Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini

Nurhamidah Nasution(1Mail), Yaswinda Yaswinda(2), Ihsan Maulana(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Nurhamidah nur Nurhamidah

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-10-20
Published : 2019-11-12

Abstract


Pembelajaran berhitung yang diberikan pada tingkat anak usia dini masih bersifat non formal, dimana anak belum sepenuhnya diberikan materi berhitung yang sebenarnya tetapi baru bersifat pengenalan dengan didukung media pembelajaran  yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana proses pembelajaran berhitung kepada anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengenalkan konsep berhitung pada anak dengan  memadukan  media prisma pintar dapat membuat anak mengetahui konsep angka, mengenal lambang bilangan, menghitung benda dan bermain sambil belajar dalam suasana yang menyenangkan yang  dilakukan  di  SPS  Nuru Falah

 


Keywords


berhitung; prisma pintar; satuan paud sejenis

References


Đorđić, V., Tubić, T., & Jakšić, D. (2016). The Relationship between Physical, Motor, and Intellectual Development of Preschool Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 233(May), 3–7. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.114

Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hadiyanto. (n.d.). hadianto (7).pdf. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 (p. 13). p. 13. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kozma, R. B. (2017). Learning with Media Robert B. Kozma University of Michigan. Review of Educational Research, 61(2), 179–212. https://doi.org/10.1146/annurev.bb.25.060196.000415

Lailatus, S. (2016). Meningkatkan perkembangan kognitif anak dengan menggunakan media kotak tersembunyi. 1–11.

Masitoh. (2011). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nasional, K. P. (2009). Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Nur, R. (2017). efektifitas media visual terhadap kemampuan matematika awal anak usia dini. Jurnal Pendidikan.

Rakhmawati, R. (2016). nur, 7(2), 221–230. https://doi.org/10.24042/AJPM.V7I2.37

Sari, K. (2016). Pengaruh media ular tangga terhadap kemampuan berhitung anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini., 4(2).

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, D. (2014). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Jurnal Pesona: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora, 2(1), 65–72.

Suryana, D. (2018). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Grup.

SURYANA, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik Di Taman Kanak-Kanak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 67–82. https://doi.org/10.21009/jpud.111.05

Suryana, D., & Dini, P. G. P. A. U. (2016). Early Childhood Education Based On Thematic And Sciencitic Learning. 2nd International Seminar of Education At: Padang West Sumatra Indonesia, 2.

Wayan. (2016). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yanti, S. D., Turdjai, & Kurniah, N. (2017). Penerapan Metode Bermain Sensorimotor untuk Meningkatkan Kognitif dan Motorik Halus Anak (Studi pada Anak Kelompok A1 PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu). 7(2), 1–7.

Yulsyofriend. (2013). Kognitif Anak Usia Dini. padang: universitas negeri padang.


Article Metrics

 Abstract Views : 85 times
 PDF Downloaded : 54 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.