Author
Wiwin Winarti(1), Sri Nurhayati(2), Nandang Rukanda(3), Safuri Musa(4), Reny Jabar(5), Euis Eti Rohaeti(6),
Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi, Indonesia(1)
Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi, Indonesia(2)
Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi, Indonesia(3)
Pendidikan Masyarakat, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia(4)
Badan Narkotika Nasional, Indonesia(5)
Pendidikan Matematika, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi, Indonesia(6)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2022-09-02
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 781 times PDF Downloaded: 362 timesAbstract
Keywords
References
Fatmawati, E., Saputra, N., Ngongo, M., Purba, R., & Herman, H. (2022). An Application of Multimodal Text-Based Literacy Activities in Enhancing Early Children ’ s Literacy. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5127–5134. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2782
Febianti, Y. N., Putri, D. P., & Kurniati, U. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Digital Bagi Guru Paud dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 02(02), 47–52. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.408
Ferrari, A. (2013). Digital Competence in Practice: An Analysis of Frameworks. Joint Research Centre of the European Commission., 91.
Hardiyanti, W. E., & Alwi, N. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Guru PAUD pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3759–3770. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1657
Herman, H., Sherly, S., Sinaga, Y. K., Sinurat, B., Sihombing, P. S. R., Panjaitan, M. B., … Tannuary, A. (2022). Socialization of The Implementation of Digital Literacy for Educators and Students in The Digital Era in Pematangsiantar City. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1683–1689. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i6.5864
Hibana, & Surahman, S. (2021). Kompetensi Digital Guru Dalam Upaya Meningkatkan Capaian Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 607–615. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478
Khodijah, S. (2018). Telaah Kompetensi Guru di Era Digital dalam Memenuhi Tuntutan Pendidikan Abad Ke-21. Journal of Islamic Education Policy, 3(1), 67–78. https://doi.org/10.30984/j.v3i1.860
Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. 6(5), 4239–4254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2624
Nasution, T., Afrianti, D., Tukiyo, T., Sulistyani, S., & Herman, H. (2022). Critical Discourse Analysis in the Classroom : A Critical Language Awareness on Early Children ’ s Critical Thinking. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4992–5002. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2951
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Nua, F. (2021). Sekolah Daring Tetap Akan Diminati Pasca Pandemi. Media Indonesia. Retrieved from https://m.mediaindonesia.com/infografis/detail_infografis/446545-sekolah-daring-tetap-akan-diminati-pasca-pandemi
Nurhayati, S. (2021). Pendidikan Masyarakat menghadapi Digitalisasi. Bengkulu: El Markazi.
Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2017). Studi Kompetensi Guru Paud Dalam Melakukan Asesmen Pembelajaran Dan Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109–120. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17699
Pemerintah RI. (2003). Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Purba, R., Herman, H., Purba, A., Hutauruk, A. F., Silalahi, D. E., Julyanthry, & Grace, E. (2022). Improving Teachers ’ Competence Through The Implementation Of The 21st Century Competencies In A Post-Covid-19 Pandemic. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(2), 1486–1497.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryanti, S., & Wijayanti, L. (2018). Literasi Digital: Kompetensi Mendesak Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–9.
Susilo, P. H., & Rohman, M. G. (2018). Peningkatan Kompetensi Tik Guru Sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Digital. Seminar Nasional Sistem Informasi …, 1487–1494.
Taib, B., & Mahmud, N. (2021). Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1799–1810. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842
Refbacks
- There are currently no refbacks.