Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun

Febriyanti Utami(1Mail),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Febriyanti Utami

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.314

Download Full Text:   [File Size  : 429KB]  Language : ID
Received : 2019-10-23  |  Published : 2020-01-10

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh metode pembelajaran outing class terhadap kecerdasan naturalis anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu experimental design dengan rancangan posttest-only control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun (kelompok B) di RA Insani Taqwin Palembang dengan jumlah sampel 32 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dan diperoleh kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi untuk melihat kecerdasan naturalis anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Uji normalitas dilakukan menggunakan Uji Liliefors dan Uji hipotesis dilakukan menggunakan Uji Bartlett. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Dari hasil perhitungan uji-t yang dilakukan diperoleh thitung = 4.32 > ttabel = 1,69, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran outing classmemberikan pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di RA Insani Taqwin Palembang.


Keywords


metode pembelajaran; outing class; kecerdasan naturalis

References


Armstrong, T. (2013). Kecerdasan Multiple Di Dalam Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Astuti, W. T. (2016). Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman. 1(November), 257–276.

Dwikayani, Y. (2018). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak melalui Kegiatan Berkebun (Penelitian Tindakan di TK B Embun Pagi Islamic School Kalimalang Jakarta Timur Tahun 2015). Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 5(1).

Gardner. (2013). Multiple Intelligences (Memaksimallkan Potensi & Kecerdasan Individu dari Masa Kanak-Kanak Hingga Dewasa). Terjemahan Yelvi Andri Zaimur. Jakarta: Darras Books.

Herwati, Y. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengaruh Permainan Ludo Adventure terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Abstrak. 4(1), 428–437. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.358

Ismail, A. (2018). Pengembangan Instrumen Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(1), 16–29.

Jamaris, M. (2014). Pengembangan Instrumen Baku Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 25(2), 123–137. https://doi.org/10.21009/parameter.252.08

Juniarti, Y. (2015). Peningkatan kecerdasan naturalis melalui metode kunjungan lapangan (field trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 267–284.

Kılıç, M. S., & Sert, H. (2015). Primary School 5th Grade Science and Technology Lesson Book’s Investigation of Multiple Intelligence Theory. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2577–2581. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.935

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.22-31

Maulani, L. N. (2016). Pelaksanaan Model Pembelajaran Outing Class Pada Kelas Melukis Anak Di Lembaga Sosial Masyarakat Rumah Hebat Indonesia, Banjarsari, Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Maulisa, R., Israwati, & Amri, A. (2016). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Media Bahan Alam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa PAUD, 1(1), 1–14.

Mufarizuddin. (2017). Peningkatan kecerdasan logika matematika anak melalui bermain kartu angka kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Bahasa Balita Di UPTD Kesehatan Baserah, 1(2), 148–155. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32

Rocmah, L. I. (2016). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Bermain Messy Play terhadap Anak Usia 5-6 Tahun. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 47. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.88

Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394

Sonawat, R. & P. G. (2008). Multiple Intillegence for Presschool Children. Mumbai: Multi-Tech Publishing co, fist edition.

Sugiyono. (2017). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunanik. (2018). Pembelajaran Berbasis Alam untuk Anak Usia Dini di TK Alam Al-Azhar Kutai Kartanegara. Jurnal Ilmiah AL-MADRASAH, 3(1). https://doi.org/10.35931/am.v0i0.71.

Vera, A. (2012). Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Jogjakarta: DIVA Pres.

Yanti Yulie Eka; M. Thamrin; Mawarni R. (2014). Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Tentang Lingkungan Prasekolah Anak Usia 5-6 Tahun TK LKIA III Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(3).

Yasbiati, dkk. (2017). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui Kegiatan Bercocok Tanam di BAMBIM Al-Abror Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2).


Article Metrics

 Abstract Views : 240 times
 PDF Downloaded : 77 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.