- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Kompetensi Digital Guru PAUD dalam Mengelola Pembelajaran Daring Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3111Keywords:
kompetensi digital, guru PAUD, pembelajaran daring anak usia diniAbstract
Guru PAUD di era digitalisasi ini dituntut untuk memiliki kompetensi yang memadai, baik dari segi wawasan maupun penggunaan teknologi digitalnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kompetensi digital guru PAUD. Pendekatan dan metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara pada 10 orang guru PAUD di Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat kompetensi digital guru PAUD pada area pembuatan konten dan pengetahuan, evaluasi dan problem solving serta teknis pengoperasian masih rendah. Sedangkan pada area kolaborasi dan etika serta tanggung jawab sudah lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh adanya tuntutan kebutuhan mereka untuk berinteraksi dengan relasi dan menjadi bagian dari komunitas online. Dibutuhkan pelatihan dengan materi wawasan dan penggunaan teknologi digital terutama di dalam mengakses, mengelola informasi, dan menjadikannya sebuah konten dalam pembelajaran di PAUDDownloads
References
Fatmawati, E., Saputra, N., Ngongo, M., Purba, R., & Herman, H. (2022). An Application of Multimodal Text-Based Literacy Activities in Enhancing Early Children ’ s Literacy. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5127–5134. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2782
Febianti, Y. N., Putri, D. P., & Kurniati, U. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Digital Bagi Guru Paud dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 02(02), 47–52. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.408
Ferrari, A. (2013). Digital Competence in Practice: An Analysis of Frameworks. Joint Research Centre of the European Commission., 91.
Hardiyanti, W. E., & Alwi, N. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Guru PAUD pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3759–3770. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1657
Herman, H., Sherly, S., Sinaga, Y. K., Sinurat, B., Sihombing, P. S. R., Panjaitan, M. B., … Tannuary, A. (2022). Socialization of The Implementation of Digital Literacy for Educators and Students in The Digital Era in Pematangsiantar City. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1683–1689. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i6.5864
Hibana, & Surahman, S. (2021). Kompetensi Digital Guru Dalam Upaya Meningkatkan Capaian Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 607–615. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478
Khodijah, S. (2018). Telaah Kompetensi Guru di Era Digital dalam Memenuhi Tuntutan Pendidikan Abad Ke-21. Journal of Islamic Education Policy, 3(1), 67–78. https://doi.org/10.30984/j.v3i1.860
Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. 6(5), 4239–4254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2624
Nasution, T., Afrianti, D., Tukiyo, T., Sulistyani, S., & Herman, H. (2022). Critical Discourse Analysis in the Classroom : A Critical Language Awareness on Early Children ’ s Critical Thinking. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4992–5002. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2951
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Nua, F. (2021). Sekolah Daring Tetap Akan Diminati Pasca Pandemi. Media Indonesia. Retrieved from https://m.mediaindonesia.com/infografis/detail_infografis/446545-sekolah-daring-tetap-akan-diminati-pasca-pandemi
Nurhayati, S. (2021). Pendidikan Masyarakat menghadapi Digitalisasi. Bengkulu: El Markazi.
Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2017). Studi Kompetensi Guru Paud Dalam Melakukan Asesmen Pembelajaran Dan Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109–120. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17699
Pemerintah RI. (2003). Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Purba, R., Herman, H., Purba, A., Hutauruk, A. F., Silalahi, D. E., Julyanthry, & Grace, E. (2022). Improving Teachers ’ Competence Through The Implementation Of The 21st Century Competencies In A Post-Covid-19 Pandemic. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(2), 1486–1497.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryanti, S., & Wijayanti, L. (2018). Literasi Digital: Kompetensi Mendesak Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–9.
Susilo, P. H., & Rohman, M. G. (2018). Peningkatan Kompetensi Tik Guru Sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Digital. Seminar Nasional Sistem Informasi …, 1487–1494.
Taib, B., & Mahmud, N. (2021). Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1799–1810. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842