Sutiyani, F., Adi, T. T., & Meilanie, R. S. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Film Adit dan Sopo Jarwo Ditinjau Dari Aspek Pedagogik. Jurnal Obsesi, 5(2), 2201–2210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1133
Suzanne, N. (2019). Literasi Teknologi Dalam Perspektif Calon Pendidik Sekolah Dasar: Sebuah Analisis Kebutuhan. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 3(2), 118–129. https://doi.org/10.32934/jmie.v3i2.127
Untung, M. S. (2019). Metodologi Penenlitian. Penerbit Litera Yogyakarta.
Winarsih. (2019). Pendidikan Karakter Bangsa. Loka Aksara.
Yulianto, D. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter: Kajian Kebijakan PPK Pendidikan Karakter Kulon Progo (PendekarKU). Bintang Pustaka Madani.
Zurqoni, Retnawati, H., Anazifa, R. D., & Apino, E. (2018). Impact of Character Education Implementation: A Goal-Free Evaluation. Journal Problems of Education in The 21st Century, 76(6). https://doi.org/10.33225/pec/18.76.881
Refbacks
- There are currently no refbacks.